cara root android

Tiga Cara Root Android Tanpa PC Yang Harus Anda Ketahui Terbaru 2020

Cara Root Android – Android merupakan salah satu sistem operasi berbasis Linux yang bersifat Open Source.

Dengan kata lain, pengguna dapat melakukan modifikasi pada sistem secara bebas.

Namun, karena alasan keamanan, produsen smartphone biasanya membatasi modifikasi yang dapat dilakukan pengguna.

Karena itu, pengguna Android yang ingin melakukan modifikasi dengan lebih leluasa harus memahami mengenai cara root Android dengan baik dan benar.

Cara Root Android

Pengertian Root Pada Sistem Android

Sebelum melakukan proses rooting pada Android, alangkah baiknya pengguna mengetahui apa yang dimaksud root.

Root adalah proses membuka Lock Bootloader pada Android dengan tujuan untuk mendapatkan akses penuh ke semua fitur yang dimiliki Android.

Hal ini berarti, pengguna yang melakukan rooting pada Android akan mendapatkan akses terhadap berbagai fitur yang tidak dapat diakses pada perangkat yang belum di root.

Pada dasarnya, proses rooting tidak dianjurkan bagi pengguna Android. Hal ini karena proses rooting dapat berakibat pada hilangnya garansi yang berlaku pada perangkat Android tersebut.

Mengapa demikian? Proses rooting merupakan proses dimana pengguna membobol sistem yang sebelumnya dikunci oleh pihak produsen dengan tujuan keamanan.

Dengan demikian, produsen tidak bertanggung jawab atas segala kerusakan yang timbul karenanya.

Tujuan lain dari adanya kunci Lock Bootloader pada perangkat smartphone Android adalah agar pengguna dapat menggunakan berbagai aplikasi bawaan dari produsen dengan lebih maksimal.

Sayangnya, banyak pengguna Android beranggapan bahwa aplikasi-aplikasi bawaan itu terlalu memakan kapasitas penyimpanan perangkat tanpa adanya fungsi yang berarti sehingga memilih untuk meng-uninstallnya.

Namun, pengguna ternyata tidak dapat melakukan proses uninstalasi terhadap aplikas-aplikasi bawaan tersebut selama perangkat masih dalam keadaan belum di root alias belum dilepaskan dari Lock Bootloader-nya.

Karena itu, banyak pengguna Android mencari cara root Android untuk mencopot pemasangan aplikasi-aplikasi tersebut. Berikut ini akan dibahas mengenai beberapa cara melakukan rooting pada Android dengan benar.

Baca Juga: Cara Reset Mikrotik

1. Cara Root Android dengan iRoot

Root Android dengan iRoot
Root Android dengan iRoot

Cara pertama yang dapat dilakukan untuk melakukan proses rooting pada Android dengan cepat dan aman adalah dengan menggunakan aplikasi yang bernama iRoot.

Cara ini dapat dipilih sebagai opsi untuk melakukan rooting pada Android bagi Anda yang belum terbiasa mengutak-atik sistem pada perangkat Android, karena aplikasi ini dapat dijalankan dengan cukup mudah tanpa perlu perangkat tambahan apapun.

Langkah pertama yang harus Anda lakukan tentu saja adalah mendownload aplikasi ini.

Perlu diketahui bahwa aplikasi-aplikasi yang berhubungan dengan rooting sistem Android tidak akan tersedia di Play Store, dikarenakan produsen tidak ingin memfasilitasi pengguna yang “jahil” yang ingin mengutak-atik sistem operasi miliknya.

Sebab itu, Anda dapat mendownload iRoot melalui pencarian pada mesin pencari seperti Google dan sebagainya.

Setelah selesai mengunduh aplikasi tersebut, lakukan instalasi atau pemasangan aplikasi iRoot.

Sebelum itu Anda wajib mengaktifkan opsi untuk mengizinkan instalasi dari pihak ketiga, atau Anda tidak akan dapat menginstal aplikasi ini di perangkat Anda.

Caranya adalah masuk ke dalam Pengaturan, kemudian pilih submenu Keamanan. Kemudian, aktifkan pilihan “Instal aplikasi dari sumber tidak dikenal”. Setelah itu, install iRoot seperti biasa.

Apabila iRoot sudah terinstall dengan benar, maka Anda dapat melanjutkan tahapan berikutnya yaitu proses rooting. Ikuti langkah-langkah mudah berikut ini:

  • Buka aplikasi iRoot
  • Setelah logo muncul, aplikasi akan mendeteksi jenis smartphone dan sistem operasi yang berjalan. Apabila proses ini telah selesai, informasi mengenai jenis smartphone akan tertera pada tampilan awal, beserta dengan sebuah tombol bertuliskan “Root Now” di bawahnya.
  • Klik tombol “Root Now” tersebut dan tunggu hingga prosesnya selesai.
  • Setelah proses selesai, smartphone akan otomatis masuk ke dalam restart mode. Smartphone kemudian akan hidup kembali dengan kondisi sudah di root.

