cara mengaktifkan bluetooth di laptop

2+ Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop dan Komputer |Terbaru 2020

Cara mengaktifkan bluetooth di laptop – Sahabat kali ini admin akan berbagi Informasi mengenai cara mengaktifkan bluetooth di laptop banyak dibutuhkan oleh masyarakat pada umumnya.

Agar lebih mudah untuk melakukan pengolahan data, dibutuhkan transfer file dari perangkat ke sebuah perangkat lainnya. Salah satu cara transfer file yang paling mudah dan cepat adalah melalui bluetooth.

Dengan adanya bluetooth Anda tidak perlu lagi menggunakan kabel data untuk memindahkan file yang dibutuhkan.

A. Cara Mengaktifkan Bluetooth Di Laptop

1. Cara Mengaktifkan Bluetooth Di Laptop Melalui Setting Windows

cara mengaktifkan bluetooth di laptop
Sumber image: lukecyber.files.wordpress.com

Tidak semua laptop memiliki fitur bluetooth, untuk itu Anda harus mengecek ketersediaan fitur ini sebelum menerapkan cara mengaktifkan bluetooth di laptop. Bagi Anda memiliki laptop dan sudah dilengkapi dengan bluetooth, maka Anda bisa langsung melakukan pengaturan melalui Setting Windows. Caranya adalah sebagai berikut.

  • Masuk ke bagian menu Setting yang terdapat pada laptop Anda. Tekan tombol Windows kemudian pilih Setting.
  • Pilih perangkat. Akan muncul seluruh pengaturan tentang perangkat yang bisa digunakan pada laptop Anda. Kemudian pilih bluetooth. Jika Anda kesulitan untuk menemukan menu ini, Anda bisa gunakan fitur terbaru dari Windows yaitu pencarian. Ada bisa langsung ketikkan bluetoot Maka bagian yang terkait dengan kata kunci tersebut akan dikeluarkan. Klik satu kali untuk membukanya.
  • Pada Windows versi terbaru, Anda hanya perlu menggeser icon di sebelah menu bluetooth. Jika sudah biru artinya bluetooth sudah bisa dinyalakan. Cara yang sama bisa Anda terapkan untuk mematikan bluetooth yang sudah aktif.
  • Jika sudah aktif maka di bagian panel bawah Anda bisa melihat ada gambar bluetooth. Jika tidak menemukannya, Anda bisa klik panah ke atas untuk melihat semua semua panel yang ada.
  • Sebelum mengirim file antar perangkat, pastikan kedua perangkat sudah saling terhubung. Anda bisa melihatnya di bagian bawah bluetooth. Akan terlihat perangkat apa saja yang sudah terhubung dengan laptop Anda.
  • Jika belum terhubung, maka Anda harus menambahkan perangkat terlebih dahulu. Klik menu tambah perangkat. Kemudian pilih bluetooth. Laptop akan melakukan scanning pada device yang bluetoothnya sedang aktif. Pilih perangkat yang ingin dihubungkan.
  • Perangkap laptop akan mengirimkan kode dan Anda harus mencocokkannya dengan kode yang diterima oleh perangkat lain. Jika sudah cocok Anda bisa klik OK untuk menghubungkannya.
  • Untuk mengirim file dari laptop ke perangkat lainnya, Anda bisa klik kanan pada icon bluetooth kemudian pilih Send File. Pilih nama bluetooth yang ingin anda kirimi file kemudian klik Pilih file yang akan dikirim kemudian klik Send.
  • Untuk menerima file dari perangkat lain, Anda bisa klik kanan pada gambar bluetooth. Pilih Receive File. Kirim file melalui perangkat lain dengan nama bluetooth yang sama dengan nama laptop Anda. Tunggu beberapa saat hingga file masuk ke laptop Anda.
  • Untuk folder penyimpanan memang sudah ditentukan default oleh laptop secara otomatis. Anda bisa melihat lokasinya saat menerima file tersebut. Jika ingin mengubahnya, Anda bisa klik browse kemudian tentukan sendiri lokasi folder penyimpanan yang diinginkan. Klik Finish untuk selesai.

Baca juga: Cara merekam layar laptop

2. Cara Mengaktifkan Bluetooth Di Laptop Dengan Menggunakan Dongle Bluetooth

cara mengaktifkan bluetooth di laptop
cara mengaktifkan bluetooth di laptop | Sumber Image: laptopnesia.com

Bagi Anda yang memiliki laptop namun tidak dilengkapi dengan fitur bluetooth, bisa menggunakan Dongle Bluetooth untuk mengirim file. Dongle ini berbentuk seperti USB dan sistem kerjanya adalah Plug and Play. Anda bisa mendapatkan Dongle ini di toko online maupun di berbagai toko yang menjual perlengkapan komputer.

