Cara Mengganti Password Wifi Indihome

Cara Mengganti Password Wifi Indihome Pada Beberapa Modem Terbaru 2020

Cara Mengganti Password Wifi Indihome –Tingginya kebutuhan akan WIfi, membuat banyak produsen memproduksi alat penghubung dengan internet yang satu ini.

Dari sekian banyak produk Wifi yang ada, Indihome merupakan merek yang paling banyak digunakan di Indonesia.

Namun terkadang Anda perlu mengganti password Wifi tersebut karena berbagai macam hal.Untuk itu, berikut cara mengganti password Wifi Indihome.

Cara Mengganti Password Wifi Indihome

1. Cara Mengganti Password Wifi Indihome Fiber ZTE

Cara Mengganti Password Wifi Indihome Fiber ZTE
Cara Mengganti Password Wifi Indihome Fiber ZTE / Sumber Image: bukalapak.com

Indihome telah mempercayakan perangkat Wifinya pada pihak ZTE sebagai modemnya. Hal ini dibuktikan dengan adanya dua jenis modem dari ZTE yakni seri F609 serta F660.

Jika Anda merupakan pengguna dari salah satu seri modem ZTE tersebut, maka berikut ini cara untuk mengganti password Wifi Indihome Fiber ZTE yang perlu untuk Anda ketahui.

  • Langkah pertama yang perlu Anda lakukan, yakni membuka web browser yang sudah terinstal di komputer atau laptop Anda. Selain komputer dan laptop, Anda juga dapat menggunakan smartphone. Lalu ketik alamat IP 192.18.11 pada kolom URL di browser tersebut.
  • Setelah halaman ZTE sudah terbuka, Anda perlu memperhatikan layar bagian kiri. Terdapat sebuah menu yang bernama Network. Klik pada menu Network tersebut, lalu lanjut dengan mengklik opsi Security.
  • Nantinya akan muncul sebuah halaman pengaturan yang berhubungan dengan keamanan pada Wifi yang Anda gunakan.
  • Setelah itu, Anda perhatikan pada kolom WPA Passpharse. Anda dapat mengubah password Wifi dalam kolom WPA Passphare itu.
  • Langkah yang terakhir, Anda perlu untuk menekan tombol submit untuk menyimpan password Wifi yang baru dibuat.
  • Selesai, maka password Wifi Indihome yang lama sudah diganti dengan password Wifi yang baru.

Baca juga: Cara Pasang CCTV

2. Cara Mengganti Password Wifi Indihome Fiberhome

Cara Mengganti Password Wifi Indihome FiberHome
Cara Mengganti Password Wifi Indihome FiberHome / Sumber Image: my-indihome.com

Dapat dikatakan bahwa kebanyakan pengguna Wifi Indihome menggunakan modem Fiberhome. Fiberhome ini merupakan modem asli besutan dari Indihome.

Untuk melakukan penggantian password pada jenis modem yang satu ini memang tidak sulit. Namun Anda tetap harus melakukannya dengan benar agar tidak terjadi kesalahan yang berakibat fatal. Berikut penjelasannya.

  • Tahapan pertama yang harus Anda lakukan adalah membuka web browser pada komputer ataupun laptop yang biasa Anda gunakan. Pada kolom URL, Anda perlu menuliskan alamat IP 192.168.11.
  • Ketika halaman dari Indihome sudah terbuka, maka Anda dapat memasukkan username admin serta password admin untuk melakukan log in sebagai admin.
  • Jika log in yang dilakukan telah berhasil, maka Anda akan melihat sebuah halaman konfigurasi untuk modem yang Anda gunakan.
  • Pada halaman tersebut, Anda perlu memilih menu Network yang terletak di bagian atas halaman.
  • Setelah itu perhatikan pada menu yang ada di bagian kiri layar. Pilihlah menu yang bernama Wlan setting. Lalu lanjut dengan mengklik opsi Advanced.
  • Kemudian Anda dapat mengganti password Wifi yang ada di dalam kolom Pass Phrase, lalu tekan opsi Apply.
  • Ketika Anda sudah menekan Apply, maka password Wifi dari jenis modem Fiberhome yang Anda gunakan telah berhasil untuk diubah.
  • Penggantian password Wifi ini juga dapat Anda lakukan melalui smartphone.

Baca juga: Cara Instal Printer

3. Cara Mengganti Password Wifi Indihome Modem Huawei

Cara Mengganti Password Wifi Indihome Modem Huawei
Cara Mengganti Password Wifi Indihome Modem Huawei

Selain modem berjenis ZTE serta Fiberhome, tidak sedikit pula para pengguna Wifi Indihome yang menggunakan modem besutan Huawei.

