Cara Pasang CCTV

Cara Pasang CCTV Yang Banyak Digunakan Saat Ini Terbaru 2020

Cara Pasang CCTV – Perkembangan teknologi yang semakin pesat mempengaruhi berbagai macam bidang dalam kehidupan manusia.

Salah satunya adalah bidang keamanan. Dalam bidang ini, peningkatan keamanan suatu daerah dapat dilakukan dengan memasang CCTV.

Namun banyak orang yang tahu cara pasang CCTV tersebut. Maka dari itu, berikut beberapa cara memasang beberapa jenis CCTV.

Cara Pasang CCTV

1. Cara Pasang CCTV Via Wireless

Cara Pasang CCTV Wireless
Cara Pasang CCTV Wireless / Sumber : youtube.com

Salah satu jenis CCTV yang paling banyak digemari adalah CCTV Wireless atau tanpa kabel. Jenis CCTV ini, merupakan CCTV yang dapat Anda atur dan pantau melalui perangkat lain tanpa perlu sambungan kabel.

Tentunya pemasangan jenis CCTV yang satu ini tidak bisa dilakukan secara sembarang. Oleh karena itu, berikut ini langkah-langkah dalam pemasangan CCTV jenis Wireless.

  • Hal pertama yang perlu untuk Anda perhatikan adalah soal alamat IP dari kamera CCTV Wireless ini. Anda harus menyalakan terlebih dahulu alamat IP pada DVR untuk menghubungkannya dengan perangkat yang nantinya hendak digunakan. Contohnya saja seperti komputer ataupun laptop.
  • Langkah selanjutnya, Anda perlu untuk menyesuaikan alamat IP yang ada di CCTV atau DVR dengan alamat IP pada komputer atau laptop yang Anda gunakan untuk memantau.
  • Apabila pengaturan mengenai alamat IP sudah selesai, maka hal yang harus Anda lakukan selanjutnya adalah melakukan pengaturan pada software IP installer yang ada di kamera tersebut.
  • Ketika semua tahapan yang sesuai dengan buku panduan pada CCTV tersebut sudah dilakukan, maka Anda perlu melakukan uji coba sebelum melakukan pemasangan CCTV terlebih dahulu.
  • Dalam tahapan yang satu ini, Anda dapat masuk ke dalam web browser yang sudah terinstal di komputer atau laptop Anda. Kemudian masuk pada “setting menu security”.
  • Setelah itu, Anda perlu memasukkan alamat IP yang tadi telah diatur sebelumnya.
  • Jika pengaturan mengenai alamat IP ini sudah berhasil, maka Anda hanya perlu melakukan pemasangan.
  • Hal yang harus Anda perhatikan adalah pengambilan sudut terbaik agar dapat mencakup wilayah pengawasan yang luas dan dinilai rawan. Apabila CCTV Wireless Anda tidak memiliki fitur night vision, maka lebih baik jika meletakkan CCTV tersebut di tempat yang terang.
  • Ketika Anda sudah melakukan beberapa tahapan di atas dengan baik dan benar, maka Anda sudah dapat mengoperasikan CCTV ini dan melakukan pemantauan agar keamanan dalam lokasi tersebut dapat ditingkatkan.
  • Untuk jenis CCTV Wireless ini, tentunya Anda dapat mengoperasikan CCTV tersebut melalui komputer, laptop, bahkan smartphone sesuai dengan pengaturan yang Andalakukan tanpa perlu kerepotan untuk menggunakan kabel.

Baca juga: Cara Instal Printer

2. Cara Pasang CCTV Dome

Cara Pasang CCTV Dome
Cara Pasang CCTV Dome / Sumber : youtube.com

Selain CCTV Wireless, jenis CCTV Dome Infrared juga banyak digunakan oleh banyak pihak.

Hal ini dikarenakan jenis CCTV yang satu ini mampu bekerja dan beroperasi pada hampir semua kondisi cahaya, dari siang hari ketika terang benderang hingga malam hari yang minim cahaya.

Jika Anda berminat untuk menggunakan jenis CCTV ini, maka berikut cara untuk memasangnya.

