Cara Setting Mikrotik

Cara Setting Mikrotik Yang Harus Diketahui Untuk Pemula (100% Work)

Cara Setting Mikrotik – Salah satu fitur yang sangat populer dan memiliki banyak manfaat, router mikrotik banyak digunakan untuk jaringan hotspot.

Namun, tidak banyak orang yang mengetahui bagaimana cara setting mikrotik routerboard guna mendapatkan banyak manfaat yang dimiliki.

Tak perlu khawatir, karena terdapat beberapa cara mudah bisa digunakan untuk melakukan setting.

Cara melakukan setting mikrotik ini dapat diterapkan pada Hotspot, Warnet, RT RW NET dan jaringan lainnya dengan skala kecil menengah.

Namun, bisa digunakan jika Anda baru membeli produk mikrotik dan masih belum mengerti konfigurasi miktrotik yang terdapat di awal penggunaannya.

Setting Dasar Mikrotik

setting dasar mikrotik
Cara Setting Mikrotik / Sumber Image: netme.id

Pada umumnya sudah ada pengaturan secara default atau bawaan di semua mikrotik routerboard yang sudah siap untuk dipakai tanpa harus di setting lagi terlebih dahulu.

Namun, konfigurasi bawaan pada mikrotik terkadang tidak sesuai dengan apa yang telah diatur ketika pertama kali.

Hal inilah yang membuat Anda perlu melakukan setting atau reset terlebih dahulu pada mikrotik routerOS, bisa juga dengan menghapus settingan default atau bawaan dari mikrotik yang sudah dibeli sebelumnya.

Baca juga: Cara Mematikan Windows Defender

Urutan Cara Setting Mikrotik Dasar

Terdapat beberapa langkah untuk melakukan setting mikrotik dasar dengan hanya menggunakan modem, isp lain, atau menggunakan RB750 dan routerboard lainnya.

Berikut langkah-langkah mudah yang harus Anda lakukan.

1. Setting Topologi Jaringan

Pertama-tama Anda perlu menentukan Topologi jaringan sebelum memulai konfigurasi mikrotik, Anda bisa membuat desain topologi jaringan sesuai dengan kondisi dari bagan yang sudah dibuat sejak awal, misalnya seperti ini.

  • Mikrotik Port Internet atau Ether 1 terhubung dengan Modem indihome.
  • Mikrotik Ether 2 terhubung ke HUB dan dilanjutkan ke beberapa komputer.
  • Mikrotik Ether3 terhubung dengan Accest Point yang diperuntukan untuk WiFi.
  • Mikrotik Ether4 dan Ether tidak terpakai.

Topologi tersebut hanya sebagai contoh, namun pada umumnya kebanyakan topologi jaringan yang diaplikasikan pada Warnet, Hotspot dan lainnya sama seperti contoh di atas.

Anda bisa membuat topologi sesuai dengan keinginan dan selera Anda.

Baca juga: Cara Instal Windows 10

2. Setting IP Address

Merupakan alamat identitas, pada umumnya terdiri dari angkar biner antara 32 bit sampai 128 bit pada setiao perangkat host dan jaringan.

Memberikan alamat IP ke tiap perangkat wajib dilakukan, agar setiap perangkat tersebut terhubung ke internet.

Melakukan setting IP Addres mikrotik diperlukan agar terhubung ke internet dan mikrotik gateway pada beberapa komputer dan perangkat lain.

Internet yang bersumber pada moem ISP hendak dihubungkan ke beberapa perangkat dan mikrotik menjadi router sekaligus firewall dan gateway dari semua perangkat yang terhubung.

Pastikan semua perangkat mulai dari modem, mikrotik dan komputer sudah terhubung sesuai dengan topologi di atas ketika settingan mikrotik masih default.

Anda juga harus memiliki Winbox untuk dapat login mikrotik menggunakan Mac-Address.

3. Login ke Mikrotik

Cara masuk ke mikrotik ini menggunakan Mac Address, jika sudah muncul klik Mac Addres dan isi kolom menggunakan user sementara admin tanpa password.

Kemudian klik connect, jika sudah berhasil maka akan muncul tampilan Mikrotik pada winbox.

Baca juga: Cara Masuk Safe Mode Windows 10

4. Default Konfigurasi Mikrotik RouterOS

  • Klik Remove Configuration, hal ini diperlukan untuk mereset mikrotik agar semua setingan bawaan terhapus.
  • Atau dapat menggunakan cara, Masuk ke new terminal dari samping Winbox.

·    Copy paste /system reset-configuration no-defaults=yes.

