Membuat Aplikasi Android

Cara Membuat Aplikasi Android Secara Online Menggunakan iBuildApp Terbaru 2020

Cara Membuat Aplikasi Android – Peran perangkat Android terasa semakin besar hari-hari ini. Hal ini sangat terasa dari banyaknya perangkat elektronik yang mulai beroperasi dengan memanfaatkan aplikasi pada sistem yang satu ini.

Terkadang aplikasi yang terdapat di Play Store tidak sesuai dengan ekspektasi pengguna. Lalu bagaimanakah solusinya? Salah satunya adalah dengan membuat aplikasi Android sederhana.

Berikut pembahasan mengenai cara membuat aplikasi Android.

Cara Membuat Aplikasi Android

Cara Membuat Aplikasi Android
Cara Membuat Aplikasi Android / Sumber Image: jurnalnews.id

A. Android dan Aplikasinya

Android sebagai suatu sistem operasi piranti lunak mulai dikembangkan oleh Andy Rubin di tahun 2003.

Pada tahun 2017 silam tercatat ada sebanyak 73 persen pengguna perangkat seluler yang mengunakan sistem operasi Android.

Angka tersebut tentu saja menaikkan minat begitu banyak pihak melek teknologi untuk berlomba-lomba membuat berbagai macam aplikasi pada sistem operasi ini.

Aplikasi pada Android dikenal cukup ringan dan sangat bermanfaat dibandingkan aplikasi pada sistem operasi lainnya.

Selain itu, Android juga dikenal sebagai sistem operasi yang cukup mudah untuk dikembangkan dan diutak-atik.

Itulah sebabnya begitu banyak pihak baik perseorangan maupun korporat besar memanfaatkannya untuk menghasilkan aplikasi yang dapat memudahkan pekerjaan manusia.

Baca juga: Cara Root Android

B. Konsep Membuat Aplikasi Android

Pada dasarnya, cara membuat aplikasi Android juga mengaplikasikan konsep dasar seperti pada cara membuat hal lainnya.

Maksudnya adalah ada beberapa langkah dasar yang perlu dilakukan dalam proses pembuatannya. Perbedaanya dengan pembuatan hal lainnya hanyalah terletak di segi teknisnya.

Untuk lebih memahaminya, berikut adalah langkah dasar yang harus ditempuh:

  • Tentukan Jenis Aplikasi yang Akan Dibuat

Langkah dasar yang pertama adalah menentukan jenis aplikasi apa yang ingin dibuat. Hal ini sangat penting karena akan menjadi landasan dan alasan dibalik pembuatan suatu aplikasi.

Anda dapat mulai mencoba menelaah berbagai jenis masalah yang ada di sekitar untuk men-trigger suatu alasan agar tercipta suatu aplikasi yang akan memecahkan masalah tersebut.

Sebagai contoh, aplikasi Go-Jek hadir dengan pemikiran bahwa proses keluar rumah untuk membeli makanan adalah hal yang sangat merepotkan.

Maka dibuatlah suatu aplikasi yang mempermudah hal itu sehingga terciptalah aplikasi yang kita kenal dengan sebutan Go-Jek saat ini. Pola berpikir seperti ini dapat Anda terapkan.

Setelah itu, Anda dapat melanjutkan ke tahapan berikutnya.

  • Gunakan Software yang Tepat Sesuai Kebutuhan

Setelah memutuskan jenis aplikasi apa yang akan dibuat, langkah selanjutnya adalah menentukan perangkat lunak atau software yang tepat.

Software tentunya akan berperan sangat besar dalam proses perancangan aplikasi nantinya. Sebab itu, sangat perlu untuk menyesuaikan software yang dipilih dengan jenis aplikasi yang akan dibuat.

  • Lakukan Perancangan Aplikasi

Langkah yang tidak kalah pentingnya adalah langkah perancangan aplikasi.

Pada tahapan inilah seseorang melakukan proses perancangan dari aplikasi yang diinginkannya dengan menggunakan software yang telah dimilikinya dari tahap sebelumnya.

Perancangan ini melibatkan ukuran, warna, bentuk, dan kegunaan dari berbagai aspek yang ada baik visual maupun non-visual.

Aspek visual biasanya meliputi ikon, tema, user interface atau antarmuka, dan sebagainya.

Aspek non-visual biasanya meliputi aspek audio dan aspek operasi teknis seperti bagaimana aplikasi akan beroperasi dan sebagainya.

  • Trial and Error

Perancangan aplikasi yang telah disebutkan sebelumnya tentunya memerlukan banyak proses uji coba sebelum akhirnya dapat dilepas ke pasaran.

Sejatinya trial and error membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

Sebab itu, apabila masih terdapat error, seorang pengembang aplikasi Android tidak akan membiarkan aplikasinya terlantar tanpa mendapatkan perbaikan.