Sama halnya dengan jenis moden yang lain, Anda juga perlu melakukan penggantian password Wifi jika merasa password yang lama sudah tidak aman lagi.

Oleh sebab itu, berikut beberapa langkah yang perlu untuk Anda lakukan untuk mengganti passwordnya.

  • Langkah pertama yang perlu untuk Anda lakukan, yakni dengan membuka web browser yang ada dalam laptop maupun komputer Anda. Penggantian password Wifi ini juga dapat dilakukan dengan menggunakan smartphone.
  • Lalu tulis alamat IP 192.168.100.1 dalam kolom URL pada web browser tersebut.
  • Selanjutnya, Anda perlu melakukan log in dengan memasukkan username : telecomadmin serta password : admintelecom. Hal ini dilakukan agar Anda dapat masuk ke dalam pengaturan WIfi sebagai admin.
  • Ketika Anda sudah berhasil melakukan log in sebagai admin, maka akan terbuka sebuah halaman konfigurasi untuk modem Huawei yang Anda gunakan.
  • Setelah itu, cari dan klik pada menu yang bernama WLAN.
  • Jika Anda sudah memasuki menu WLAN, nantinya Anda akan mendapati sebuah informasi mengenai nama dari SSID beserta konfigurasinya.
  • Kemudian Anda dapat memilih SSID yang password Wifinya akan diganti. Jika sudah, maka tekan opsi Apply untuk menyimpan pengaturan penggantian password Wifi yang dilakukan.
  • Ketika proses penggantian password Wifi ini selesai dilakukan, maka semua perangkat yang semula terhubung dengan koneksi Wifi tersebut akan langsung terputus.
  • Dengan ini, maka Anda perlu untuk melakukan koneksi ulang perangkat dengan Wifi menggunakan password yang baru saja dibuat.

Baca juga: Cara Cleaning Printer

4. Cara Mengganti Password Wifi Indihome TP-Link

Cara Mengganti Password Wifi Indihome Tp-Link
Sumber Image; bukalapak.com

Tidak hanya ketiga modem ternama di atas, jenis modem TP-Link juga sering digunakan untuk menggaet koneksi dari Indihome.

Dapat dikatakan bahwa pengguna dari modem TP-Link ini juga cukup banyak.

Apabila Anda merupakan salah satu pengguna Wifi Indihome dengan modem TP-Link, maka berikut ini cara untuk mengganti password lama dengan password yang baru agar lebih aman.

  • Pertama, Anda dapat melihat IP dari modem TP-Link yang digunakan. Jika Anda tidak mengetahui alamat IP dari modem tersebut, maka dapat melihatnya pada tulisan yang ada di atas modem TP-Link.
  • Setelah itu, Anda perlu untuk membuka web browser yang melalui laptop ataupun komputer. Anda juga dapat membuka web browser melalui smartphone Anda. Lalu ketik alamat IP yang tadi ada di atas modem pada kolom URL web browser yang Anda gunakan.
  • Setelah Anda mengetik alamat IP pada kolom URL dan menekan enter, maka akan muncul sebuah kotak dialog. Dalam kotak dialog ini, Anda harus memasukan username dan juga password. Anda hanya perlu mengisikan username dan password dengan kata admin dan klik enter.
  • Nantinya Anda akan masuk ke dalam dashboard untuk Wifi Indihome yang Anda gunakan.
  • Lalu Anda perlu memilih menu bernama Interface Setup. Kemudian klik pada opsi Wireless dan SSID untuk melakukan penggantian nama dari Wifi yang Anda sediakan. Anda dapat memilih opsi Pre-Shared Key untuk mengganti password dari Wifi tersebut.
  • Apabila password Wifi sudah diganti, maka Anda dapat mengklik kotak bertulisan Save, untuk menyimpan password Wifi yang baru dibuat.
  • Setelah Anda melakukan penyimpanan password Wifi yang baru, maka semua perangkat yang terkoneksi dengan Wifi tersebut akan langsung terputus. Untuk menghubungkannya kembali, tentunya Anda perlu memasukan ulang password dengan password atau kata sandi yang baru di buat.

Baca juga: Cara Scan Di Printer

Jika Anda sudah mengetahui serta memahami cara mengganti password Wifi Indihome pada beberapa modem yang biasa digunakan di atas, maka Anda dapat langsung menggantinya ketika merasa Wifi Anda mulai tidak aman.

Akan lebih baik jika Anda melakukan penggantian password Wifi ini secara rutin untuk tetap menjaga keamanan dari Wifi Indihome yang Anda gunakan.

 

Leave a Comment