Cara mempercepat kinerja laptop

Cara Mempercepat Kinerja Laptop/ Komputer Windows 7, 8, 10 Agar Maksimal Terbaru 2020

Cara mempercepat kinerja laptop dibutuhkan untuk membuat para pengguna semakin nyaman menggunakannya. Saat mengoperasikan laptop Anda mungkin sering mengalami kelambatan yang mengakibatkan Anda menjadi emosi.

Hal ini tentu membuat pekerjaan Anda menjadi lebih lama terselesaikan. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda perlu mengetahui cara mengatasinya.

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mempercepat kinerja laptop yang digunakan. Untuk itu akan dibahas beberapa cara yang bisa Anda gunakan.

A. Cara Mempercepat Kinerja Laptop

Cara mempercepat kinerja laptop
Sumber image: oketekno.com

1. Cara Mempercepat Kinerja Laptop Dengan Nonaktifkan Efek Dan Animasi Yang Digunakan

Untuk membuat tampilan laptop menjadi lebih menarik kebanyakan orang akan menggunakan efek dan animasi.

Namun hal tersebut justru akan menambah beban daya pada sistem dan bisa mengakibatkan menurunnya kinerja laptop.

Untuk mengurangi beban tersebut, Anda bisa menerapkan cara mempercepat kinerja laptop di bawah ini.

  • Pilih Start menu untuk masuk ke bagian Control Panel. Anda bisa menggunakan cara cepat dengan menekan tombol Windows+Pause/Break.
  • Pilih Advanced system settings, kemudian masuk ke bagian tab Advanced.
  • Lihat bagian Performance kemudian pilih Settings.
  • Akan muncul tab menu Visual Effect. Kemudian pilih custom agar Anda bisa melakukan pengaturan pada efek yang dibutuhkan. Kurangi efek yang dianggap tidak perlu agar laptop memiliki kinerja yang lebih baik.

Baca juga: Cara merekam layar laptop

2. Hapus Extension Atau Add-ons Yang Digunakan Pada Browser

Kinerja laptop yang menurun bisa saja disebabkan oleh Browser yang terlalu banyak menggunakan Extension atau Add-ons.

Untuk itu Anda perlu menghapus beberapa Extension yang tidak dibutuhkan. Add-ons memang seringkali diinstall untuk melengkapi kinerja sebuah Browser, namun jika terlalu banyak pun bisa membuat performa laptop menjadi menurun. Berikut cara menghapus Add-ons.

  • Buka Browser yang digunakan, misalnya saja Anda menggunakan Firefox. Pilih menu Tools kemudian pilih Add-ons.
  • Kemudian masuk ke bagian Extension.
  • Akan muncul seluruh Add-ons yang dimiliki. Anda bisa melakukan sorting pada jenis Add-ons yang sudah tidak digunakan. Klik Remove atau Uninstall untuk menonaktifkan Add-ons.
  • Restart Firefox yang digunakan untuk melihat perubahannya.

3. Nonaktifkan Program Yang Ada Di Startup

Salah satu penyebab lambatnya kinerja laptop Anda adalah karena banyaknya aplikasi yang belum tertutup dengan sempurna dan masih jalan pada bagian Startup.

Untuk itu Anda harus mematikan aplikasi yang sudah tidak digunakan untuk mengembalikan kinerja laptop. Dengan begitu maka kinerja laptop bisa pulih secara keseluruhan. Berikut caranya.

  • Untuk mematikan aplikasi di Startup Anda perlu masuk ke menu Task Manager untuk melihat aplikasi apa saja yang masih aktif. Tekan CTRL+Shift+Esc untuk lebih cepat masuk ke menu Task Manager.
  • Akan muncul beberapa pilihan menu. Masuk ke bagian menu Startup. Seluruh aplikasi yang sedang berjalan akan muncul pada menu tersebut.
  • Pilihlah aplikasi yang ingin dimatikan kemudian klik kanan. Pilih Disable untuk menonaktifkannya.

Baca juga: Cara melihat password wifi di laptop

4. Cara Mempercepat Kinerja Laptop Dengan Custom Virtual Memory

Virtual memory bisa berperan sebagai salah satu cara mempercepat kinerja laptop yang patut dicoba. Meskipun memiliki ukuran yang tidak sebesar RAM, namun virtual memory bisa memberikan ruang yang lebih lega bagi laptop untuk bekerja, hal inilah yang membuat kinerja laptop bisa meningkat.

Untuk mengatur ukuran virtual memory yang ingin digunakan, simak cara berikut.

  • Masuk ke bagian menu Control Panel dengan menggunakan fitur Run. Tekan Windows+R kemudian ketikkan Control Panel untuk mencari menu ini secara lebih mudah.
  • Akan muncul menu Control Panel kemudian pilih bagian System and Security. Pilih System.
  • Cara lain yang lebih cepat untuk masuk ke menu Control panel adalah dengan menggunakan Windows+Pause/Break. Kemudian pilih Advanced system settings.
  • Akan muncul dialog box System Properties. Masuk pada menu Advanced kemudian pilih tombol Settings yang ada pada bagian Performance.
  • Kemudian akan muncul dialog box lagi dan pilih masuk ke menu Advanced. Pilih Change pada bagian virtual memory.
  • Uncheck pada bagian Automatically manage paging file size for all drivers. Pilih Customize Size untuk bisa menentukan sendiri ukuran virtual memory yang diinginkan. Klik Set kemudian klik OK untuk mengkonfirmasi perubahan.

