sejarah komputer

Sejarah Komputer Dari Awal Hingga Sekarang Yang Wajib Anda Ketahui Terbaru 2020

Sejarah komputer – Sahabat! Komputer tidak pernah lepas dari kehidupan manusia saat ini karena mampu meringankan berbagai aspek pekerjaan. Sejarah komputer cukup panjang, mulai dari yang berukuran sangat besar hingga minimalis seperti saat ini.

Proses perkembangan komputer ini terus berubah mulai dari ukuran, bentuk, komponen penyusun, program yang digunakan dan lainnya.

A. Sejarah Komputer

sejarah komputer
Sumber image: idobekuningan.net

Awalnya komputer dibuat dengan ukuran yang sangat besar, untuk satu komputer bisa menghabiskan satu ruangan. Komputer yang mulai dibuat pada tahun 1946 ini adalah sejarah awal terciptanya komputer. Berikut perkembangan komputer yang terjadi dalam puluhan tahun silam hingga masa sekarang.

1. Sejarah Komputer Generasi Pertama (1946 – 1959)

sejarah komputer
Sumber Image: indoworx.com

Komputer yang dibuat pada tahun 1946 ini menggunakan tabung vakum sebagai komponen penyusun utamanya. Tabung ini tidak efisien dalam beberapa aspek dan cepat panas ketika di operasikan. Selain itu untuk memulai operasinya menggunakan sekitar 140 kilo watt listrik, jumlah yang sangat besar untuk satu kali operasi.

J.Presper Eckert dan John mauchly adalah pencipta komputer generasi pertama yang berasal dari sebuah universitas di Pennsylvania. ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Computer) adalah contoh komputer dengan menggunakan 18.000 tabung vakum. Berat satu komputer mencapai 30 ton, menggunakan ruang sebesar 500 m2, 70.000 resistor, 10.000 kapasitor, 75.000 relay dan saklar.

Proyek dimulai sejak tahun 1942 dan selesai sampai 1946 dan digunakan untuk kebutuhan umum. Bahasa mesin yang hanya dimengerti komputer menjadi bahasa satu-satunya yang bis digunakan generasi pertama ini.

Proyek menelan dana sebesar 1 juta Dollar namun memiliki kemampuan yang sangat terbatas. Untuk memecahkan masalah komputer membutuhkan waktu yang cukup lama.

Pengguna yang akan mengoperasikan komputer harus memakai Punched Cards yaitu sebuah kartu dengan lubang. Serta pita kertas agar bisa melakukan input dan output data yang dalam bentuk  print out. Berikut ciri komputer generasi pertama yang menelan biaya fantastis :

  • Ukuran hardware sangat besar sehingga memerlukan ruangan yang sangat luas hanya untuk satu komputer.
  • Instruksi operasi dibuat spesifik sehingga hanya bisa melakukan satu tugas tertentu saja.
  • Bahasa mesin adalah bahasa satu-satunya yang bisa digunakan dalam program.
  • Silinder magnetik digunakan untuk menyimpan data-data.
  • Kinerja yang lambat.
  • Butuhkan daya listrik yang sangat besar (140 kilo watt).
  • Karena saat beroperasi mudah panas maka diperlukan mesin pendingin.
  • Kapasitas penyimpanan satu komputer kecil.
  • Magnetic core storage adalah memori utama yang digunakan serta konsep memakai stored program.
  • Sirkuit yang digunakan adalah tabung hampa

2. Sejarah Komputer Generasi Kedua (1959 – 1965)

sejarah komputer
Sumber: appmifile.com

Generasi kedua menggunakan teknologi transistor yang jauh lebih efisien dibandingkan tabung vakum. Ukuran komputer juga lebih kecil dan biaya yang digunakan jauh lebih terjangkau dibadingkan generasi sebelumnya. Bahasa pemprograman juga sudah berkembang menggunakan bahasa Assembly dan simbolik sehingga bisa memberikan instruksi kata-kata.

Karena memiliki ukuran yang lebih kecil, komputer ini banyak digunakan untuk universitas, pemerintahan serta perusahaan. Komputer dikembangkan dengan energi atom untuk membantu para peneliti atom.

Banyak bisnis-bisnis besar yang menggunakan komputer generasi kedua ini untuk membantu pengerjaan proses informasi dan bisnis. Berikut ciri komputer tahun 1956-1965 ini :

  • Fortran dan cobol adalah bahasa yang digunakan dalam operasi, yaitu bahasa tingkat tinggi.
  • Memori utama menggunakan magnetic core storage dan eksternal menggunakan magnetik tape serta magnetik disk.
  • Dalam bentuk fisik memiliki ukuran yang jauh lebih kecil dibandingkan dengan generasi pertama.
  • Proses bisa dilakukan secara real time dan real sharing.
  • Kinerja cepat dan memerlukan daya listrik yang lebih kecil.
  • Program tidak hanya diaplikasikan untuk bisnis namun juga untuk aplikasi teknik.

