Cara Memperbaiki Keyboard Laptop

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Dengan Mudah Yang Error Terbaru 2020

Cara Memperbaiki Keyboard – Dapat dikatakan bahwa keyboard merupakan salah satu hardware yang memiliki peran penting dalam sebuah laptop. Akan tetapi, keyboard juga rentan terhadap kerusakan karena sering digunakan. Kerusakan pada keyboard ini dapat dikarenakan oleh berbagai macam hal. Maka dari itu, berikut ini cara memperbaiki keyboard laptop yang perlu untuk Anda ketahui.

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Atau Komputer

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop
pexels.com

1. Cara Memperbaiki Keyboard Dengan Merestart Laptop

Cara Memperbaiki Keyboard
pexels.com

Apabila keyboard pada laptop Anda tiba-tiba mengalami kerusakan dan tidak bisa ditekan, maka cara memperbaiki keyboard laptop pertama yang dapat Anda lakukan adalah dengan merestart laptopnya.

Tindakan yang satu ini bisa  dilakukan sebelum tindakan lain, karena restart mampu memperbaiki masalah dalam sistem operasi secara cepat dan langsung. Berikut ini penjelasannya.

  • Pertama arahkah kursor mouse ke menu berlogo Windows.
  • Setelah itu, klik pada tanda panah disamping perintah “shutdown”. Nantinya akan muncul beberapa opsi lain.
  • Pilih opsi “restart” untuk melakukan restart ulang pada laptop.
  • Apabila beberapa langkah di atas gagal, maka Anda bisa menekan tombol power selama kurang lebih 40 detik hingga laptop Anda mati.
  • Kemudian cobalah untuk menghidupkan kembali laptop tersebut.
  • Jika keyboard masih tetap bermasalah, maka Anda dapat mencoba cara yang berikutnya.

Baca juga: Cara Membuka WA Di Laptop

2. Memperbaiki Keyboard Dengan Memeriksa Num Lock

Cara Memperbaiki Keyboard
optolov.ru

Masalah yang terjadi pada keyboard, terkadang juga dapat dikarenakan oleh tindakan pemakainya sendiri. Salah satunya adalah Num Lock yang aktif dikarenakan Anda telah menekan kombinasi tombol tertentu.

Ketika Num Lock aktif, biasanya karakter yang akan keluar berbeda dengan yang ada pada keyboard. Untuk itu, berikut cara menanganinya.

  • Perhatikan karakter pada keyboard, dan silahkan Anda tekan kombinasi antara tombol “NumLk” dan “Fn” secara bersamaan.
  • Selain itu pada beberapa jenis laptop tertentu, Anda juga dapat menekan kombinasi tombol “Caps Lock” dan “NumLk” untuk mematikan Num Lock yang masih aktif.

Baca juga: Cara Kalibrasi Baterai Laptop

3. Masalah Pada Driver Keyboard

Cara Memperbaiki Keyboard
driverwhiz.com

Penyebab dari masalah pada keyboard laptop juga dapat disebabkan oleh drivernya. Biasanya hal ini dikarenakan Anda menginstal software pihak ketiga, terkena serangan virus, dan lain sebagainya. Dengan ini, maka driver dari keyboard laptop Anda akan terganggu dan terjadi masalah hingga tidak bisa digunakan dengan semestinya. Berikut ini, cara untuk mengatasi masalah tersebut.

  • Tahapan pertama, silahkan Anda membuka Device Manager lalu perhatikan bagian keyboard.
  • Apabila dalam bagian tersebut terdapat sebuah segitiga dengan warna kuning, maka dapat dipastikan bahwa terjadi masalah dalam driver keyboard tersebut.
  • Untuk mengatasi masalah pada driver ini, Anda dapat mendownladod driver keyboard yang terbaru khusus untuk laptop yang Anda gunakan.
  • Setelah driver didownload, maka Anda hanya perlu menginstalnya saja dan masalah tersebut dapat teratasi.

4. Melakukan System Restore

Melakukan system restore ini, merupakan salah satu cara untuk menangani masalah pada keyboard setelah Anda menginstal aplikasi tertentu. Maka dari itu, Anda perlu untuk memastikan bahwa masalah tersebut terjadi karena adanya aplikasi baru yang diinstal. Jika Anda sudah yakin soal akar dari masalah ini, maka berikut ini langkah-langkah untuk melakukan system restore.

  • Langkah pertama, Anda perlu melakukan back up data terlebih dahulu karena System Restore ini akan menghapus beberapa data yang mungkin Anda butuhkan.
  • Kemudian buka Start Menu, lalu klik bagian kolom “search” dan ketik “Recovery” (khusus untuk Windows 7 dan Windows 8). Selain itu, klik Start lalu All Programs, kemudian “Accesories”, “System Tools”, dan pilihlah “System Restore” (khusus untuk Windows XP).
  • Dengan System Restore ini, maka laptop Anda akan berada pada kondisi di saat belum menginstal aplikasi yang mengganggu keyboard tersebut.

