Mengembalikan File Yang Terhapus

3+ Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Di Laptop Dengan Mudah Terbaru 2020

Mengembalikan File Yang Terhapus – Cara mengembalikan file yang terhapus di laptop dibutuhkan oleh kebanyakan orang saat tiba-tiba file yang dibutuhkannya tidak sengaja terhapus.

Jika mengalami hal tersebut tindakan yang pertama kali harus Anda lakukan adalah jangan panik. Terdapat beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk bisa mengembalikan lagi file yang terhapus.

Anda bisa menggunakan bantuan software tambahan atau mengecek bagian recycle bin untuk mengembalikan file yang terhapus.

A. Mengembalikan File Yang Terhapus

cara mengembalikan file yang terhapus
Sumber Image: teknosentrik.com

1. Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Di Laptop Dengan Mengecek Recycle Bin

cara mengembalikan file yang terhapus
Sumber image: droidlime.com

Pada setiap laptop atau komputer akan terdapat folder khusus yang digunakan untuk menyimpan semua file yang sudah terhapus.

Folder ini disebut sebagai Recycle Bin atau yang dikenal dengan sampah. Dengan mengecek kembali bagian folder ini, Anda bisa menerapkan cara mengembalikan file yang terhapus di laptop dengan cara manual.

Cara manual mengembalikan file yang terhapus dengan cara ini terbilang sangat mudah dan simple. Berikut caranya.

  • Pada bagian desktop tentu Anda seringkali melihat gambar icon sampah. Biasanya icon ini terletak pada bagian bawah atau atas layar.
  • Kemudian double klik pada icon sampah tersebut.
  • Akan muncul jendela yang berisikan informasi mengenai file apa saja yang sudah pernah Anda hapus sebelumnya.
  • Jika terdapat banyak file yang sudah terhapus, maka Anda harus mengingat kembali apa nama file yang ingin dikembalikan. Kemudian ketikkan nama file tersebut pada kolom pencarian yang tersedia. Namun jika isi folder sampah tersebut tidak ada dan hanya ada satu file, artinya file tersebutlah yang ingin Anda kembalikan.
  • Klik kanan pada file yang ingin dikembalikan, kemudian klik Restore untuk memulihkan file tersebut. Secara otomatis file akan kembali ke dalam folder penyimpanan file tempat sebelumnya disimpan. Anda bisa mengecek folder tersebut untuk melihat kondisi file yang dikembalikan.

Baca juga: Cara Download Lagu Di Laptop

2. Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Di Laptop Dengan Menggunakan Recuva

Mengembalikan File Yang Terhapus
Sumber image: bukalapak.com

Secara manual mungkin sudah banyak diketahui oleh para pengguna dan mudah digunakan. Namun bagaimana jika ternyata folder Recycle Bin Anda kosong atau tidak ada isinya. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa menggunakan software tambahan bernama Recuva.

Software ini bisa digunakan secara gratis dan bisa digunakan untuk mengembalikan file yang tidak sengaja terhapus. Software ini sudah cukup populer dan banyak digunakan untuk kebutuhan backup data. Bagi Anda yang belum pernah menggunakan software ini bisa melihat langkah-langkah mengembalikan file yang terhapus di bawah ini.

