Cara Instal Windows 7

Cara Install Windows 7 (Lengkap disertai Video) Terbaru 2020

Cara Instal Windows 7 – Meski versi Windows sudah mencapai 10, tak ada salahnya untuk mengetahui bagaimana cara instal Windows 7.

Bagi para pengguna perangkat laptop dan komputer, Anda dapat melakukan instal Windows 7 dengan menggunakan usb flashdisk, hardisk dan cd.

Cara melakukan instal Windows 7 sebenarnya sama dengan cara instalasi Windows versi lainya.

Namun, bagi para pengguna komputer yang awam tentu masih belum paham dengan beberapa tahapan yang perlu dilakukan ketika melakukan cara instalasi.

Cara Instal Windows 7

Windows 7 merupakan sistem operasi dari Windows yang hingga kini masih banyak digunakan oleh para pengguna perangkat komputer atau laptop.

Salah satu alasannya adalah penggunaan user interface yang aman membuat Windows versi ini masih memikat hati banyak orang.

Apabila Anda ingin melakukan instalasi Windows 7 tanpa menggunakan CD, Anda bisa memakai flashdisk yang terlebih dahulu dijadikan sebagai perangkat untuk instalasi menggunakan software rufus.

Langkah untuk melakukan penginstalan pun sama, hanya terdpat perbedaan di bagian setting primary boot. Berikut ini langkah untuk melakukan insta Windows 7 di perangkat laptop atau komputer Anda.

Baca juga: Cara Masuk Safe Mode Windows 10

1. Setting Primary Boot Terlebih Dahulu

  • Pasang Flasdisk/CD Master ke Komputer

Apabila Anda melakukan cara instal Windows 7 dengan memakai flashdisk, hal pertama yang perlu dilakukan adalah hubungkan flashdisk pada komputer yang akan digunakan untuk instal Windows 7 tersebut.

Jika Anda menggunakan CD, CD tersebut bisa dimasukkan ke instalasi setelah melakukan setting. Anda tidak akan bisa dan tidak mungkin dapat memasukkan CD dalam kondisi laptop atau komputer mati.

  • Masuk Menu Bios

Nyalakan komputer atau laptop lalu masuk ke menu bios, caranyat tekan terus menerus tombol F2. Tidak semua perangkat komputer menggunakan cara ini, tergantung pada motherboard yang dipakai komputer Anda.

Dapat pula mengunakan tombol Esc, F10, F1 dan juga Del, di beberapa merek laptop biasanya juga menggunakan cara menekan tombol FN secara bersamaan dengan tombol F1, F2, F10, F12, ESC dan Del.

  • Pengaturan Primary Boot

Jika sudah berhasil masuk ke menu bios, Anda perlu mengatur Primary Boot pada tab Boot. Caranya, geser posisi menu pada tab Boot memakai arah, kemudian ubah boot pertama atau yang paling atas menjadi CD-ROM, bila Anda melakukan proses instalasi menggunakan CD.

Pilih USB Flashdisk jika Anda mengunanakan Flashdisk, hal ini memiliki fungsi agar komputer dihidupkan Boot pertama yang terbaca adalah CD atau flashdisk tersebut. Jika sudah, tekan tombol +/- sampai master berada di posisi paling atas.

  • Restart Perangkat

Pastikan Anda telah memasukkan CD instalasi Windows terlebih dahulu dan pada saat primary boot sudah diubah. Langkah selanjutnya adalah simpan pengaturan yang dibuat, caranya pilih Exit Saving Changes di tab menu Exit. Bisa juga dengan menekan tombol F10, jika sudah secara otomatis komputer akan melakukan proses restart.

  • Proses Instalasi

Setelah komputer selesai melakukan restart, proses booting akan muncul dengan ditandai layar akan berwara hitam dengan berisi tulisan Press any key to boot from CD or DVD. Tekan tombol apa saja pada keyboard untuk masuk proses instalasi.

Baca juga: Cara Instal Windows 10

2. Masuk Cara Instal Windows 7

  • Atur Bahasa dan waktu

Setelah Anda menekan tombol apa saja, akan muncul Windows is loading files yang merupakan tanda bahwa telah memasuki proses instalasi. Jika loading telah selesai akan muncul jendela instalasi Windows 7. Tentukan bahasa, pilih saja English dan klik Next.

