cara melihat spesifikasi laptop

Cara Melihat Spesifikasi Laptop Windows 7, 8, 10 | 100% Work Terbaru 2020

Cara melihat spesifikasi laptop – Sebagian besar orang masih ada yang belum paham tentang teknologi pada laptop atau komputernya, salah satunya yaitu melihat spesifikasi perangkat tersebut. Padahal, hal ini sangatlah mudah dilakukan.

Namun, hal ini juga jarang sekali dilakukan oleh sebagian besar orang yang membeli laptop. Cara melihat spesifikasi laptop ini pun sangat mudah dilakukan dan juga penting untuk diperhatikan.

Adapun cara untuk melihat spesifikasi dari laptop atau komputer sebelum sepakat untuk membeli, memang bukanlah hal yang wajib. Namun, hal ini patut untuk dilakukan. Berikut beberapa cara melihat spesifikasi laptop dengan mudah, diantaranya:

A. Cara Melihat Spesifikasi Laptop

cara melihat spesifikasi laptop

1. Memeriksa Spesifikasi dengan Memakai Setting App

Jika Anda ingin mengetahui banyak hal mengenai konfigurasi sistem laptop Anda, setting app bisa membantu menyajikan berbagai informasi seputar perangkat keras dan juga perangkat lunak yang Anda miliki. Adapun cara melihat spesifikasi laptop bisa Anda lakukan dengan:

  • Buka Settings.
  • Klik
  • Lalu, klik About.
  • Anda bisa memeriksa OS windows versi berapa yang sudah terpasang pada laptop. Tak hanya itu, ada juga informasi lainnya seperti prosesor apa yang laptop Anda gunakan, kapasitas ram dan juga besaran hard drivenya berapa.

2. Menggunakan Informasi Sistem

Informasi Sistem bukanlah alat baru lagi pada Windows, melainkan masih tergolong salah satu cara melihat spesifikasi laptop termudah dan terbaik yang bisa Anda gunakan. Berikut vara melakukannya:

  • Pertama, silakan buka Start menu.
  • Lalu, Anda perlu mengetik msinfo32 atau System Information
  • Selanjutnya, tekan tombol Enter pada keyboard

Hardware yang ada pada komputer yang Anda punya, sebagian besar dapat Anda temukan di Informasi Sistem. Sewaktu Anda membuka informasi sistem, akan tampil berbagai informasi seperti model sistem, jenis sistem, prosesor, informasi BIOS serta ada juga tanggal update firmware terakhir, dan ukuran memori yang terpasang.

Akan tetapi, informasi mengenai kartu grafis tidak tersedia pada informasi sistem ini. Sehingga, bila hal tersebut merupakan salah satu hal yang ingin Anda ketahui, maka Anda dapat melihatnya secara singkat melalui expand pada components, lalu klik ” view”.

Tahukah Anda bahwa salah satu fitur menari dari “System Information” pada laptop atau PC Anda ialah kemampuannya dalam membuat laporan tentangspesifikasi sistem. Hal ini tentu sangat berguna apabila Anda mengalami kegagalan pada perangkat keras dan laptop/PC tidak dapat boot.

Cara melakukan generate laporan sistem spesifikasi laptop atau PC anda, silakan lakukan hal berikut:

  • Buka System Information.
  • Kemudian, silakan pilih informasi spesifikasi apa saja yang ingin Anda periksa. Misalnya, Anda ingin memeriksa System Summary, maka nantinya akan ditampilkan secara detail mengenai summary laptop atau PC anda. Namun, apabila Anda hanya perlu info mengenai kartu grafis saja, silakan pilih Display.
  • Pilih File.
  • Kemudian, klik Export.
  • Selanjutnya, silakan cari lokasi dimana Anda akan menyimpan file tersebut.
  • Berikan nama, lalu klik Save.

Baca juga: Cara Instal Ulang Laptop

3. Memakai Command Prompt

Cara melihat spesifikasi laptop berikutnya adalah dengan memakai systeminfo.exe yang notabenenya adalah perintah CMD yang dapat membantu Anda untuk bisa memperoleh informasi seputar spesifikasi laptop atau PC yang Anda miliki. Bahkan Anda juga bisa mengetahui informasi kapan OS dipasang pada laptop/PC anda.

