Cara merekam layar laptop

3+ Cara Merekam Layar Laptop dan PC Tanpa Aplikasi Dengan Mudah 100% Work

Cara merekam layar laptop dibutuhkan oleh kebanyakan pengguna untuk berbagai kebutuhan seperti membuat tutorial dan lain sebagainya. Jika menggunakan perangkat lain untuk merekam bagian layar laptop tentu hasilnya tidak bagus atau bisa saja menjadi rusak. Untuk itu dibutuhkan cara khusus untuk merekam layar agar hasilnya bisa jernih dan enak ditonton.

Cara Merekam Layar Laptop

1. Cara Merekam Layar Laptop Menggunakan Software VLC Media Player

Cara merekam layar laptop
Cara merekam layar laptop | Sumber Image: youtube.com

Cara merekam layar laptop yang biasanya digunakan kebanyakan orang adalah dengan menggunakan software tambahan. Salah satu software yang bisa Anda gunakan untuk merekam layar adalah VLC Media Player. Kebanyakan orang mungkin mengetahui bahwa software ini hanya digunakan untuk memutar file dengan format video.

Padahal software ini juga memiliki berbagai fungsi yang lainnya salah satunya adalah merekam layar pada laptop. Bisa dikatakan cara ini sangat mudah dilakukan dan pemula pun bisa melakukannya. Untuk lebih memahaminya, mari simak langkah-langkah menggunakan software VLC Media Player untuk kebutuhan merekam layar di bawah ini.

  • Untuk menggunakan software ini tentu Anda harus memilikinya terlebih dahulu. Download software VLC Media Player dengan mencari referensi dari internet. Jika sudah, Anda bisa langsung menginstalnya.
  • Buka aplikasi VLC Media Player yang sudah diinstall pada laptop. Kemudian pilih menu Media yang berada pada bagian toolbar atas. Pilih Open Capture Device.
  • Akan muncul opsi pilihan Capture Device. Anda harus melakukan beberapa pengaturan terlebih dahulu sebelum merekam layar. Pada bagian Capture Mode ubah menjadi Desktop, kemudian pada bagian Desired frame rate for the capture pilih 15 fps. Pengaturan ini dilakukan agar Anda bisa lebih maksimal ketika merekam layar pada laptop.
  • Lihat pada bagian bawah tampilan menu terdapat tulisan Play. Klik tanda panah yang terdapat di sebelah tulisan Play kemudian pilih Convert.
  • Pada halaman Convert, Anda bisa mengatur tempat penyimpanan file yang diinginkan. File rekaman yang diambil akan tersimpan sesuai dengan lokasi yang Anda tentukan sendiri. Klik tombol Browse kemudian pilih lokasi yang diinginkan.
  • Jika sudah menentukan lokasi penyimpanan, Anda bisa langsung klik Start untuk mulai merekam. Secara otomatis maka rekaman layar akan langsung berjalan. Untuk menghentikannya Anda bisa klik Stop Recording. Setelah selesai Anda bisa melihat hasilkan di lokasi folder yang sudah Anda tentukan sebelumnya. Anda juga bisa mengatur jenis format file yang diinginkan sebelum menyimpannya.

Baca juga: Cara melihat password wifi di laptop

2. Cara Merekam Layar Laptop Menggunakan Microsoft Steps Recorder

Cara merekam layar laptop
Cara merekam layar laptop | Sumber Image: youtube.com

Memang banyak sekali software tambahan yang bisa Anda gunakan untuk menerapkan cara merekam layar laptop dengan lebih mudah. Namun seiring perkembangan teknologi, Anda tidak perlu lagi repot untuk menginstall software tambahan karena Windows saat ini sudah melengkapi fiturnya dengan lebih lengkap. Salah satunya adalah Microsoft Steps Recorder ini.

