Cara melihat password wifi

3 Cara Melihat Password Wifi Di Laptop/ PC Windows 7, 8, 10 Dengan Mudah

Cara melihat password wifi di laptop dibutuhkan oleh para pengguna ketika tiba-tiba melupakan apa password yang dimiliki namun ingin menghubungkan wifi pada perangkat yang lainnya. Hal ini sering terjadi karena Anda sudah terbiasa terhubung dengan wifi sehingga melupakan password yang dimilikinya sehingga terkadang lupa apa passwordnya.

Daripada harus melakukan restart pada password yang ada di router, tentu akan lebih mudah jika Anda langsung saja melihat password wifi di laptop.

A. Cara melihat password wifi

Cara melihat password wifi

1. Cara Melihat Password Wifi Di Laptop Melalui Control Panel

Cara melihat password wifi
Cara melihat password wifi | Sumber Image: berakal.com

Control Panel digunakan untuk melakukan pengaturan untuk berbagai hal yang terkait dengan kinerja sebuah laptop. Melalui menu ini Anda juga bisa melakukan pengaturan untuk koneksi atau jaringan lain yang terhubung. Cara melihat password wifi di laptop melalui Control Panel terbilang cukup mudah jika Anda memahami langkahnya dengan baik.

Untuk memahami caranya secara terperinci, Anda bisa menyimak langkah-langkah di bawah ini. Tidak diperlukan keahlian khusus untuk bisa menjalankan langkah-langkah ini. Anda hanya perlu memahaminya dengan baik.

  • Sebelum menerapkan cara ini, Anda harus terhubung dengan layanan internet wifi terlebih dahulu. Jika sudah terhubung, Anda bisa masuk ke bagian Control Panel dengan menekan tombol Windows+R. Ini merupakan fitur Run yang biasanya digunakan untuk mencari file yang sulit ditemukan.
  • Kemudian ketikan ncpa.cpl pada kolom pencarian. Klik OK untuk memulai pencarian. Jika Anda ingin menggunakan cara manual, Anda bisa klik Control Panel. Pilih Network and Internet.
  • Kemudian pilih menu Network and Sharing Center. Kemudian pilih Manage wireless networks
  • Akan muncul jaringan wifi apa saja yang sedang aktif dan jaringan wifi apa yang sedang terhubung. Klik kanan kemudian pilih Status.
  • Jendela Wifi Status akan dimunculkan. Disana Anda bisa melihat berbagai informasi terkait wifi yang sedang terkoneksi dengan laptop Anda.
  • Kemudian pilih Wireless Properties untuk melihat lebih banyak lagi informasi terkait layanan internet yang terkoneksi.
  • Akan muncul dua pilihan menu tab yaitu Connection dan Security. Untuk melihat password wifi Anda bisa memilih tab Security kemudian beri tanda ceklis pada bagian Show Characters. Password wifi akan dimunculkan pada kolom Network security key.
  • Setelah selesai Anda bisa klik OK untuk mengakhiri

Baca juga: Cara melihat spesifikasi laptop

2. Cara Melihat Password Wifi Di Laptop Melalui Command Prompt

Cara melihat password wifi
Cara melihat password wifi | Sumber Image: id.wikihow.com

Command Prompt atau yang dikenal dengan sebutan CMD merupakan menu pada Windows yang bisa digunakan untuk mengecek jaringan atau melakukan pengaturan yang berhubungan dengan jaringan. Hal tersebutlah yang membuat CMD juga bisa digunakan sebagai cara melihat password wifi di laptop.

Anda tidak perlu terhubung dengan jaringan untuk menggunakan fitur ini. Penggunaan fitur ini bisa terbilang cukup simple dan praktis. Bahkan bagi Anda yang pemula juga tidak akan menemukan kesulitan. Agar bisa lebih mengerti, berikut langkah-langkah yang bisa Anda gunakan untuk melihat password pada sebuah jaringan wifi.