Baca Juga: Cara Setting Mikrotik

2. Cara Root Android dengan KingRoot

Root Android dengan KingRoot
Root Android dengan KingRoot

Cara kedua yang dapat dilakukan untuk melakukan rooting dengan cepat pada perangkat Android adalah dengan menggunakan aplikasi lain yang bernama KingRoot.

Hampir sama dengan cara sebelumnya, cara ini juga tidak memerlukan perangkat tambahan seperti PC atau laptop dalam prosesnya.

Sama seperti sebelumnya, Anda hanya perlu melakukan download aplikasi KingRoot terlebih dahulu sebelum dapat melakukan proses rooting.

Seperti pada cara sebelumnya, aplikasi ini tidak tersedia di Play Store. Jadi, Anda hanya dapat mengunduhnya melalui website yang menyediakan file. apk-nya.

Setelah diunduh, pastikan untuk menginstallnya dengan cara yang sama seperti pada tahap sebelumnya. Setelah itu, ikuti langkah berikut:

  • Buka aplikasi KingRoot
  • Setelah logo muncul, aplikasi akan mulai proses deteksi sistem smartphone milik Anda. Tunggu hingga proses ini selesai. Sebagai catatan penting, apabila proses deteksi ini berjalan dengan baik maka sistem operasi smartphone akan tertera pada layar.
  • Jika tidak, maka jangan coba-coba memaksa melakukan proses rooting karena dapat menimbulkan kemungkinan terjadi error pada saat rooting.
  • Apabila sistem operasi dan jenis smartphone sudah muncul di layar, Anda dapat memilih untuk menjalankan proses rooting dengan cara meng-klik tombol “Start Root” pada layar smartphone Anda.
  • Proses rooting akan berjalan.
  • Setelah proses telah selesai, aka nada notifikasi berupa tulisan “Root Succesfully” di bagian atas layar. Pada tahap ini, smartphone Anda sudah berada dalam keadaan rooted.

Baca Juga: Cara Mematikan Windows Defender

3. Cara Root Android dengan KingoRoot

Cara Root Android dengan KingoRoot
Cara Root Android dengan KingoRoot

Cara ketiga untuk melakukan rooting pada smartphone Android tanpa menggunakan PC atau laptop adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga yang bernama KingoRoot.

Meskipun nama aplikasi ini hampir sama dengan aplikasi KingRoot, namun kedua aplikasi ini merupakan aplikasi yang berbeda.

Sekalipun demikian, kemudahan dalam penggunaannya tidak kalah dengan kedua aplikasi yang disebutkan sebelumnya.

Seperti cara root Android yang telah disebutkan sebelumnya, Anda perlu melakukan download aplikasi ini terlebih dahulu melalui website yang tersebar di internet terlebih dahulu.

Setelah itu, tentu Anda juga perlu melakukan instalasi aplikasi ini untuk dapat menggunakannya.

Setelah proses unduh dan instalasi sudah dilakukan dengan benar, Anda dapat melanjutkan proses rooting ke tahapn berikutnya melalui beberapa langkah berikut:

  • Buka aplikasi KingoRoot
  • KingoRoot akan mendeteksi model perangkat yang Anda miliki beserta versi Android yang sedang berjalan pada perangkat tersebut. Setelah itu, apabila proses rooting dapat dilakukan, device model dan Android version akan ditampilkan pada layar smartphone Anda.
  • Untuk melakukan proses rooting, Anda hanya perlu meng-klik opsi “One Click Root” yang terpampang di bagian bawah layar smartphone Anda.
  • Proses rooting akan berjalan.
  • Selama proses rooting berlangsung, tahapan-tahapan rooting akan tampil di bagian bawah layar, dan indicator persentasi proses rooting tertera di atas layar.
  • Apabila proses telah selesai dan mencapai 100%, aplikasi akan memberikan pemberitahuan berupa tulisan “Root Succeeded” di bagian atas layar. Selamat, smartphone Anda sudah berhasil di root.

Baca Juga: Cara Instal Windows 7

Tiga cara root Android yang telah dijabarkan di atas merupakan cara root Android yang cepat dan aman tanpa perlu menggunakan perangkat tambahan seperti PC atau laptop.

Tentu saja, Anda bebas memilih aplikasi mana yang sesuai dengan selera Anda. Perlu diingat bahwa segala kerusakan yang terjadi atas proses rooting adalah tanggung jawab pengguna. Selamat mencoba!

Leave a Comment