Cara Memindahkan Foto dari Iphone ke Laptop

Cara Memindahkan Foto Dari iPhone Ke Laptop Windows 8, 10. Anti Gagal

Cara Memindahkan Foto dari Iphone ke Laptop – Bagi yang menggunakan iPhone dan belum tau bagaimana cara memindahkan foto dari iPhone ke laptop, silakan simak beberapa cara mudah ini.

Salah satu alasan banyak orang ingin memindahkan foto atau video dari handphone ke laptop adalah keterbatasan memori yang dimiliki. Misalnya saja ketika selesai jalan-jalan semingguan, sudah pasti memori handphone akan penuh foto liburan.

Memindahkan foto dari iPhone ke laptop tentunya berbeda dengan cara memindahkan foto android ke laptop. Cara-cara di bawah ini bisa digunakan untuk memindahkan banyak foto dan vidio ke laptop dan anti gagal.

Terutama bagi Anda yang baru mengganti handphone berbasis android menjadi iPhone, pastinya cara ini akan sangat membantu.

A. Cara Memindahkan Foto dari Iphone ke Laptop

Cara Memindahkan Foto dari Iphone ke Laptop

1. Memindahkan Foto iPhone Melalui Aplikasi Bawaan Laptop

Cara pertama yang bisa dilakukan oleh Anda yang menggunakan iPhone untuk memindahkan foto adalah melalui aplikasi bawaan laptop.

Cara ini bisa digunakan untuk laptop yang menggunakan sistem operasi Windows 10 yang dihubungkan ke iPhone. Alat yang diperlukan juga sangat mudah yaitu cukup menyiapkan kabel data iPhone milik Anda.

  • Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan mengubungkan kabel data bawaan iPhone ke laptop secara langsung. Nantinya akan muncul pop up untuk mengkonfirmasi agar perangkat laptop boleh mengakses foto dan video yang berada di dalam iPhone. Cara konfirmasi sangat mudah yaitu dengan menekan Allow pada menu pop up yang muncul tersebut.
  • Anda selanjutnya dapat membuka aplikasi bawaan dari laptop yaitu foto /photos. Agar lebih mudah Anda bisa langsung menuju menu pencarian dan mengetik Photos. Secara otomatis aplikasi photos ini akan muncul dan bukalah aplikasi tersebut. Setelah berada di dalam aplikasi silahkan klik Import lalu pilihlah From a USB Device.
  • Selanjutnya akan masuk ke dalam semua foto dan video yang berada di dalam iPhone milik Anda. Silakan memilih beberapa foto dari iPhone yaitu foto-foto yang akan dipindahkan ke dalam laptop dan tekan Import Selected.
  • Setelah proses selesai maka foto atau vidio yang akan Anda pindahkan tersebut akan langsung masuk ke dalam penyimpanan leptop. Anda bisa melihat foto dan vidio tersebut dengan mencari folder Pictures yang biasanya terdapat pada Windows Explorer.

Baca juga: Cara mempercepat kinerja laptop

2. Memindahkan Foto iPhone Melalui Windows Explorer

Cara memindahkan foto dari iPhone ke laptop yang kedua adalah menggunakan Windows Explorer. Cara kedua ini juga cukup mudah dan simple meski dilakukan bagi Anda yang baru beralih dari android dan menggunakan iPhone.

Berikut empat langkah simple yang bisa diikuti untuk memindahkan foto dari iPhone ke dalam penyimpanan laptop Anda.

  • iPhone dihubungkan ke laptop menggunakan kabel iPhone yang juga bawaan ketika membeli seperangkat handphone bermerek iPhone. Selanjutnya akan muncul menu pop up pada iPhone yang mengajukan pertanyaan agar akses laptop boleh dilakukan. Akses ini bisa untuk video dan foto, caranya tekan pilihan Allow.
  • Bukalah windows explorer pada laptop, caranya klik tulisan This PC yang berada pada bagian sebelah kiri. Lanjutkan dengan mengklik sebanyak dua kali pada drive yang memiliki tulisan Apple iPhone. Langkah ini mirip seperti ketika Anda akan memindahkan data atau foto dari flashdisk ke dalam penyimpanan laptop.
  • Buka folder Internal Storage untuk masuk ke dalam penyimpanan iPhone Anda, lalu temukan dan buka folder bernama DCIM. Anda akan melihat banyak folder-folder yang berisi foto dan video dari memori iPhone (..APPLE). Anda bisa memindahkan folder yang berisi foto atau memilih beberapa foto yang akan dipindahkan ke penyimpanan laptop.
  • Copy folder atau beberapa foto yang akan dipindahkan ke dalam laptop dari iPhone. Lakukan paste pada folder yang berada di dalam laptop dan secara otomatis foto atau video akan berpindah ke dalam laptop.

