Kosakata Bahasa Sunda

Kosakata Bahasa Sunda Sehari Hari dan Artinya (DIREKOMENDASIKAN)

Kosakata Bahasa Sunda – Indonesia memang memiliki bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional. Tetapi karena terdapat beragam suku dan budaya hal ini pun membuat Indonesia mempunyai bahasa daerah yang beragam.

Bayangkan berapa banyak bahasa daerah dari sabang sampai Merauke. Di antara bahasa daerah ini terdapat bahasa sunda dari Bandung.

Walaupun bahasa asing perlu dipelajari bukan berarti bahasa daerah disingkirkan. Dengan mempelajari bahasa daerah minimal di tempat atau daerah yang Anda tinggali selain sebagai sarana komunikasi, dengan mempelajari dan menggunakan bahasa tersebut sehari-hari berarti Anda melestarikan dan menjaga kebuyaan itu sendiri.

Belajar Bahasa Sunda dan Hal Hal Mengenai Bahasa Daerah Ini

Kosakata Bahasa Sunda
Kosakata Bahasa Sunda | Sumber Image: mediaindonesia.com

Mempelajari bahasa daerah adalah suatu hal yang menarik, walaupun bukan dari bahasa ibu atau tanah daerah kelahiran pasti menjadi tantangan tersendiri dan sebuah kebanggaan bisa menguasai bahasa yang sama sekali asing atau baru untuk Anda.

Berikut ini perihal belanjar bahasa daerag dari Bandung dan beberapa hal yang perlu Anda ketahui dan pahami, antara lain;

1. Sejarah dan Penyebaran

Bahasa daerah Sunda dipertuturkan di wilayah sebelah barat pulau Jawa, daerah tersebut dijuluki Tatar Pasundan. Tapi, bahasa ini juga dipakai di beberapa daerah bagian barat Jawa Tengah, terutama di Kabupaten Cilacap dan Brebes, sebab wilayah ini dahulunya ada di bawah pemerintahan Kerajaan Galuh.

Menurut beberapa ahli mengatakan bahasa daerah Sunda ada pada abad ke-6 dan wilayah penuturannya atau yang memakainya sampai ke Dataran Tinggi Dieng di daerah Jawa Tengah, hal ini berdasarkan kata Dieng yang dianggap sebagai nama Sunda asal kata bahasa Sunda Kuno.

Bersamaan imigrasi dan transmigrasi yang etnis Sunda lakukan, membuat penuturan bahasa ini menyebar hingga ke luar pulau Jawa. Contohnya di Jambi, Riau, Lampung, Sumatra Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Kalimantan Barat. Sebab penduduk etnis Sunda menetap di luar tanah Pasundan dengan jumlah yang signifikan.

2. Perbedaan dengan Bahasa Daerah Sunda di Banten

Bahasa daerah Sunda Banten merupakan bahasa Sunda yang dipakai sebagian masyarakat di daerah Banten, dan juga yang ada di daerah Priangan misal Tasikmalaya, Bandung, Garut, dan lain-lain. Bahasa daerah Sunda di Banten pada umumnya tidak memiliki tingkatan, karena wilayah Banten tidak dalam kekuasaan Kesultanan Mataram.

Bahasa ini masih memiliki kaitan terhadap bahasa Kuno Sunda, namun oleh mayoritas dari orang-orang berbahasa Sunda yang memiliki tingkatan atau Priangan, bahasa daerah Sunda Banten di Pandeglang dan Rangkasbitung dikelompokkan sebagai bahasa daerah Sunda kasar. Secara praktiknya, bahasa Sunda Banten termasuk sebagai bahasa dengan dialek Barat.

3. Kosakata Variasi dalam Bahasa Derah Sunda

Dialek atau variasi kosakata bahasa Sunda beragam, mulai dari dialek Sunda-Jawa Tengahan yang mulai tercampur dengan bahasa Jawa dan dialek Sunda-Banten. Para ahli bahasa membedakannya dalam enam variasi yang berbeda. Simak ulasan variasinya di bawah ini.

– Variasi Barat dalam Bahasa Banten

Dialek ini ada di seluruh kabupaten dan kota di provinsi Banten kecuali kota Tangerang Selatan dan kota dan kabupaten Tangerang.

– Variasi Utara

Terdapat di Kabupaten Subang, Kabupaten Bogor, Kabupaten Karawang, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Bekasi, dan Kota Bekasi kecuali kota Depok tidak menggunakan dialek utara.

– Variasi Selatan daerah Priangan

Bandung Raya antara lain Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kota Bandung, Kota Cimahi. Dan Kabupaten Tasikmalaya, Kota Tasikmalaya Kabupaten Cianjur, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Sumedang, Kota Sukabumi, dan Kabupaten Garut.