Dengan adanya Dongle Bluetooth ini Anda bisa menerapkan cara mengaktifkan bluetooth di laptop dengan lebih mudah. Bagi Anda yang belum memahami bagaimana cara menggunakannya, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Untuk menggunakan Dongle Bluetooth, Anda hanya perlu mencolokkannya pada port USB yang terdapat pada laptop.
  • Sistem Plug and Play yang dimiliki Dongle Bluetooth ini membuat Anda bisa langsung menggunakannya dengan mudah. Biasanya ketika Anda membeli Dongle, maka akan menerima paket berupa kotak. Di dalamnya ada sebuah CD yang bisa Anda gunakan untuk menginstall driver. Namun ada juga yang memiliki file installation langsung di USB Dongle.
  • Ketika dihubungkan, maka Anda akan langsung diminta untuk menginstall drive. Ikuti langkah-langkah yang tertera agar bisa lebih mudah untuk menginstalnya.
  • Tunggu hingga proses instalasi Dongle selesai. Jika sudah selesai artinya Dongle Bluetooth sudah bisa langsung digunakan.
  • Untuk melakukan pengaturan bagi perangkat yang ingin terhubung. Klik icon Windows yang ada di pojok kiri kemudian pilih Add a Devices. Namun jika Anda kesulitan untuk mencari menu ini Anda bisa menggunakan cara lain dengan menggunakan panel bluetooth.
  • Jika driver Dongle Bluetooth sudah terinstall, maka akan muncul panel berbentuk bluetooth. Jika tidak terlihat maka Anda bisa klik tanda panah kecil ke atas. Klik kanan pada icon bluetooth kemudian pilih Add a Bluetooth Device. Secara otomatis jendela pengaturan akan muncul.
  • Untuk menambahkan perangkat baru Anda bisa klik Tambah Device. Secara otomatis maka laptop akan mendeteksi seluruh perangkat bluetooth yang berada di sekitar. Pilih nama bluetooth yang ingin dipasang.
  • Laptop akan mengirimkan kode untuk melakukan verifikasi. Jika sesuai maka Anda bisa langsung klik OK untuk menghubungkann Jika sudah terhubung artinya device baru Anda sudah ada di daftar perangkat yang ada di bawah tulisan bluetooth.
  • Jika sudah seperti itu artinya Anda sudah bisa langsung mengirim atau menerima file dari laptop ke perangkat lain atau sebaliknya.
  • Jika Anda ingin mengirimkan file ke perangkat lain Anda bisa klik kanan pada panel bluetooth kemudian pilih Send File. Pilih nama device bluetooth yang ingin dikirim. Klik Next untuk melanjutkan kemudian pilih lokasi penyimpanan file yang ingin dikirim kemudian klik filenya. Tekan Next untuk melanjutkan. Klik Next untuk mengirim file.
  • Namun jika Anda ingin menerima file dari perangkat lain maka Anda bisa klik kanan di bluetooth dan memilih Receive File. Tunggu beberapa saat hingga file masuk. Tempat penyimpanan bluetooth biasanya sudah default di atur oleh perangkat secara otomatis.
  • Namun Anda bisa menggantinya jika ingin. Pada saat menerima file, akan langsung muncul lokasi default penyimpanan file bluetooth.
  • Jika tidak ingin mengubahnya Anda bisa klik Finish dan file akan masuk di folder tersebut. Namun jika ingin menggantinya, Anda bisa klik browse kemudian tentukan lokasi dimana Anda ingin menyimpan file tersebut. Klik Finish untuk menyelesaikan tindakan.

Baca juga: Cara melihat password wifi di laptop

Dua cara mengaktifkan bluetooth di laptop ini bisa menjadi bahan referensi bagi Anda yang ingin mengirim file melalui perangkat yang satu ke perangkat yang lainnya.

Caranya cukup mudah dan praktis, Anda hanya perlu memperhatikan langkah-langkahnya dengan baik saja agar tidak salah. Jika semua pengaturan sudah dilakukan, maka Anda bisa mengirim berbagai jenis file.

Dengan begitu Anda tidak perlu lagi bingung tentang bagaimana cara mengaktifkan bluetooth di laptop untuk berbagai keperluan.

Dalam hitungan beberapa detik saja Anda sudah bisa memindahkan file sesuai dengan kebutuhan. Penggunaan sistem tanpa kabel ini memudahkan pengguna bisa memindahkan file dari jarak yang cukup jauh.

Baca juga: Cara melihat spesifikasi laptop

Leave a Comment