pengertian Jaringan komputer

Jaringan Komputer: Pengertian, Topologi, dan Jenis-Jenisnya Terbaru 2020

Jaringan Komputer – Komputer saat ini adalah salah satu bagian dari kehidupan manusia yang tidak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari.

Perkembangan komputer yang makin pesat membuat pertumbuhan teknologi dan internet menjadi lebih baik. Jaringan komputer juga terdapat beberapa jenis yang dikelompokkan dengan kategori-kategori tertentu.

Menurut pengertiannya jaringan ini terdiri dari sebuah sistem dari dua komputer atau lebih. Sehingga menimbulkan hubungan yang bisa digunakan untuk membagi aplikasi, data, softwere serta hardware.

Jaringan ini pada dasarnya memang digunakan untuk mengirim data (transmitter) kepada si penerima data (receiver) secara tepat, cepat serta akurat.

Jaringan Komputer

Jaringan komputer
Jaringan komputer | Sumber Image: lautan-it.com

A. Jenis Berdasarkan Distribusi Informasi (Sumber Data)

Jaringan komputer
Sumber Image: laptopsiipat.com

1. Jaringan Terpusat

Jaringan terpusat ini adalah salah satu jenis yang menggunakan satu komputer induk dengan satu terminal atau lebih. Fungsi komputer induk adalah sebagai sumber informasi /data yang dibutuhkan oleh komputer-komputer terminal.

Jadi semua data atau program aplikasi akan tersimpan di dalam komputer induk lalu bisa di distribusikan ke komputer terminal.

Komputer terminal tersebut memiliki fungsi sebagai sebuah perantara saja. Sehingga dapat digunakan untuk akses berbagai data serta program yang disediakan dari komputer induk.

2. Jaringan Terdistribusi

Jenis kedua ini menggunakan lebih dari satu komputer induk yang menyimpan berbagai data. Semua host akan berfungsi sebagai komputer induk, selain itu juga memiliki peran yang sama seperti komputer induk.

Peran ini mirip seperti saat komputer induk berperan sebagai satu-satunya jaringan pusat untuk beberapa komputer.

Jadi dengan lain kata distribusi data terjadi tidak hanya dari satu server saja, melainkan dari beberapa komputer induk.

B. Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Jangkauan Geografis

Jaringan komputer
Sumber Image: laptopsiipat.com

1. Local Area Network (LAN)

LAN ini adalah jaringan yang hanya mencakup area kecil, banyak digunakan untuk kantor, warnet dan sekolah. Jaringan ini hanya bisa digunakan oleh Anda yang berada dalam wilayah yang termasuk LAN saja.

Keuntungan menggunakan jaringan jenis ini salah satunya adalah lebih hemat biaya operasional namun memiliki wilayah koneksi yang cukup terbatas.

2. Metropolitan Area Network atau MAN

Jaringan MAN  ini area atau wilayah cakupannya lebih besar lagi, yaitu sekelas kota hingga jaringan  antar kota. Selain itu jenis ini juga memiliki kecepatan transfer data yang sangat tinggi.

Beberapa lokasi yang bisa dihubungkan seperti kampus, perkantoran, pemerintahan dan lain sebagainya. Menggunakan jaringan ini jauh lebih aman meski dengan jangkauan yang cukup besar.

3. Wide Area Network (WAN)

WAN ini juga memiliki cakupan area yang jauh lebih besar lagi, bisa dalam satu negara atau bahkan benua. Kabel bawah laut dan satelit adalah media transmisi yang digunakan untuk jaringan dengan cakupan super luas ini.

Karena bis digunakan untuk area yang sangat luas tentunya jaringan satu ini menggunakan teknologi canggih, lebih rahasia dan aman.

C. Jenis-jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Media Transmisi Data

1. Wired Network (Jaringan Berkabel)

Jaringan berkabel atau wired network ini memang menggunakan media kabel untuk melakukan transmisi data. Kabel dapat menghubungkan beberapa komputer agar bisa dilakukan pertukaran data atau menghubungkan jaringan internet.

Kelebihan menggunakan jaringan jenis ini adalah biaya yang lebih murah, jaringan stabil dan tidak dipengaruhi oleh perubahan cuaca.

2. Wireless Network (Jaringan Nirkabel)

Jaringan komputer satu ini tidak menggunakan kabel sama sekali untuk menjalankan transmisi data-data. Wireless network menggunakan gelombang elektromagnetik untuk melakukan pertukaran data atau informasi antar komputer.

Untuk jarak dekat jaringan bisa menggunakan bluetooth, sedangkan untuk jarak jauh bisa menggunakan satelit untuk transmisi data.

D. Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Peran dan Hubungan Dalam Proses Data

Jaringan komputer
Jaringan komputer | Sumber Image: http://rajtech-net.blogspot.com

1. Client-Server Jaringan

Client-Server jaringan tersusun dalam sistem yang terdiri dari satu atau lebih komputer yang berfungsi sebagai server. Selain itu sistem juga dilengkapi dengan beberapa komputer lain yang berfungsi sebagai client.

Namun biasanya hanya satu komputer yang berfungsi sebagai server dengan komputer lain sebagai client.

Server /komputer induk ini akan menyediakan berbagai sumber daya /data yang diperlukan client. Sedangkan client akan menggunakan sumber daya /data yang telah disediakan oleh server.

2. Peer to Peer

Peer to Peer merupakan sistem jaringan yang unik dengan menempatkan client dan server dengan peran yang sama. Jadi baik server atau client bisa bertindak sebagai komputer induk penyedia data, begitu juga sebaliknya.

Oleh sebab itu sistem ini merupakan sistem yang memberikan kedudukan sama untuk komputer server dan client.

Keuntungan menggunakan jaringan ini adalah implementasi mudah dan murah. Selain itu tidak memerlukan administrasi jaringan khusus dan administrator jaringan.

E. Jenis-jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Topologi

 

1. Hybrid Topologi

Topologi satu ini merupakan sebuah topologi yang luas dengan menggabungkan 2 atau lebih jenis topologi. Gabungan ini membentuk topologi hybrid dengan ciri dan sifat bawaan topologi tersebut. Jadi sifat dan ciri topologi di dalamnya masih ada meski telah digabungkan dalam satu sistem topologi hybrid.

Contoh penggunaan jaringan jenis ini adalah saat terjadi pengalihan perusahaan atau penggabungan dua perusahaan. Dua teknologi  dan topologi yang berbeda akan digabungkan dengan mempertahankan sifat-sifatnya.

2. Jaringan Ring Topologi

Topologi cincin atau ring adalah rangkaian topologi yang berupa titik-titik yang saling terhubung. Pada bagian kanan dan kiri titik tersebut akhirnya dihubungkan ke dua titik lain, membentuk semacam cincin /lingkaran dari komputer pertama dan seterusnya.

Oleh sebab penyusunan yang melingkar inilah topologi jenis ini disebut dengan jaringan ring.Kelebihan jaringan ini antara lain biaya pemasangan yang murah, performa koneksi lebih baik, lebih hemat kabel dan mudah di instal ulang.

Selain itu jika terjadi kesalahan akan lebih mudah di lacak karena adanya konfigurasi point to point.

3. Star Topologi

Hub /Swich adalah satu jenis penghubung yang digunakan dalam star topologi. Penghubung memiliki fungsi sebagai induk serta semua komputer terhubung ke pusat tersebut. Hub /Swich ini posisinya akan berada pada bagian sentral dengan fungsi tertentu. Fungsinya adalah menghubungkan setiap komputer dan menghubungkan komputer kepada File Server.

Beberapa kelebihan jaringan jenis ini seperti sifat fleksibel, tingkat keamanan tinggi, kerusakan mudah dilacak, instalasi mudah dan lainnya.

4. Mesh Topologi

Mesh Topologi atau topologi jala adalah jenis topologi dengan Workstation yang dapat terhubung satu sama lain.

Hubungan Workstation ini bisa sangat acak atau malah tidak teratur sama sekali. Hal ini dilakukan agar lebih mudah melakukan pergerakan arus data. Jadi Workstation tidak harus melalui Workstation lain agar lebih cepat.

Pemprosesan dan pengiriman data yang cepat merupakan kelebihan sistem jaringan ini. Selain itu Anda tidak perlu khawatir akan terjadi tabarakan data.

5. Jaringan Tree Topologi

Tree atau pohon adalah nama topologi dengan sistem jaringan yang dibuat bertingkat. Selain itu hierarki antara koneksi dapat menggunakan Hub /Switch dengan setiap Hub yang terhubung kepada file server.

Jenis topologi ini adalah kombinasi jenis star dan bus namun dibedakan dengan banyaknya hub dalam jaringan dan sistem yang berhierarki.

Jenis-jenis jaringan komputer seperti telah disebutkan di atas telah banyak digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia. Anda juga bisa memilih jenis jaringan yang sesuai untuk berbagai keperluan seperti kantor, rumah, bisnis atau sekolah.

Inilah Pengertian jaringan komputer, manfaat jaringan komputer, jenis-jenis jaringan komputer, perangkat jaringan komputer, perangkat keras jaringan komputer, dll.

Baca juga: Cara mempercepat kinerja laptop

Leave a Comment