cara reset mikrotik

3 Cara Reset Mikrotik Dengan Mudah, Cepat dan Aman (100% Work)

Cara Reset Mikrotik – Mereset mikrotik sering dijadikan sebagai opsi bagi para penggunanya untuk mengatasi berbagai masalah yang seringkali terjadi pada perangkat router mikrotik.

Masalah tersebut biasanya merupakan masalah kerusakan yang tidak mudah ditemukan. Langkah ini seringkali dijadikan sebagai jalan untuk menghindari terjadinya kerusakan fatal.

Untuk itu, semua penggunanya harus memahami cara reset Mikrotik dengan baik dan benar.

Ada berbagai macam hal yang dapat menyebabkan terjadinya permasalahan pada router Mikrotik. Salah satu diantaranya adalah router yang kurang terawat dengan baik dalam jangka waktu yang lama, sehingga mengakibatkan sebagian kecil atau mungkin seluruh bagian router tidak dapat berfungsi dengan normal.

Hal itu akan memicu beberapa gejala seperti Mikrotik berhenti tiba-tiba, hang, atau bahkan mati total.

Karena hal tersebut, maka sangat perlu untuk memahami cara reset Mikrotik dengan baik dan benar.

Jangan berpikir untuk melakukan bongkar pasang terhadap perangkat Mikrotik apabila Anda bukan seorang teknisi yang ahli dalam hal tersebut.

Berikut akan diberikan beberapa cara mereset Mikrotik yang dapat Anda pelajari. Ikuti langkah-langkah berikut untuk menghindari kerusakan-kerusakan yang tidak diinginkan.

Cara Reset Mikrotik

1. Cara Reset Mikrotik dengan NetInstall

Anda yang berprofesi di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi mungkin sudah tidak asing dengan nama program yang satu ini.

NetInstall merupakan salah satu program yang memiliki banyak sekali fungsi. Beberapa fungsinya antara lain adalah mereset Mikrotik, mereset password Mikrotik, dan memperbaiki sistem operasi Mikrotik lainnya.

NetInstall merupakan program khusus berbasis Windows yang sudah dipercaya sebagai solusi penginstalan Mikrotik RouterOS dalam RouterBoard ataupun PC lewat Ethernet.

Proses peresetan Mikrotik menggunakan NetInstall tidak dapat dilakukan tanpa menggunakan jaringan ethernet. Itu sebabnya, Anda perlu menyiapkan perangkat yang terhubung dan mendukung booting ethernet. Setelah itu, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Siapkan Seluruh Perangkat yang Diperlukan

Beberapa kebutuhan utama yang perlu Anda siapkan sebelum memulai proses inib adlaah perangkat komputer dilengkapi ethernet card, RouterBoard dengan file npk. File-file tersebut dapat Anda temukan di website IT yang dapat dipercaya.

Setelah semua syarat tersebut terpenuhi, Anda dapat melanjutkan untuk menyiapkan syarat berikutnya yaitu aplikasi atau program NetInstall.

  • Download Program NetInstall

Untuk dapat melakukan reset Mikrotik dengan NetInstall, pertama Anda harus memiliki program tersebut. Download dapat Anda lakukan melalui website-website IT terpercaya atau melalui situs resmi NetInstall.

  • Download RouterOS

Yang berikutnya harus Anda siapkan adalah combined package dari RouterOS. Seperti download sebelumnya, file ini dapat Anda download melalui berbagai situs terpercaya yang tersebar di Internet.

Jangan lupa untuk menyesuaikan tipe dan versi Router yang sedang digunakan. Sebagai contoh, Mikrotik rb750 akan cocok dengan tipe MIPSBE. Siapkan juga kabel UTP untuk penghubung komputer dengan mikrotik lewat ethernet.

  • Buka Program NetInstall

Atur jaringan ethernet komputer dengan menggunakan IP khusus. Contoh IP khusus yang dimaksud adalah 192. 168.0.1. Netmask yang disarankan adalah 255.255.255.0.

Setelah itu, jalankan NetInstall dengan cara menekan tombol Net bootin. Aktivasi Boot Server hingga berubah status menjadi enable. Jangan lupa untuk mengisi IP Client yang mempunyai subnet sama seperti IP statistik PC lalu klik Ok.

  • Instalasi Program NetInstall

Pastikan langkah-langkah sebelumnya telah dijalankan dengan benar. Setelah itu, nyalakan power adaptor sambil menekan tombol reset pada router.

Anda harus menunggu beberapa saat hingga NetInstall memunculkan tampilan mac-address dari RouterBoard.

Lepas tombol reset, klik mac-address router, lalu pilih paket mana yang ingin diinstal dengan cara meng-klik box yang ada hingga tanda centang terlihat.