  • Instal Now

Klik tombol Instal Now dan Anda akan memulai proses instal Windows 7. Anda akan memulai proses instal Windows 7 pada perangkat. Tunggu beberapa saat karena proses ini membutuhkan beberapa waktu.

  • Terima Lisensi

Jika proses instal sudah selesai, terdapat layar yang menunjukkan konfirmasi persetujuan dengan cara klik I accept the license term. Pastikan muncul tanda centang pada layar kotak persetujuan tersebut yang terdapat di sebelah kiri, jika sudah klik next.

  • Pilih Custom Advanced

Akan muncul dua opsi, pilih custom advanced jika sudah memilih ini akan muncul jendela pastisi hardisk. Di salah satu bagian atur terlebih dahulu pastisi sesuai keinginan Anda.

Hapus terlebih dahulu partisi yang berisi sistem operasi lama untuk melakukan fresh installation.

Atau cara mudahnya adalah dengan menghapus Disk o Partition 2 (Partisi C) dan Disk o Partition 1 : System Reserved.

Anda perlu berhati-hati ketika sampai dalam proses ini, jangan sampai salah menghapus partisi yang berisi data-data penting Anda.

Perintah delete maka semua file yang terdapat pada system C akan terhapus termasuk pada file yang berada di My Document. Buat Disk o Partition 2 sebagai tempat dari instalasi Windows 7, klik Next.

Pastikan cara tersebut Anda lakukan dengan benar dan tidak terdapat kesalahan dalam melakukan penghapusan partisi. Bila proses delete selesai, Anda harus memuat partisi baru dengan cara klik Unalocated partisi, klik New lalu klik OK.

  • Partisi Ruang Hardisk

Langkah selanjutnya adalah melakukan partisi hardisk, cara yang dilakukan sangat mudah yakni mpilih Drive Options (advanced), pilih New. Lalu, tentukan ukuran partisi atau drive tersebut, lalu pilih Apply.

Jika Anda sudah berhasil membuat partisi baru, lakukan instal Windows pada partisi itu. Cara melakukannya pun mudah dan tidak ribet, hanya perlu klik partisi tersebut, setelah itu klik next pada tab yang ada.

Setelah itu buat system files Windows, caranya klik OK untuk membuat file Windows biaanya disebut dengan system reserved partition. Buat dua partisi dengan cara yang sama, namun hal ini dilakukan sesuai selera Anda.

  • Pilih Lokasi Instalasi Windows 7

Pilih Disk o Partition 2 sebagai tempat untuk melakukan instalasi Windows, klik next meski Anda bebas dalam menentukan lokasi intsalan tersebut. Jika sudah, proses instalasi akan berlangsung tunggu hingga proses selesai.

Lama atau tidaknya proses instalasi berbeda-beda, tegantung di setiap komputer yang Anda gunakan. Khususnya, tergantung pada spesifikasi yang terdapat pada komputer tersebut.

Jika proses instalasi selesai, komputer atau laptop secara otomatis akan melakukan restart.

Cabut flashdisk atau CD pada saat komputer sedang melakukan restart. Jika tidak segera dicabut, maka poses akan terulang kembali. Namun, jika Anda menggunakan CD maka Anda tidak perlu mengeluarkan CD.

Windows akan menyempurnakan proses instalasi, tunggu dan biarkan saja proses berlangsung usahakan untuk tidak menekan tombol apapun. Bila proses telah selesai, komputer dengan sendirinya akan melakukan restart.

Baca juga: Cara Update Windows 10

3. Cara Instal Windows 7 di Laptop

  • Beri nama User dan Komputer.
  • Klik Next.
  • Pilih password.
  • Masukkan Product Key.
  • Klik Next.
  • Jika tidak biarkan saja, Anda bisa menggunakan Windows 7 selama 30 hari.
  • Windows update.
  • Klik Use recommended settings.
  • Atur waktu.
  • Klik Next.
  • Tentukan lokasi jaringan.
  • Klik Public Network.
  • Proses Instal Windows 7 Selesai.
  • Anda akan masuk ke dektsop komputer, inilah yang menandakan proses instalasi telah selesai.

Inilah cara instal windows 7, maupun cara instal ulang windows 7,8,10 dengan benar semoga bermanfaat.

Tutorial Instal Windows 7 Dengan Benar Untuk Pemula 100% Work

Leave a Comment