  • Tahapan yang pertama, Anda perlu untuk memosisikan letak dari kamera CCTV yang ingin Anda pasang. Pada permukaan lokasi tersebut, Anda dapat menandainya dengan menggunakan lubang sekrup. Selain itu, gunakanlah jenis sekrup yang tepat dengan permukaan agar kamera dapat terpasang dengan kokoh dan kuat.
  • Setelah kamera CCTV sudah terpasang dengan baik, maka tahapan selanjutnya adalah mengatur CCTV agar dapat digunakan. Anda perlu menghubungkan kabel power listrik DC pada kamera CCTV serta outup video dengan koneksi yang diinginkan.
  • Kemudian hubungkan ujung kabel dari masing-masing koneksi dengan input video yang ada pada DVR.
  • Anda juga harus memastikan bahwa ujung kabel sudah terkunci dengan erat dan baik, agar tidak terjadi kesalahan ketika digunakan nantinya. Jika Anda melakukan kesalahan pada tahapan ini, maka CCTV tersebut tidak akan dapat digunakan dengan baik.
  • Setelah itu, tancapkan power adaptor dari CCTB Dome Infrared ini dengan stopkontak yang sudah Anda siapkan.
  • Jika Anda menggunakan kamera CCTV dalam jumlah yang banyak, maka Anda pelu menggunakan jenis kabel power splitter.
  • Dengan ini, maka CCTV jenis Dome Infrared sudah siap untuk digunakan. Selain ketika siang hari dangan cahaya yang terang, Anda dapat melakukan pemantauan melalui CCTV tersebut ketika malam hari saat minim oleh cahaya.

Baca juga: Cara Cleaning Printer

2. Cara Pasang CCTV Kabel

Cara Pasang CCTV Kabel
Cara Pasang CCTV Kabel / Sumber: bukalapak.com

Selain kedua jenis CCTV di atas, dapat dikatakan bahwa CCTV kabel merupakan jenis CCTV yang banyak digunakan untuk saat ini.

Banyaknya penggunaan jenis CCTV yang satu ini, dikarenakan oleh harganya yang cukup terjangkau dan memiliki fungsi standar.

Oleh sebab itu, berikut ini beberapa tahapan yang perlu Anda ikuti untuk melakukan pemasangan jenis CCTV kabel.

  • Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menghitung jarak antara kamera CCTV dengan DVR yang sebelumnya Anda sudah menentukan titiknya. Hal ini juga akan menentukan ukuran panjang ataupun jarak dari panjang kabel CCTV sebelum Anda membelinya.
  • Setelah itu, Anda harus mengetes kabel terlebih dahulu menggunakan cable tester. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa kabel yang Anda beli merupakan kabel yang baik, dan tidak timbul kerusakan atau putusnya kabel ketika digunakan nantinya.
  • Kemudian Anda perlu untuk memilih DVR dan juga kamera CCTV sesuai dengan apa yang Anda butuhkan.
  • Langkah yang harus Anda lakukan selanjutnya, yakni mempersiapkan bahan yang sekiranya dibutuhkan ketika proses pemasangan CCTV kabel. Contohnya saja klem kabel dengan ukuran 12, siku besi, steker, kabel eterna, dan juga terminal 4 lubang.
  • Dalam DVR, Anda dapat langsung memasangkan harddisk yang nantinya akan digunakan untuk melakukan penyimapanan dari hasil rekaman dari CCTV. Jika Anda tidak dapat melakukan pengaturan DVR tersebut, maka Anda dapat meminta tolong pihak toko untuk mengaturnya.
  • Kemudian Anda perlu untuk membuat kabel CCTV dengan panjang sekitar 50 cm. Lalu memasang konektor BNC dan menghubungkan DVR serta monitor dengan kamera CCTV yang hendak digunakan.
  • Anda harus memastikan tampilan gambar sebelum melakukan instalasi kabel CCTV. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi kerusakan ataupun ketidaksesuaian pada kamera CCTV ketika sudah dipasang.
  • Langkah yang selanjutnya, Anda dapat mengatur instalasi kabel supaya terkesan rapi. Anda tidak boleh memotong kabel terlebih dahulu, untuk menghindari kemungkinan panjang kabel yang tidak sesuai baik itu terlalu panjang maupun terlalu pendek.
  • Apabila proses instalasi kabel sudah dilakukan dengan benar dan rapi, maka saatnya untuk menyambungkan DVR dengan monitor.
  • Terakhir, Anda dapat menyalakan monitor tersebut dan CCTV sudah siap untuk digunakan.
  • Jenis CCTV ini memang merupakan standar CCTV, namun memiliki kelemahan pada sambungan kabel. Jadi, Anda perlu melakukan pengecekan terutama dalam hal kabel agar kegunaan dari CCTV ini dapat terjaga.

Baca juga: Cara Scan Di Printer

Jika Anda sudah mengetahui dan memahami Cara Pasang CCTV di atas, tentunya Anda sudah dapat melakukan pemasangan CCTV tersebut sendiri. Jadi Anda tidak perlu menggunakan bantuan dari jasa pemasangan CCTV, sehingga dapat lebih meminimalis biaya. Selain itu, Anda juga dapat melakukan pengecekan dan perawatan CCTV sendiri supaya dapat lebih menghemat dana.

Tutorial Pasang CCTV Sendiri 100% Work

Leave a Comment