  • Jika muncul peringatan ketikkan huruf Y, kemudian tekan Enter.
  • Tunggu beberapa detik hingga Mikrotik selesai melakukan restart.
  • Kembali lakukan login dengan Winbox seperti yang sudah dilakukan tadi.
  • Lakukan setting IP address mikrotik pada setiap ether sesuai dengan topologi yang dibuat tadi.
  • Setting IP Address di Mikrotik
  • Tempatkan alamat IP ke ether2 dan ether3, sesuaikan alamat IP nya.
  • Jika alamat IP sudah diatur pada semua ether dan sesuai topologi lanjut ke langkah setting dasar selanjutnya.

5. Gateway Internet Mikrotik RB750

Untuk memastikan semua perangkat seperti komputer, smartphone dan yang lainnya terhubung ke mirkotik, sebagai router mikrotik ini harus memiliki default gateway untuk akses ke umum.

Bisa menggunakan cara modem IPS yang terpasang dihubungkan ke mikrotik lewat port ether1 sebagai jalur koneksi internet.

Jika mengacu pada topologi yang sudah dibuat di atas, default gateway internet menggunakan IP dari IPS 192.168.100.1, selanjutnya copy paste ke new terminal winbox guna menambahkan default gateway.

Baca juga: Cara Masuk Safe Mode Windows 10

6. Setting Network Address Translation

Cara setting mikrotik memerlukan Network Address Translation atau sering dikenal dengan NAT memiliki fungsi sebagai proses pemetaan alamat IP, sistem ini mampu menerjemahkan alamat IP pribadi untuk dapat mengakses alamat host internet dengan memakai alamat IP umum.

Dengan proses ini semua perangkat nantinya dapat melakukan akses ke internet melalui mikrotik router, namun Anda perlu melakukan copy paste scrip berikut pada new terminal winbox.

Berikut ini scriptnya /ip firewall nat add chain=srcnat action=masquerade.

Baca juga: Cara Instal Windows 7

Fungsi Mikrotik

Cara Setting Mikrotik
Cara Setting Mikrotik / Sumber Image: masrifqi.staff.ugm.ac.id

Yang dimaksud dengan Mikrotik adalah sistem operasi dan perangkat lunak yang bisa dipakai menjadikan komputer menjadi router jaringan yang handal.

Mikrotik mencakup beragam fitur yang dibuat oleh IP Network dan jaringan wireless, cocok dipakai untuk ISP, provider hotspot hingga warnet.

Berikut ini beberapa fungsi mikrotik jika Anda belum mengetahuinya.

  • Sebagai pengatuan koneksi internet, dengan mikrotik Anda dapat mengaturnya secara terpusat dan memudahkan untuk pengelolaan.
  • Membuat konfigurasi LAN bisa dilakukan dengan mengandalkan PC Mikrotik Router OS dengan hardware requirements yang sangat rendah.
  • Mampu digunakan untuk memblok situs-situs terlarang dengan memakai proxy di mikrotik.
  • Mampu digunakan untk PPPoE Server.
  • Digunakan untuk Billing Hotspot.
  • Dipakai untuk memisahkan bandwidth traffic internasional dan lokal.

Baca juga: Cara Instal Windows 10

Bagian Perlu Diperhatikan Dalam Setting Mikrotik

  • Ethernet

Pengaturan default akan memberi anam interface yang dimaksudkan agar para pengguna jaringan lebih mudah dalam menentukan pada interface mana kabel akan dipasang, berikut ini penjelasan mengenai nama ethernet.

  • Ether 1, diberi nama ether1-gateway agar para pengguna memasang kabel terhubung interney pada ether1.
  • Ether 2, nantinya akan diberi nama etherx-master-local.
  • Ether 3 sampai yang terakhir akan diberi nama ether3-slave-local, pengaturan master-pot pada interface ini akan diarahkan pada ether2 sehingga masih termasuk dalam segmen jaringan yang sama.
  • IP Address

Setting mikrotik bawaan akan memasang alamat IP diperlukan untuk interface yang terkoneksi ke jaringan lokal dengan menggunakan alamat IP 192.168.88.1/24.

Nantinya jaringan lokal akan menggunakan segmen network memakai alamat tersebut.

Meski demikian, hal ini tidak berlaku pada produk yang memiliki interface enthernet beberapa series, seperti RB411, RB433, RB435, RB800, RB1000 dan CCR. Alamat IP yang terpasang tetap berada di interface ether1.

  • DHCP

Pengaturan konfigurasi para cara setting mikrotik dari awal sampai akhir dengan winbox juga menjalankan service DHCP yang terdapat pada interface ether1, dengan asumsi bahwa akan terkoneksi ke internet.

ISP biasanya akan memberikan alamat IP secara dimaik, akibatnya pengguna tidak perlu kesulitan melakukan pengaturan alamat IP, gateway, dns dan lain sebagainya.

Apabila ISP atau modem secara otomatis memberikan alamat IP, maka Anda cukup melakukan koneksi kabel dari internet ke ether1 router mikrotik, dengan ini Anda sudah bisa mendapatkan IP Address dan terkoneksi ke internet.

 

Leave a Comment