Cara Sharing Printer

Cara Sharing Printer Untuk Beberapa Sistem Operasi Paling Lengkap Terbaru 2020

Cara Sharing Printer – Dulunya berbagi atau sharing printer merupakan suatu hal yang sulit, terutama untuk setiap komputer yang menggunakan sistem operasi yang berbeda.

Namun dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, persoalan mengenai sharing printer ini bukan menjadi masalah lagi. Oleh karena itu, berikut ini beberapa cara sharing printer yang perlu untuk Anda ketahui.

Cara Sharing Printer Via Wifi Windows 10, 8, 7

Cara Sharing Printer
Cara Sharing Printer | Sumber Image: maspri.com

1. Cara Sharing Printer di Windows 7 dan Windows 8

Cara Sharing Printer
Cara Sharing Printer | Sumber Image: iksankomputer.web.id

Jika Anda ingin berbagai printer dalam sistem operasi Windows 7 dan juga Windows 8, maka tidak perlu khawatir lagi. Hal ini dikarenakan terdapat beberapa langkah yang dapat Anda ikuti untuk melakukan sharing printer tersebut.

Untuk itu, langsung saja berikut ini penjelasan mengenai langkah-langkah dalam sharing printer  pada sistem Windows 7 dan Windows 8.

  • Sebelum Anda dapat berbagai printer, pastikan terlebih dahulu bahwa driver dari printer tersebut harus sudah terpasang pada komputer yang terhubung dengan printer. Rata-rata printer modern akan terhubung dengan komputer dengan menggunakan USB, sehingga drivernya akan tersambung secara otomatis ketika USB ditancapkan.
  • Setelah itu, Anda perlu membuka Control Panel. Pada Windows 7, Anda dapat mengklik Start Menu lalu pilihlah Control Panel. Sedangkan untuk Windows 8, Anda dapat menekan kombinasi tombol “Win + X” pada keyboard kemudian pilih Control Panel dari menu.
  • Jika Control Panel di laptop Anda menggunakan tampilan kategori, maka klik pilihan “Network and Internet”, lalu pilih lagi “Network and Sharing Center”. Namun jika Anda menggunakan tampilan ikon pada Control Panel, Anda dapat klik ikon “Network and Sharing Center”.
  • Lalu klik opsi “Change advanced sharing settings” yang posisinya ada di panel navigasi bagian kiri.
  • Buka profil yang hendak diubah. Anda akan menemukan tiga pilihan berbeda. Apabila jenis jaringan yang Anda gunakan adalah jaringan Home, maka pilihlah opsi Private.
  • Lalu aktifkan “File and printer sharing untuk membuka izin pengguna lain yang terhubung dengan printer Anda. Dengan opsi yang satu ini, Anda juga dapat berbagi berkas dengan komputer lain dalam satu jaringan.
  • Aktifkan pula pelindung kata sandi. Anda dapat memilih kata sandi untuk melindungi printer yang digunakan. Dengan ini, maka printer tersebut hanya dapat digunakan oleh orang yang memiliki akun di komputer Anda.
  • Setelah opsi berbagi pencetak diaktifkan, maka Anda perlu untuk membagikan pencetak tersebut dengan masuk ke Control Panel.
  • Kemudian pilih “Devices and Printers”. Klik kanan pada printer yang hendk dibagikan, lalu klik lagi pada opsi “Printer Properties”. Klik di tab Sharing, dan Anda centang pada opsi “Share this printer”.

Baca juga: Cara Memperbaiki Keyboard

2. Cara Sharing Printer di Windows Vista

Cara Sharing Printer
Sumber Image: asset.kompas.com

Jika cara sebelumnya merupakan cara untuk berbagi printer pada Windows 7 dan juga Windows 8, maka cara berbagi printer di Windows Vista sedikit berbeda.

Maka dari itu, Anda perlu memahami beberapa tahapan berikut ini agar tidak terjadi kesalahan. Berikut ini tahapan-tahapan yang perlu Anda ikuti untuk berbagi printer di sistem operasi Windows Vista.