Baca juga: Cara melihat spesifikasi laptop

5. Menggunakan Performance Monitor

Windows 10 saat ini sudah dilengkapi dengan fitur baru yang disebut dengan Performance Monitor. Fitur ini berfungsi untuk memantau kinerja laptop secara real time.

Dalam rinciannya, fitur ini akan menampilkan rincian sistem dan informasi mengenai perangkat keras yang tersedia. Dari fitur ini akan terlihat jelas bagaimana performance laptop yang sebenarnya.

Anda akan melihat data berupa grafik yang bisa menunjukkan apakah laptop dalam kondisi bagus atau tidak.

Jika performance dianggap menurun maka Anda bisa menghapus beberapa aplikasi yang tidak digunakan untuk meningkatkan kembali kinerjanya, berikut cara untuk menggunakan performance monitor.

  • Pada bagian Start menu ketikkan Performance Monitor. Selain cara ini Anda juga bisa menggunakan fitur Run dengan cara tekan tombol Windows+R.
  • Akan muncul beberapa pilihan menu kemudian pilih Report. Masuk ke bagian Systems kemudian pilih System Diagnostics

Baca juga: Cara Instal Ulang Laptop

6. Cara Mempercepat Kinerja Laptop Dengan Uninstall Bloatware

Windows memiliki beberapa aplikasi bawaan yang biasa dikenal dengan Bloatware. Beberapa aplikasi ini akan langsung ada tanpa Anda install terlebih dahulu.

Namun terkadang beberapa aplikasi bawaan ini sebenarnya tidak dibutuhkan oleh pengguna dan justru memakan ruang memori terlalu banyak. Hal inilah yang mengakibatkan laptop menjadi lambat.

Sebagai cara mempercepat kinerja laptop, Anda harus menghapus aplikasi Bloatware yang tidak dibutuhkan agar ruang memori bisa semakin lega. Bagaimana caranya, simaklah uraian berikut ini.

  • Masuk ke Control Panel dengan menggunakan cara cepat yaitu tekan Windows+R atau yang dikenal sebagai fitur Run.
  • Kemudian pada bagian Control Panel pilihlah menu Programs. Pilih Program and Features untuk melihat aplikasi apa saja yang terpasang di laptop Anda.
  • Anda harus memilih mana aplikasi yang diperlukan dan mana yang tidak diperlukan. Untuk menghapusnya, Anda bisa klik aplikasi tersebut kemudian klik kanan. Pilih Uninstall/Change. Proses penghapusan akan berlangsung dengan cepat. Lakukan cara yang sama untuk jenis aplikasi yang lainnya.

Baca juga: Cara Download Film Di Laptop

7. Cara Mempercepat Kinerja Laptop Dengan Mengaktifkan Hibernate Mode

Mode hibernate digunakan untuk mematikan sementara kinerja laptop. Dalam artian mode ini akan menyimpan seluruh kegiatan yang terakhir dilakukan sebelum waktu hibernate.

Kemudian laptop akan mati dalam kurun waktu yang sudah ditentukan melalui mode hibernate. Saat menyala kembali seluruh kegiatan terakhir laptop masih tersimpan seperti sebelumnya.

Cara mengaktifkan mode hibernate sangatlah mudah sekali. Bagi Anda yang belum memahaminya bisa menyimpan langkah di bawah ini.

  • Tekan tombol Windows+i untuk bisa masuk ke menu Pengaturan dengan lebih cepat. Kemudian pilih menu System.
  • Akan muncul beberapa pilihan menu kemudian pilih bagian Power & Sleep. Setelah itu pilihlah bagian Additional Power Settings dan pilih Power Option. Anda bisa mengaktifkan mode hibernate dengan menentukan intervalnya sesuai dengan keinginan. Anda akan diminta untuk menentukan sendiri jadwal kapan laptop akan mati dan menyala.
  • Klik Save Changes untuk memastikan Anda ingin mengaktifkan mode hibernate.

Untuk bisa mengatasi laptop yang lambat Anda bisa memilih salah satu cara mempercepat kinerja laptop yang sudah dijabarkan.

Jika salah satu cara tidak mempan, Anda bisa mencoba cara yang lainnya hingga laptop terasa berbeda dan memiliki kinerja yang lebih cepat. Dengan begitu Anda tidak perlu lagi mengeluh tentang laptop yang lambat.

Seluruh pekerjaan Anda juga bisa selesai dengan lebih cepat. Pastikan laptop Anda bersih dari sampah-sampah seperti berkas yang sudah dihapus atau aplikasi yang tidak digunakan.

Bersihkan recycle bin untuk memastikan semua file terhapus dengan sempurna. Anda juga bisa menghapus beberapa aplikasi yang tidak dibutuhkan untuk memperbesar memori dan RAM.

Baca juga: Cara Download Aplikasi Di Laptop

B. Tutorial Mempercepat Kinerja laptop 100% Work

Leave a Comment