  • Untuk menerapkan cara ini, Anda tidak perlu terhubung dengan wifi terlebih dahulu. Anda bisa langsung mengecek password tanpa harus terhubung. Istimewanya lagi, Anda bisa melihat semua password pada jaringan wifi yang pernah terhubung dan tersimpan.
  • Untuk membuka Command Prompt, Anda bisa menggunakan fitur Run yaitu dengan menekan tombol Windows+R.
  • Kemudian ketikkan CMD, tekan enter.
  • Jendela Command Prompt akan langsung dimunculkan.
  • Ketikkan perintah “netsh wlan show profile” pada jendela CMD. Perintah ini digunakan untuk menampilkan informasi mengenai profil wifi yang ada atau pernah Anda simpan di laptop. Tekan enter.
  • Akan muncul seluruh profile wifi yang pernah terhubung pada laptop Anda.
  • Untuk mengetahui password dari profile wifi yang Anda inginkan ketik “netsh wlan show profile [name profile yang ingin diketahui] key = clear. Contohnya adalah netsh wlan show profile namewifi key = clear. Perintah ini memiliki arti bahwa Anda ingin mengetahui password untuk profile wifi bernama namewifi. Anda bisa mengganti bagian namewifi dengan nama apapun sesuai dengan jaringan wifi yang ingin diketahui.
  • Secara otomatis password wifi dari jaringan profile yang Anda pilih tadi akan dimunculkan pada bagian Key Content.

Baca juga: Cara Instal Ulang Laptop

3. Cara Melihat Password Wifi Di Laptop Melalui Menu Network and Sharing Centre

Cara melihat password wifi
Cara melihat password wifi | Sumber Image: it-jurnal.com

Banyak sekali cara melihat password wifi di laptop yang bisa Anda gunakan dengan mudah. Salah satunya adalah menggunakan menu Network and Sharing Centre. Anda tidak perlu kesusahan mencari menu ini karena ada di bagian toolbar yang ada di bagian bawah layar laptop Anda. Bagi yang masih bingung, berikut akan dijelaskan langkah-langkahnya.

  • Arahkan kursor pada icon jaringan wifi yang ada pada layar bagian pojok kanan. Koneksikan laptop Anda pada jaringan wifi yang ingin diketahui passwordnya. Kemudian klik kanan pada icon tersebut dan pilih Open Network & Internet Settings.
  • Jendela menu tersebut akan terbuka. Di halaman tersebut Anda bisa melihat berbagai pilihan menu dan jenis pengaturan yang bisa dilakukan.
  • Masuk kebagian menu tab status. Kemudian pilih Network and Sharing Centre.
  • Akan dimunculkan jendela khusus Network and Sharing Centre. Disana Anda bisa melihat koneksi apa yang sedang digunakan pada laptop Anda. Pada bagian internet, di bawahnya akan tertulis wifi(nama wifi) artinya Anda sedang terhubung dengan jaringan wifi yang namanya ada di dalam tanda kurung.
  • Klik nama wifi tersebut maka akan muncul jendela Wifi Status. Disana Anda akan muncul seluruh informasi terkait jaringan yang digunakan bagaimana kecepatannya, berapa sinyal yang didapatkannya dan lain sebagainya.
  • Untuk melihat informasi mengenai wifi secara lebih detail, Anda bisa masuk ke bagian menu Wireless Properties. Kemudian pilih tab menu Security.
  • Perhatikan pada bagian checkbox bertuliskan show characters. Jika sebelumnya tidak ada tanda ceklis maka Anda harus mengkliknya untuk memunculkan tanda ceklis.
  • Ketika checkbox tersebut telah terceklis, maka secara otomatis Anda akan diperlihatkan password dari jaringan wifi yang digunakan. Informasi tersebut akan diperlihatkan pada bagian Network security key. Anda bisa menggunakan password tersebut untuk bisa terhubung dengan jaringan tersebut melalui perangkat lain. Jika Anda sudah berhasil selanjutnya klik OK untuk selesai. Cara ini sangat mudah dipahami dan bisa memunculkan password wifi dengan lebih cepat dan tepat.

Mengetahui informasi tentang cara melihat password wifi di laptop bisa menambah pengetahuan Anda. Jika sewaktu-waktu Anda ingin melihat password yang ada pada laptop maka bisa langsung menerapkan salah satu cara yang sudah dijabarkan di atas. Pahami langkahnya satu persatu maka Anda tidak akan sulit untuk menerapkannya.

Dengan begitu Anda tidak perlu lagi khawatir jika mengalami lupa, karena Anda sudah memiliki solusinya. Lupa memang kerap kali menjadi salah satu sifat manusia yang sulit dihindari. Untuk itu wajar saja jika terkadang Anda mengalaminya. Yang terpenting adalah bagaimana cara Anda untuk mencari solusi untuk bisa mengatasinya.

Baca juga: Cara Download Film Di Laptop

Leave a Comment