Cara melihat spesifikasi laptop atau memeriksa informasi sistem pada laptop Anda menggunakan utilitas ini, lakukan hal berikut:

  • Silakan pilih menu Start. Setelah itu, Anda bisa cari Command Prompt pada kolom pencarian.
  • Klik kanan, silakan jalankan dengan Run as administrator.
  • Setelah itu, klik Enter:systeminfo
  • Jika sudah berhasil, nanti akan segera muncul tampilan konfigurasi mengenai hardware, informasi lengkap tentang sistem operasi, termasuk Windows, informasi update versi BIOS, memori, dan informasi lainnya.

4. Menggunakan Software CPU-Z

Perlu Anda ketahui bahwa selain menggunakan fitur bawaan dari windows, Anda juga bisa menggunakan software-software yang sudah disediakan oleh pihak ketiga seperti CPU-Z sebagai salah satu cara melihat spesifikasi laptop yang Anda miliki.

Uniknya, software ini juga menyediakan informasi seputar spesifikasi beserta proses instalasi yang cenderung lebih praktis. Berikut cara-cara melakukannya adalah sebagai berikut:

  • Sebelumnya, Anda bisa mengunduh software CPU-Z ini, kemudian silakan menginstalnya.
  • Jika proses instalasi sukses dilakukan, Anda dapat membuka software tersebut dan melihat secara detail spesifikasi dari laptop atau PC Anda, seperti informasi lengkap mengenai CPU , nama processor, hingga core speed laptop/PC Anda pada kolom CPU.
  • Jika ingin tahu tentang spesfikasi mainboard, maka Anda dapat memilih kolom main board yang terdapat pada CPU-Z.
  • Dimana pada bagian kolom type memory, nantinya Anda dapat melihat spesifikasi dari memori yang terpasang pada laptop atau PC Anda. Sedangkan, pada bagian kolom tab SPD, Anda juga dapat melihat informasi spesifikasi lengkap mengenai RAM.

Baca juga: Cara Download Film Di Laptop

5. Cara Melihat Spesifikasi Laptop – Memakai Software Speccy

cara melihat spesifikasi laptop

Selain CPU-Z, Anda juga dapat memanfaatkan software yang satu ini yaitu Speccy. Adapun software ini bisa digunakan sebagai salah satu cara melihat spesifikasi laptop yang Anda miliki. Cara penggunaanya sangat mudah dan tidak berbeda jauh dengan software lain pada umumnya. Berikut cara-cara yang perlu Anda lakukan:

  • Pertama, unduh terlebih dulu software Speccy ini via website resmi Speccy, kemudian instal software laptop atau PC.
  • Apabila proses instalasi telah berhasil dilakukan. Anda pun bisa membuka softwarenya dan melihat secara detail mengenai informasi spesifikasi CPU laptop atau PC Anda.
  • Tak hanya itu saja, Anda juga dapat melihat tab summary yang menampilkan secara rinci spesifikasi laptop yang Anda miliki baik itu tentang ram atau pun sistem operasi.

6. Cara Melihat Spesifikasi Laptop – Memakai Software DXdiag

cara melihat spesifikasi laptop

Cara melihat spesifikasi laptop berikutnya adalah salah satu cara terbaik yang juga bisa Anda gunakan untuk melihat spesifikasi laptop atau PC yang Anda punya. Berikut cara-cara penggunaannya:

  • Buka RUN atau silakan tekan tombol Windows+R pada keyboard Anda.
  • Ketik dxdiag pada kolom pencarian, jika ketemu silakan klik OK
  • Tunggulah beberapa saat, lalu akan segera tampil sebuah pop up box yang menyajikan seputar informasi perihal spesifikasi laptop yang Anda punya.
  • Berikutnya, di bagian tab system Anda akan melihat data lengkap, baik itu tentang prosesor, sistem operasi hingga ram.
  • Sedangkan untuk tab display, nantinya akan muncul tampilan informasi detail perihal kartu grafis dan semua hal yang ada kaitannya dengan layar Anda.
  • Terakhir, di bagian tab sound dan juga tab input, Anda juga bisa memeriksa informasi lengkap seputar driver dan juga input device.

Beberapa cara melihat spesifikasi laptop diatas diharapkan dapat menjadi referensi bagi Anda yang belum mengetahui cara memeriksa spek laptop. Hal ini cukup penting dilakukan guna mengetahui kapasitas kinerja dan kemampuan laptop Anda.

Cara melihat spesifikasi laptop windows 10, cara melihat spesifikasi laptop di control panel, cara melihat spesifikasi laptop windows 7, cara melihat spesifikasi laptop windows 8, cara melihat core laptop, cara melihat ram laptop, cara mengecek spesifikasi komputer, cara melihat tipe laptop, dll. Sekian Terima Kasih

Baca juga: Cara Download Aplikasi Di Laptop

Leave a Comment