Baca juga: Cara Reset Mikrotik

C. Cara Membuat Aplikasi Android Menggunakan iBuild App

Aplikasi Android ibuildapp
Cara Membuat Aplikasi Android ibuildapp

Salah satu cara yang patut dicoba untuk membuat aplikasi Android adalah dengan mengunjungi situs bernama iBuild App.

Situs ini merupakan situs yang menyediakan puluhan hingga ratusan template aplikasi menarik yang dapat langsung dipakai sebagai acuan aplikasi yang ingin dibuat.

Tidak kalah praktisnya, situs ini hadir dalam wujud aplikasi dengan nama yang sama.

Bagi Anda yang sebelumnya tidak pernah berhubungan dengan dunia rakit-merakit aplikasi, tentunya ada rasa khawatir atau bahkan minder karena tidak mempunyai kemampuan coding.

Anda tidak perlu khawatir, sebab iBuild App merupakan website yang memungkinkan Anda untuk membuat sebuah aplikasi Android online tanpa harus mengutak-atik coding seperti yang pada umumnya dilakukan saat membuat aplikasi.

Untuk mulai membuat aplikasi Android lewat situs ini, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Kunjungi https://ibuildapp.com/ lewat kolom pencarian dari browser yang Anda gunakan.
  • Pada halaman awal, klik Create an App
  • Situs ini kemudian akan membawa Anda ke halaman yang menampilkan berbagai template yang sudah tersedia dan dapat di akses. Template yang dihadirkan dikelompokkan berdasarkan jenis aplikasinya.
  • Tentukan template aplikasi yang ingin dibuat, kemudian klik Create yang berada di bawah setiap template.
  • Lakukan proses registrasi pada website. Anda dapat mengambil opsi untuk mendaftar dengan Facebook atau Sign Up with Facebook apabila Anda mempunyai akun Facebook untuk mempercepat proses registrasi.
  • Setelah menyelesaikan proses registrasi, website akan menampilkan halaman dimana Anda dapat mulai mendesain aplikasi sesuai dengan template yang Anda pilih.
  • Pada halaman ini, Anda dapat mengedit berbagai aspek di aplikasi Anda seperti layout, user interface, desain, halaman, sensibility, dan sebagainya.
  • Apabila merasa aplikasi Anda sudah terancang dengan baik, Anda dapat melakukan klik pada opsi Publish to App Store yang berada di sudut kanan atas.
  • Aplikasi yang telah Anda buat akan ditampilkan di App Store milik iBuildApp. Website ini juga menyediakan link share agar nantinya aplikasi yang telah dibuat dapat dibagikan dan didownload oleh banyak orang.

Baca juga: Cara Setting Mikrotik

Aplikasi telah selesai dibuat. Untuk mencoba aplikasi yang telah dibuat, Anda dapat mengunduh aplikasi tersebut dari App Store iBuildApp seperti yang telah dijelaskan pada tahapan sebelumnya.

Gunakan link yang muncul setelah langkah nomor 6 selesai dilakukan untuk akses cepat. Aplikasi akan otomatis terunduh dan tersimpan sebagai file .apk dalam penyimpanan internal perangkat yang sedang digunakan.

Setelah aplikasi terunduh dan tersimpan di perangkat, hal berikutnya yang dapat Anda lakukan adalah melakukan instalasi atau pemasangan aplikasi tersebut.

Hal ini dapat dilakukan dengan mudah karena Anda hanya tinggal mengetuk aplikasi yang ingin dipasang.

Namun sebelum itu Anda harus mengaktifkan opsi untuk mengizinkan pemasangan aplikasi yang berasal dari pihak ketiga. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Masuk ke dalam Pengaturan
  2. Pilih submenu Keamanan atau Security
  3. Pada opsi “izinkan aplikasi dari pihak tak dikenal”, aktifkan tombolnya hingga menyala berwarna biru atau hijau.

Setelah melakukan hal tersebut, Anda hanya perlu melakukan pemasangan layaknya pada pemasangan aplikasi-aplikasi normal lainnya.

Setelah aplikasi Anda terpasang, Anda dapat menjalankannya dan mengevaluasi bagaimana aplikasi tersebut berjalan.

Baca juga: Cara Mematikan Windows Defender

Kelancaran aplikasi, kegunaannya, desainnya, dan desainnya adalah beberapa aspek yang perlu Anda perhatikan.

Perancangan atau pembuatan aplikasi dapat Anda lakukan kembali apabila dirasa aplikasi buatan Anda sebelumnya belum cukup memuaskan.

Mengingat langkah pembuatannya yang sangat sederhana, tentunya Anda dapat kembali mengunjungi situs iBuildApp untuk merancangnya kembali.

Dengan demikian, Anda sudah menguasai salah satu cara membuat aplikasi Android secara online dengan mudah dan cepat.

Leave a Comment