  • Tahapan pertama pasanglah driver untuk printer Anda. Sebelum memasang driver printer, pastikan bahwa komputer dan printer tersebut dapat terhubung dengan baik.
  • Kemudian bukalah Control Panel dengan mengklik logo Start, dan lanjut dengan memilih menu Control Panel.
  • Lalu buka menu Network and Sharing Center. Namun jika Anda menggunakan tampilan ikon pada Control Panel, maka klik saja pada ikon “Network and Sharing Center”.
  • Setelah itu, aktifkan opsi berbagi printer dengan membuka kolom Printer Sharing lalu mengaktifkannya. Anda dapat memilih untuk melindungi printer dengan kata sandi, sehingga printer tersebut hanya dapat digunakan oleh orang yang memiliki akun di komputer Anda.
  • Tahapan terakhir, pilih opsi “bagikan pencetak”. Ketika opsi berbagi pencetak ini sudah dinyalakan, maka Anda perlu masuk ke dalam Control Panel, kemudian buka opsi “Devices and Printer”.
  • Klik kanan pada printer yang Anda inginkan, lalu klik pada opsi “Printer Properties”. Klik di tab Sharing, kemudian Anda perlu untuk centang kotak di “Share this printer”.

Baca juga: Cara Membuka WA Di Laptop

3. Cara Sharing Printer di Windows XP

Cara Sharing Printer
Sumber Image: review.bukalapak.com

Selain pada Windows 7, Windows 8, dan Windows Vista, ternyata Anda juga dapat berbagi printer pada Windows XP. Dapat dikatakan bahwa cara sharing printer di Windows XP ini lebih mudah dari versi Windows yang lain.

Meskipun begitu, Anda tetap harus melakukannya dengan benar agar tidak terjadi kesalahan. Untuk itu, berikut ini penjelasan yang perlu untuk Anda ketahui.

  • Pertama, pastikan terlebih dahulu printer dan komputer yang Anda gunakan terhubung dengan baik sebelum memasang driver untuk printer tersebut. Perlu untuk Anda ketahui bahwa pada Windows XP, tidak semua driver printer akan terpasang secara otomatis. Jadi kemungkinan Anda harus memasang driver secara manual.
  • Setelah itu, aktifkan opsi bertulisan berbagi pencetak. Sebelum berbagai printer, pastikan lebih dulu bahwa opsi berbagi pencetak ini sudah aktif dengan mengklik menu Start.
  • Kemudian pilihlah “My Network Places”. Klik kanan di jaringan aktif Anda, kemudian klik opsi Properties. Klik pada tab General, lalu centang pada opsi “File and Printer Sharing for Microsoft Networks”.
  • Kemungkinan Anda akan dimintai untuk merestart ulang komputer yang digunakan, setelah mengaktifkan opsi yang satu ini.
  • Setelah opsi berbagi pencetak aktif dan komputer Anda sudah hidup kembali, Anda perlu membagikan printer dengan masuk ke Control Panel dan memilih opsi “Printers and Faxes”. Klik kanan pada printer yang ingin Anda bagikan dan klik Sharing.
  • Centangi opsi bertulisan “Share this Printer”, lalu beri nama pencetak sehingga akan lebih mudah untuk diidentifikasikan dalam jaringan yang Anda gunakan.

Baca juga: Cara Kalibrasi Baterai Laptop

4. Cara Sharing Printer di Mac OS X

Cara Sharing Printer
Sumber Image: lifewire.com

Bukan hanya pada sistem operasi Windows, Anda juga dapat berbagi printer pada sistem operasi Mac OS X. Tentunya Anda sudah mengetahui bahwa cara untuk sharing printer di Mac OS X ini berbeda dengan cara sharing printer di Windows. Oleh karena itu, berikut ini beberapa langkah-langkah yang perlu untuk Anda ketahui.

  • Sebelum bisa berbagi printer, driver printer tersebut harus terpasang pada komputer yang terhubung dengan printer. Untuk printer modern, drivernya akan langsung terhubung secara otomatis dengan sistem operasi Mac.
  • Setelah itu, pilihlah opsi bertulisan berbagi pencetak. Buka System Preferences dengan mengklik pada menu Apple yang ada di bagian pojok atas kiri layar.
  • Lalu temukan opsi yang bernama “Internet & Wireless” atau “Internet & Network”. Kemudian klik opsi Sharing. Centang di kotak samping Printer Sharing yang berada di bagian kiri jendela Sharing.
  • Ketika opsi berbagi pencetak ini dinyalakan, maka Anda perlu masuk ke opsi “Print & Scan” yang berada di dalam System Preferences. Pilihlah printer yang hendak dibagikan yang berada di daftar pada sisi kiri jendela. Klik pada tulisan “Share this printer on the Networks”.

Dengan cara sharing printer untuk beberapa sistem operasi di atas, tentunya Anda sudah tidak akan kebingungan lagi jika hendak berbagi printer atau pencetak. Namun Anda tetap harus melakukannya dengan teliti agar tidak terjadi kesalahan dan berbagi printer dapat berjalan dengan lancar.

Baca juga: Cara Mengunci Folder Di Laptop

Leave a Comment