Baca juga: Cara Mengunci Folder Di Laptop

5. Membersihkan Debu dan Kotoran

Cara Memperbaiki Keyboard
dewailmu.id

Salah satu penyebab dari masalah pada keyboard laptop yang sering dialami, adalah adanya debu dan kotoran di sela-sela tombol keyboard tersebut.

Debu dan kotoran yang terselip ini, akan menutupi komponen keyboard yang lain sehingga tidak bisa digunakan secara normal. Oleh sebab itu, berikut ini cara memperbaiki keyboard laptop dengan membersihkan debu dan kotoran di sela-selanya.

  • Miringkan atau balikkan laptop dengan kemiringan antara 45 hingga 75 derajat sambil menggoyangkannya.
  • Setelah itu, Anda juga harus menggunakan pembersih untuk keyboard yang khusus. Pembersih ini biasanya berupa vacum kecil yang berguna untuk menyingkirkan debu.
  • Jika keyboard tidak berfungsi karena basah, maka Anda juga harus mengeringkan dan membersihkan bagian-bagian di dalamnya.
  • Lepas semua tombol yang ada pada keyboard. Lalu gunakan cotton buds atau kain halus yang telah diberi alkohol untuk membersihkan papan sirkuitnya. Akan tetapi jika Anda merasa kurang yakin untuk melepaskan tombol-tombol pada keyboard ini, maka sebaiknya Anda menggunakan bantuan dari orang yang sudah ahli agar tidak terjadi kesalahan tambahan.

Baca juga: Cara Membuat Hotspot Di Laptop

6. Cara Memperbaiki Keyboard Dengan Melepas Baterai Laptop

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop
kupastekno.com

Meskipun terbilang sederhana, namun telah banyak yang membuktikan bahwa masalah pada keyboard laptop dapat ditangani dengan melepas baterai laptop tersebut. Dengan melepas baterai laptop ini, maka keyboard pada laptop Anda akan mampu bekerja seperti sedia kala. Jika Anda masih ragu untuk melakukannya, maka dapat mengikuti penjelasan sebagai berikut ini.

  • Pertama, Anda perlu mematikan laptop dengan menekan perintah “Shut Down”.
  • Setelah laptop mati, maka lepaskan baterai laptop dan adaptor yang menempel. Tunggu selama kurang lebih 1 menit.
  • Kemudian tekan tombol power pada laptop dan tahan selama 50 hingga 60 detik.
  • Masukkan kembali baterai laptop tersebut.
  • Nyalakan laptop kembali seperti biasanya.

7. Memastikan Bahwa Pengaturan Keyboard Adalah “QWERTY”

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop
pexels.com

Jika masalah pada keyboard berupa posisi karaketer yang tertukar, maka Anda dapat mengecek pengaturan pada layout karakter pada keyboard. Jika Anda tidak tahu cara untuk melakukannya maka tidak perlu khawatir. Berikut ini beberapa tahapan yang dapat Anda lakukan untuk mengatur layout karakter pada keyboard laptop.

  • Tahapan pertama, Anda perlu untuk membuka Start Menu.
  • Setelah itu, klik pada opsi “Control Panel”. Lalu pilih opsi “Region and Languages”.
  • Lalu klik pada tab yang bernama “Keyboard and Languages”.
  • Klik pada opsi bertulisan “Change Keyboard”.
  • Tahapan selanjutnya, Anda akan disuguhkan dengan beberapa pilihan mengenai bahasa. Jika Anda menggunakan pilihan bahasa “English (US)”, maka pastikan pula Anda memilih tata layout keyboard “US”.

Baca juga: Mengembalikan File Yang Terhapus

8. Mengganti Tombol Keyboard Laptop dengan yang Baru

Jika semua cara di atas tidak berhasil, maka tidak ada cara memperbaiki keyboard laptop selain dengan mengganti tombol keyboard laptop dengan yang baru. Akan tetapi cara ini cukup riskan jika tidak dilakukan dengan benar. Namun jika Anda sudah yakin bisa melakukannya, maka dapat mengikuti beberapa langkah berikut ini.

  • Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah membeli set keyboard yang sesuai dengan keyboard pada laptop yang Anda gunakan.
  • Setelah itu, buka penutup bagian bawah keyboard.
  • Lakukan pengangkatan tombol keyboard lama dan pemasangan tombol keyboard yang baru dengan hati-hati.
  • Jika sudah, maka pasang kembali tutup atau casing laptop bagian bawah keybaord dengan benar.

Dengan mengetahui dan memahami beberapa cara memperbaiki keyboard laptop di atas, maka Anda dapat mencobanya jika suatu saat keyboard pada laptop yang Anda gunakan memiliki masalah.

Namun apabila Anda masih ragu untuk melakukannya sendiri, maka sebaiknya meminta bantuan pada orang yang sudah ahli dalam bidang tersebut.

Baca juga: Cara Download Lagu Di Laptop

Leave a Comment