  • Aplikasi ini digunakan untuk merekam aktifitas pada layar laptop Anda. Fitur ini bisa dibilang cukup sederhana karena memiliki user interface yang bagus dan mudah dimengerti. Salah satu manfaat yang diberikan oleh fitur ini adalah bisa merekam cuplikan layar secara lebih detail termasuk click pada mouse.
  • Agar lebih memahaminya, berikut simaklah cara merekam layar menggunakan Steps Recorder di bawah ini.
  • Tekan tombol start atau menggunakan fitur Run untuk memudahkan Anda untuk mencari Steps Recorder. Untuk menggunakan fitur Run Anda bisa tekan tombol WinKey+R.
  • Kemudian pada kolom pencarian ketikkan psr, kemudian akan muncul beberapa file yang terkait. Klik Steps Recorder untuk membukanya. Tampilan jendela fitur ini terbilang cukup kecil sehingga mungkin tidak terlihat. Namun jika memperhatikannya dengan baik maka Anda bisa melihatnya dengan jelas.
  • Untuk mulai merekam layar, Anda bisa menekan tombol Start Record. Secara otomatis fitur ini akan merekam semua aktivitas yang Anda lakukan pada layar laptop.
  • Untuk mengakhiri proses rekaman, Anda bisa klik tombol Stop Record. Secara otomatis maka file akan tersimpan dan jendela review akan otomatis muncul. Anda bisa menonton hasil rekaman layar terlebih dahulu untuk mengetahui apakah sudah sesuai dengan keinginan atau belum. Anda bisa memutuskan sendiri untuk langsung menyimpannya atau mengulang proses rekaman.
  • Jika hasil rekaman layar masih dianggap belum sesuai, Anda bisa mengulanginya dengan menggunakan tombol New Recording. Tetapi jika hasil rekaman sudah sesuai dengan keinginan, Anda bisa klik Save untuk menyimpannya.
  • Secara default hasil rekaman layar akan tersimpan dalam format .zip. Anda bisa extract file tersebut kemudian memilih format .mht untuk melihat isi hasil rekaman layar yang sudah Anda ambil dalam bentuk video.

Baca juga: Cara melihat spesifikasi laptop

3. Cara Merekam Layar Laptop Tanpa Menggunakan Software

Cara merekam layar laptop
Cara merekam layar laptop | sumber image: youtube.com

Kebanyakan pengguna mungkin terbiasa menerapkan cara merekam layar laptop dengan menggunakan software tertentu.

Namun kendalanya adalah Anda harus menginstall software tersebut terlebih dahulu dan bisa mengakibatkan memori Anda menjadi penuh. Untuk mengatasi hal tersebut Anda bisa mulai mencoba merekam layar dengan menggunakan fitur Game Bar.

Fitur ini sudah tersedia pada laptop dengan Operating System Windows 10. Sesuai namanya, fitur Game Bar dihadirkan untuk mempermudah segala aktivitas game seperti merekam video, membuat desain dan lain sebagainya. Dengan menggunakan fitur ini maka komputer akan otomatis mengoptimalkan kinerja RAM dan CPU agar sesuai.

Seiring perkembangannya, game ini dimodifikasi untuk dapat memenuhi kebutuhan pengguna untuk merekam layar komputer. Dengan adanya fitur ini Anda tidak memerlukan lagi software untuk bisa merekam layar. Bagaimana caranya menggunakan fitur Game Bar, berikut langkah-langkahnya.

  • Sebelum menggunakan fitur ini Anda harus memastikan terlebih dahulu apakah fitur Game Bar ini sudah menyala atau belum. Untuk mengeceknya Anda bisa masuk ke menu Setting kemudian pilih Gaming. Kemudian pilih aktifkan fitur Game Bar. Tunggu beberapa saat hingga fitur tersebut nyala.
  • Ketika fitur ini telah aktif, Anda bisa langsung merekam layar dengan menekan tombol WinKey+G. Akan muncul sebuah kotak dialog yang mempertanyakan apakah Anda ingin membuat fitur Game Bar. Klik checkbox yang tersedia untuk mengkonfirmasi. Perlu diingat sebelumnya jika fitur ini bisa digunakan ketika Anda berada pada salah satu aplikasi.
  • Dengan menggunakan fitur tersebut Anda bisa langsung merekam layar dengan menggunakan tombol berwarna merah.
  • Lakukan pengambilan rekaman sesuai durasi yang diinginkan. Jika rekaman dirasa sudah cukup Anda bisa tekan tombol merah kembali untuk menghentikan rekamannya. Jika toolbar menghilang saat Anda merekam layar, tekan WinKey+G untuk memunculkannya kembali.
  • Setelah proses rekaman layar selesai, maka file akan otomatis tersimpan di laptop dengan format mp4. Video ini akan masuk ke dalam folder Captures

Dengan memahami beberapa cara merekam layar laptop maka Anda bisa mendapatkan hasil yang sesuai. Anda bisa memilih salah satu dari beberapa cara yang telah dijabarkan.

Beberapa cara ini sangat mudah dilakukan bahkan untuk pemula yang belum pernah melakukannya. Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah yang telah dijabarkan dengan baik maka secara instan video rekaman layar laptop jadi.

Baca juga: Cara Instal Ulang Laptop

Leave a Comment