  • Download Recuva terlebih dahulu. Anda bisa mencari software ini melalui layanan internet.
  • Biasanya file yang didownload akan berbentuk zip. Anda perlu extract file tersebut untuk melihat isinya.
  • Dalam satu folder Recuva ini biasanya tersedia beberapa jenis file. Anda harus menginstall software ini sesuai dengan spesifikasi laptop yang dimiliki, ada yang untuk 32 bit dan ada juga yang 64 bit.
  • Klik dua kali pada file exe. Akan muncul jendela installation, ikuti langkah-langkahnya dengan mengklik tombol Next. Lakukan semua langkah hingga bagian yang terakhirnya. Recuva akan meminta Anda untuk memilih jenis file apa yang ingin dikembalikan. Pilih All File untuk bisa mengembalikan semua jenis file yang terdapat pada laptop Anda.
  • Klik Next untuk melanjutkannya.
  • Setelah itu Recuva akan meminta Anda untuk menentukan lokasi tempat penyimpanan file hilang yang sedang Anda cari. Jika lupa maka Anda bisa memilih opsi “i am not sure”. Namun jika mengingatnya, Anda bisa langsung menentukan dan memilih opsi “in a specific location”, kemudian pilih folder file yang hilang tersebut.klik Next untuk melanjutkan.
  • Kemudian klik Start untuk memulai proses instalasi. Tunggu beberapa saat hingga proses selesai.
  • Buka aplikasi Recuva yang sudah terinstall pada laptop Anda. Pilih jenis file yang ingin dikembalikan. Lalu klik Next untuk melanjutkan.
  • Untuk mempercepat proses pencarian file, Anda bisa menentukan sendiri lokasi penyimpanan file yang terhapus. Jika sudah yakin maka Anda bisa klik Next. Hal ini bisa membantu Recuva untuk menyortir seluruh file yang terdapat pada laptop.
  • Untuk memulai proses pencarian Anda bisa isi centang pada kolom dengan keterangan Enable Deep Scan. Kemudian klik Start.
  • Tunggu beberapa menit hingga proses selesai.
  • Setelah seluruh data yang disortir sudah dimunculkan, Anda bisa langsung memilih file mana yang ingin dikembalikan. Pilih file yang ingin dikembalikan dengan memberikan centang. Untuk mengembalikannya klik kanan kemudian pilih Recover Highlited kemudian klik Recover.

Baca juga: Cara menambah RAM di laptop

3. Aplikasi PC Inspector File Recovery

cara mengembalikan file yang terhapus
Sumber image: hbogos.blogspot.com

Memang banyak sekali aplikasi yang bisa digunakan untuk mengembalikan file yang terhapus. Salah satunya adalah PC Inspector File Recovery. Aplikasi ini bisa digunakan dengan mudah dan bisa mengembalikan file yang hilang dengan lebih cepat. Untuk lebih jelasnya, simaklah caranya sebagai berikut.

  • Download aplikasi PC Inspector File Recovery. Anda bisa mencari aplikasi ini melalui layanan internet.
  • Setelah di download, install aplikasi tersebut di laptop Anda.
  • Setelah terinstall, maka icon aplikasi akan muncul di desktop Anda.
  • Double klik pada aplikasi tersebut untuk membukanya. Akan muncul halaman utama aplikasi ini. Terdapat 3 pilihan yang tersedia yaitu Recover deleted files, find lost data dan find lost drive. Anda bisa memilih “Find deleted files” untuk mengembalikan file yang terhapus.
  • Kemudian pilih lokasi tempat file terhapus. Anda bisa langsung memilih sendiri drive mana tempat file terhapus, misalnya saja Anda menyimpannya di drive Local Disk D maka pilih driver tersebut. Kemudian klik tombol centang berwarna hijau yang berada disebelah kanan jendela.
  • Proses scanning akan berlangsung beberapa lama. Proses ini akan memakan waktu yang berbeda tergantung dari jumlah data yang terdapat pada Drive tersebut. Akan muncul informasi terkait kondisi dari file yang dicari. Jika keterangannya Good, artinya file tersebut masih bisa dikembalika
  • Untuk melakukan proses pengembalian, Anda bisa pilih salah satu file yang diinginkan. Kemudian klik kanan pada file tersebut kemudian pilih Save to… Anda bisa menentukan sendiri lokasi tempat penyimpanan file yang ingin dikembalikan. Jika sudah memilih maka proses restore akan berlangsung beberapa menit. Anda bisa melihat prosesnya dari progres bar yang berjalan. Ketika progress selesai artinya file Anda sudah bisa dikembalikan. Anda bisa langsung mengecek folder yang sudah ditentukan sebelumnya. File berhasil dikembalikan dengan cepat.

Baca juga: Cara mengaktifkan bluetooth di laptop

Dengan menyimak informasi tentang mengembalikan file yang terhapus di laptop ini tentu Anda tidak akan lagi panik saat file penting tidak sengaja terhapus karena Anda bisa segera mengembalikannya. Beberapa software yang digunakan pun mudah didapatkan dan bisa didownload secara gratis.

Pilihlah salah satu cara mengembalikan file yang terhapus di laptop yang paling mudah untuk dijalankan, dengan begitu proses pengembalian file bisa dilakukan dengan lebih cepat.

Setiap masalah bisa terselesaikan dengan baik jika Anda berpikir dengan jernih. Begitu juga saat kehilangan file penting, jangan langsung stres, tapi Anda harus mampu mencari solusinya.

Leave a Comment