Kemudian, klik browser dan temukan folder berisi file .npk yang telah diunduh sebelumnya. Klik pada file .npk tersebut, kemudian klik install. Proses instalasi akan berjalan.

Anda hanya perlu menunggu hingga proses instalasi selesai. Setelah proses selesai, router Anda akan menyala kembali dan Mikrotik akan berada dalam status sudah ter-reset.

Baca juga: Cara Setting Mikrotik

2. Cara Reset Mikrotik dengan Tombol Reset Hap Lite

Cara ini terbilang cara yang membutuhkan sedikit lebih banyak sentuhan fisik dengan perangkat router Mikrotik yang akan direset.

Meskipun demikian, cara ini terbilang cukup simpel, mudah dan cepat karena yang perlu Anda lakukan hanyalah menekan tombol reset pada router tersebut.

Dengan menekan tombol reset itu, router akan memasuki mode reset dengan sendirinya.

Permasalahannya adalah lokasi tombol reset berbeda-beda pada setiap brand produk Router yang berbeda. Umumnya, tombol reset akan terletak di dekat lubang power atau lubang untuk konektor power.

Namun, biasanya ukurannya akan jauh lebih kecil dari tombol-tombol lain di sekitarnya.

Untuk itu, biasanya Anda akan memerlukan alat kecil seperti peniti atau kawat kecil untuk mengaktifkannya.

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, Anda hanya perlu menekan atau menusuk lubang tersebut.

Namun hati-hati agar tidak menusuknya terlalu kuat dikarenakan akan berpotensi merusak tombol yang terletak di dalam.

Tekan dan tahan tombol reset tersebut, kemudian cabut dan pasang kembali power dari routernya. RouterBoard akan menyala kembali dan lampunya akan berkedip tanda Router sudah memasuki mode reset.

Setelah itu, Anda hanya perlu merestart RouterBoard.

Baca juga: Cara Mematikan Windows Defender

3. Cara Reset Mikrotik dengan Winbox

Cara mereset Mikrotik yang ketiga adalah dengan menggunakan aplikasi bernama Winbox.

Dibandingkan kedua cara yang telah disebutkan sebelumnya, cara ini terbilang sangat mudah karena Anda tidak perlu bersentuhan langsung dengan Router Mikrotik.

Sebab itu, cara ini hanya dapat dilakukan apabila Router Mikrotik masih berada dalam keadaan yang bagus dan prima tanpa adanya kerusakan apapun.

Seperti cara-cara lainnya yang melibatkan aplikasi, cara ini tidak akan dapat dilakukan apabila Anda belum memiliki aplikasi yang bersangkutan.

Sebab itu, sebelum dapat melakukan reset Mikrotik dengan Winbox, Anda wajib untuk mendownload aplikasi Winbox terlebih dahulu:

Aplikasi ini dapat dengan mudah ditemukan melalui pencarian di internet. Setelah Anda memiliki aplikasinya dan sudah menginstallnya, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Login Pada Winbox

Pastikan aplikasi Winbox sudah terinstall dengan benar. Lakukan proses login melalui Winbox menggunakan username dan password yang digunakan pada Mikrotik.

  • Jalankan Script Reset Mikrotik pada Winbox

Setelah login pada Winbox, pilih opsi New Terminal. Kemudian, jalankan Script atau perintah pada Winbox untuk reset Mikrotik.

Winbox akan memunculkan pop-up dialog berupa konfirmasi reset Mikrotik. Apabila sudah yakin untuk melakukan reset, ketikkan Y pada Script yang tertera di layar lalu tekan tombol Enter. Router Mikrotik akan restart secara otomatis.

Proses restart akan berjalan kurang lebih sekitar 2 menit. Setelah itu, Mikrotik akan kembali dapat diakses dengan menggunakan login default.

Opsi terakhir akan muncul dalam bentuk pop-up yang menanyakan apakah Anda ingin menghapus konfigurasi awal atau tidak.

Pilih Ya apabila Anda ingin menghapusnya. Pada tahap ini, Router Mikrotik dan sistemnya telah berhasil direset.

Tiga cara di atas merupakan beberapa cara reset Mikrotik lhg 5 yang mudah, cepat dan aman.

Anda dapat memilih salah satu dari ketiga cara tersebut dengan menyesuaikan sesuai dengan kondisi Anda, baik kelengkapan syarat reset atau kondisi Router.

Yang terpenting, pahami dan cermati cara-cara tersebut sehingga mengurangi resiko terjadinya kerusakan yang tidak diinginkan. Selamat mencoba!

Baca juga: Cara Instal Windows 7

Inilah cara reset mikrotik mulai dari Rb951ui-2nd, hap minii rb931, Rb450g, Rb750r2, ccr yang wajib Anda ketahui.

Tutorial Car Reset Mikrotik RB750

Leave a Comment