3. Komputer Generasi Ketiga (1965 – 1971)

ICs atau Integrated Circuit adalah teknologi yang digunakan dalam komputer generasi ketiga ini. Transistor tetap dimasukkan dalam ukuran kecil bersama resepor dan kapasitor dalam IC. Sejarah komputer generasi ketiga ini juga merupakan yang pertama memiliki tampilan operasi menggunakan interaksi operator keyboard dan monitor .

Keunggulan lain komputer ini adalah biaya yang sangat terjangkau sehingga bisa dibeli masyarakat luas. Komputer yang muncul pada era 1964 hingga 1971 mengalami perkembangan yang jauh sangat pesat dibanding pendahulunya.

Komputer generasi kedua yang menggunakan transistor juga banyak ditinggalkan karena mudah panas ketika digunakan. Berikut ciri komputer generasi ketiga :

  • Harga komputer yang terjangkau serta kapasitas listrik yang digunakan lebih hemat.
  • Software yang digunakan meningkat.
  • Kapasitas memori komputer yang digunakan lebih besar.
  • IC adalah kecepatan yang digunakan agar kinerja komputer lebih baik dan cepat.
  • Dibanding dengan generasi pertama, generasi ketiga memiliki 10.000 kali lebih cepat.
  • Sistem komputer sudah mulai melakukan beberapa tugas sekaligus atau disebut dengan multiprocessing.
  • Visual display digunakan dalam komputer sehingga mampu mengeluarkan suara.
  • Disket magnetik adalah penyimpanan eksternal yang digunakan.
  • Bisa dilakukan komunikasi antar satu komputer ke komputer lainnya.

4. Komputer Generasi Keempat (1971 – Saat Ini)

Generasi keempat menggunakan komponen dasar Microprosesor dan masih digunakan hingga saat ini. Chip ini dilengkapi dengan ribuan transistor serta beberapa jenis elemen sirkuit yang terhubung menjadi satu kesatuan.

Perusahaan yang berperan penting dalam perkembangan chip ini adalah Intel. Perusahaan ini berhasil membuat perangkat komputer menjadi kecil dan efisien.

IBM menciptakan komputer pada tahun 1971 dengan desain yang diperuntukkan kalangan rumahan. Sedangkan Apple adalah pelopor Macinthos tahun 1984 dengan sistem operasi yang bisa dijalankan melalui perangkat komputer.

Generasi ini juga mengalami banyak kemajuan seperti tercipta mouse, GUI dan laptop yang sangat kecil. Berikut ciri dari komputer yang sudah sangat maju ini :

  • LSI (Large Scale Integration) sudah digunakan untuk komputer generasi ini.
  • Dikembangkan menggunakan semikonduktor dan mikro processor untuk memori dalam bentuk chip.
  • Dipasarkan secara luas dalam berbagai sektor, termasuk sektor perorangan.
  • Terus muncul inovasi-inovasi baru sehingga lebih mudah dibawa dan efisien, contohnya laptop.

5. Komputer Artificial Intelligence, Generasi Kelima (Saat Ini Hingga Masa Depan)

sejarah komputer
Sumber: nesabamedia.com

Generasi kelima Artificial Intelligence masih dalam tahap perkembangan serta pembangunan supaya lebih canggih. Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan adalah teknologi canggih yang akan digunakan oleh komputer ini.

Pengembangan ini diharapkan mampu menghasilkan sistem perangkat komputer yang bisa merespon dan tentunya menggunakan bahasa yang dipakai manusia.

Selain itu keunggulan lain yang dikembangkan adalah sistem komputer yang bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitarnya. Penyesuaian diri ini diperoleh dari komputer yang mampu mempelajari lingkungan sekitarnya. Berikut beberapa ciri komputer dengan kecerdasan buatan yang sangat canggih :

  • Menggunakan teknologi LSI (Large Scale Integration) dan terus dikembangkan.
  • Fitur-fitur di dalamnya terus dikembangkan dan mengalami perkembangan setiap tahunnya.
  • Pemprosesan informasi semakin tepat dan cepat.
  • Komputer dilengkapi berbagai fitur untuk mendengar, berbicara, melihat dan berbagai fitur canggih lainnya. Beberapa komputer dilangkapi fitur yang bisa memberikan kesimpulan layaknya manusia.

Meski sangat sederhana namun komputer generasi pertamalah yang bisa mengantarkan Anda semua menggunakan komputer canggih saat ini. Sejarah komputer akan terus berkembang dan menjadi lebih canggih dari masa ke masa.

Sebagai penikmat komputer masa kini sudah sepatutnya berterima kasih kepada para ilmuan yang membuat komputer menjadi lebih canggih.

Leave a Comment