– Variasi Tengah Timur

Kabupaten Majalengka dan sebagian selatan Kabupaten Indramayu

– Variasi Timur Laut termasuk Bahasa daerah Sunda Cirebon

Dialek ini terdapat di Kabupaten Kuningan, beberapa tempat di selatan Kabupaten Cirebon, dan sebagian barat Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

– Variasi Tenggara

Kabupaten Ciamis, Kabupaten Pangandaran, Kota Banjar, Kabupaten Cilacap, dan sebagian barat Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Bahasa Sunda Kuno ialah bentuk bahasa daerah Sunda yang ditemukan dalam beberapa catatan tertulis, seprti prasasti ataupun di lembaran daun kering atau lontar. Namun, Tak diketahui apakah bahasa ini adalah dialek atau variasi tersendiri atau hsnya merupakan bentuk yang menjadi pendahulu bahasa daerah Sunda yang modern.

4. Undak-usuk

Pada masa pemerintahan kerajaan Mataram-Islam dan pengaruh budaya Jawa. Bahasa daerah Sunda yang ada di wilayah Parahyangan terdapat undak-usuk atau tingkatan berbahasa yang sebaiknya Anda ketahui. mulai dari bahasa halus, bahasa loma atau lancaran, hingga bahasa kasar.

Tapi di daerah-daerah pedesaan atau pegunungan dan mayoritas daerah Banten, bahasa daerah Sunda loma ini tetap dominan, bagi orang-orang di daerah Bandung bahasa loma terdengar kasar bagi mereka.

5. Kosakata Bahasa Sunda dan Artinya

Kosakata Bahasa Sunda
Kosakata Bahasa Sunda | Sumber Image: netralnews.com

Dalam mempelajari bahasa daerah Sunda ada beberapa kosakata yang biasa dipakai untuk percakapan sehari-hari, dengan begitu Anda bisa pelajari untuk berbicara menggunakan bahasa daerah Sunda dengan orang-orang asal Sunda. Berikut daftarnya.

~ Naon = Apa

~ Kenapa = Kunaon

~ Siapa = Saha

~ Ke mana = Kamana

~ Dari mana = Ti mana

~ Terima Kasih = Hatur Nuhun

~ Permisi = Punten

~ Cantik sekali = Geulis Pisan

~ Cakep sekali = Kasep pisan

~ Bagaimana, sehat? Atau apa kabar = Kumaha, damang

~ Ada-ada saja = Aya-aya wae

~ Ya iya dong = Nya enya atuh

~ Jangan lupa ya = Tong hilap, Nya

~ Mau kemana = Bada kamana?

~ Lagi ngapain = Nuju naon

~ Bagaimana dong = Kumaha atuh

~ Dengarkan = Dangukeun

~ Jadi tidak = Arek moal

~ Apa donk = Naon atuh

~ Diam donk = Cicing atuh

~ Males ah = Hoream ah

~ Ngantuk ih = Tunduh euy

~ Ingin = Hoyong

~ Tidak mengerti = Teu ngartos

~ Kirain = Sugan teh

~ Kemana aja = Kamana wae

~ Jijik ih = Geuleuh Ih

~ Selamanya = Salawasna

6. Penyebutan Angka Bahasa Sunda

Kosakata Bahasa Sunda
Kosakata Bahasa Sunda | uniqpost.com

Jika Anda tengah belajar bahasa daerah, tak hanya kosakata saja yang dipelajari, bilangan juga terdapat di bahasa daerah Sunda. Penyebutan angka tiap bahasa daerah pastinya berbeda-beda, hal ini pun termasuk dalam bahasa ini.

Adapun penyebutan angka ataupun bilangan tersebut, yaitu :

  • Satu > Hiji
  • Dua > Dua
  • Tiga > Tilu
  • Empat > Opat
  • Lima > Lima
  • Enam > Genep
  • Tujuh > Tujuh
  • Delapan > Dalapan
  • Sembilan > Salapan
  • Sepuluh > Sapuluh

Ada beberapa angka yang penyebutannya sama dengan bilangan tersebut. Menggunakan bahasa Sunda untuk percakapan, tentunya angka termasuk hal yang perlu Anda pelajari. Dari angka yang mudah jika sudah dikuasai Anda dapat mempelajarinya lebih lanjut.

Dengan pembahasan ini, besar harap Anda dapat mempelajari bahasa Sunda dengan mudah dan sudah bisa berbicara menggunakan kosakata di atas. Apalagi kosakata tersebut terdapat artinya jadi Anda paham apa yang Anda ucapkan.

Inilah Kosakata bahasa sunda, dialog bahasa sunda, angka dalam bahasa sunda, kalimat tanya bahasa sunda, bahasa sunda sehari hari, kosakata bahasa sunda, kata kata lucu bahasa sunda, belajar bahasa sunda, Kamus bahasa sunda, dll.

Leave a Comment