Baca juga: Cara merekam layar laptop

3. Memindahkan Foto iPhone Melalui Google Photos

Google Photos adalah sebuah aplikasi gratis pada Apple Store di iPhone. Download aplikasi dan instal agar bisa memindahkah foto dari iPhone ke laptop.

Buka aplikasi Google Photos dan izinkan aplikasi untuk mengakses foto dan video dengan cara klik Allow. Lakukan backup & sync foto dan video yang berada dalam memori iPhone ke dalam aplikasi Google Photos tersebut.

  • Bukalah browser pada leptop yang telah terhubung ke jaringan internet, bisa menggunakan Chrome atau Firefox. Lalu silahkan Anda kunjungi laman Google Photos.
  • Setelah masuk ke laman tersebut maka Anda akan melihat banyak foto dan video yang berada dalam iPhone. Pilihlah beberapa foto atau video yang akan Anda pindahkan ke dalam penyimpanan laptop, selanjutnya klik Download.
  • Setelah proses download selesai dilakukan maka foto yang telah dipilih tersebut akan langsung masuk ke dalam laptop Anda. Cara yang satu ini sangat mudah namun membutuhkan jaringan internet yang terhubung ke laptop ketika proses berlangsung.

Baca juga: Cara melihat password wifi di laptop

4. Memindahkan Foto iPhone Melalui Google Drive

Anda juga bisa menggunakan Google Drive untuk memindahkan foto dari iPhone ke dalam penyimpanan laptop.

Cara satu ini juga diperlukan aplikasi tambahan yaitu Google Drive yang bisa di download dari Apple Store.  Berikut beberapa cara singkat yang bisa dilakukan untuk memindahkan foto iPhone menggunakan aplikasi Google Drive.

  • Aplikasi Google Drive ini bisa di download lalu di instal langsung ke dalam iPhone dengan gratis.
  • Selanjutnya Anda akan login, dalam tahap ini login membutuhkan alamat Gmail Anda. Pastikan alamat Gmail tersebut benar dan masih aktif agar login berhasil.
  • Bukalah gallery yang terdapat dalam iPhone untuk memilih foto-foto yang akan dipindahkan ke dalam penyimpanan laptop.
  • Selanjutnya foto yang telah dipilih tersebut langsung dilakukan proses Upload, maka foto akan masuk ke dalam aplikasi Google Drive.
  • Masuklah ke dalam laman Google Drive melalui browser di laptop yang Anda gunakan.
  • Anda bisa melakukan proses login agar dapat masuk menggunakan alamat Gmail yang sama dengan di iPhone.
  • Selanjutnya akan muncul foto yang telah di upload sebelumnya, lalu Anda bisa mulai mendownload foto-foto tersebut.

Baca juga: Cara melihat spesifikasi laptop

5. Memindahkan Foto iPhone Melalui iCloud Photos

Cara memindahkan foto dari iPhone ke laptop yang terakhir adalah menggunakan iCloud Photos. Langkah awal yang dilakukan adalah dengan mengaktifkan iCloud Photos Library di dalam Setting.

Bukalah setting yang dilanjutkan dengan mengklik menu Photos dan mengaktifkan iCloud Photos. Setelah proses selesai, Anda bisa melanjutkan beberapa cara lanjutan berikut.

  • Masuklah ke dalam situs iCloud Photos menggunakan browser pada laptop terlebih dahulu.
  • Untuk memindahkan foto, Anda bisa login menggunakan akun yang sama seperti pada akun iCloud Photos di iPhone.
  • Lanjutkan dengan memilih beberapa foto yang akan dipindahkan lalu proses dengan Download.
  • Secara otomatis penyimpanan foto yang di download dari menggunakan iCloud Photos tersebut akan berhasil ke dalam leptop milik Anda.

Baca juga: Cara Instal Ulang Laptop

Dari beberapa cara di atas Anda bisa memilih satu cara yang paling mudah dan bisa dimengerti untuk dilakukan. Menyimpan foto pada laptop juga sangat bermanfaat ketika handphone mengalami kerusakan atau terserang virus berbahaya.

Cara memindahkan foto dari iPhone ke laptop windows 8, cara memindahkan foto dari iPhone ke laptop windows 10, cara memindahkan foto dari iPhone ke laptop itunes, cara memindahkan foto dari iPhone ke laptop asus, dll.

Leave a Comment