Cara instal windows 10

Cara Install Windows 10 Lengkap dengan Langkah-Langkah Praktis Terbaru 2020

Cara Instal Windows 10 – Instal ulang merupakan solusi bagi para pengguna laptop jika perangkat ini mengalami eror atau terkena virus.

Namun, tidak semua masyarakat pengguna laptop bisa melakukan instal Windows 10.

Tak perlu khawatir akan itu karena terdapat beberapa cara instal Windows 10 yang mudah untuk dilakukan, bahkan untuk orang awam sekalipun.

Pembaharuan komputer dari sistem operasi yang lama ke sistem operasi Windows yang baru diperlukan karena memiliki banyak manfaat.

Salah satu yang paling bisa dirasakan adalah para pengguna perangkat dapat menggunakan fitur yang tersedia di dalam Windows 10 yang tertanam di perangkat Anda.

Cara Instal Windows 10

1. Persiapan Instal Windows 10

Cara Instal Windows 10
Cara Instal Windows 10 / Sumber Image: bukalapak.com

Terdapat beberapa cara yang bisa digunakan untuk melakukan pembaharuan pada Windows 10, namun bagi para pemula baiknya memahami terlebih dahulu beberapa tutorialnya dengan benar sampai selesai.

Hal ini dimaksudkan agar tidak ada kesalahan saat melakukan proses instalasi Windows 10 ini, perhatian beberapa poin berikut ini.

  • Backup data penting yang terdapat pada Partisi System, pada umumnya partisi ini merupakan pastisi C. Termasuk melakukan backup pada data yang terdapat di My Document. Partisi ini nantinya dihapus dan digantikan dengan sistem operasi Windows 10 yang baru.
  • Persiapkan installer Sistem Windows, bisa dengan menggunakan DVD maupun memakai Flashdisk. Pastikan sudah diatur sedemikian rupa agar dapat terbaca sebagai drive bootable.
  • Lakukan pengaturan terhadap Primary Boot atau Boot Device Priority.
  • Ketika melakukan instalasi di laptop, ada baiknya sambungkan laptop tersebut dengan charger. Hal ini perlu dilakukan saat proses instalasi agar laptop tidak kehabisan daya.

Baca juga: Cara Aktivasi Windows 10

2. Setting Primary Boot

Jika beberapa poin di atas sudah dipersiapkan, cara melakukan pembaharuan menggunakan CD/DVD tidak jauh berbeda dengan cara instal Windows 10 menggunakan flashdisk.

Hanya saja langkah setting di BIOS yang berbeda, berikut ini tahapan yang perlu Anda lakukan untuk melakukan pembaharuan.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah melakukan setting primary boot, hal ini dikarenakan secara default komputer akan melakukan booting pertama memakai hardisk.

Untuk itu, Anda harus menggantinya terlebih dahulu agar booting pertama dilakukan dari DVD maupun Hardisk.

Baca juga: Cara Update Windows 10

3. Cara Instal Windows 10 dengan CD

  • Hubungkan CD ke Komputer

Apabila Anda melakukan instalasi menggunakan media flashdisk, Anda harus menghubungkan terlebih dahulu flashdisk yang berisi master instalasi ke komputer yang akan digunakan untuk instalasi Windows 10.

  • Masuk ke Menu BIOS

Jika sudah, nyalakan komputer lalu masuk ke BIOS, caranya tekan tombl Del secara terus menerus. Meski demikian, tidak semua laptop menggunakan cara menekan tombol ini untuk masuk ke menu BIOS.

Dikarenakan tergantung pada motherboard yang dipakai komputer tersebut, beberapa komputer juga menggunakan tombol F1, F2, F10, F12 dan juga ESC selain memakai tombol Del.

Selain komputer, merek juga memengaruhi karena beberapa merek menggunakan cara menekan tombol Fn bersamaan dengan tombol-tombol di atas.

  • Atur Primary Boot

Jika sudah masuk BIOS pilih tab menu Boot, cara menggeser memakai tombol arah yang terdapat pada keyboard.

Posisi paling atas Hard Drive, yang nantinya akan diganti dengan CD-ROM Drive atau Removable Devices jika menggunakan flashdisk. Jika sudah, masukkan DVD Installer Windows 10 jika Anda menginstal Windows 10 memakai DVD.

  • Keluar Menu BIOS

Jika langkah di atas sudah dilakukan, simpan pengaturan tersebut dengan menekan tombol F10, bisa juga dengan memilih menu Exit, pilih Save Configuration Changes.

Setelah itu pilih Yes, jika proses booting telah selesai maka secara otomatis komputer akan melakukan restart.

Baca juga: Cara Mengganti Password WiFi Speedy

4. Cara Instalasi Windows 10 Step By Step

Cara Instal Windows 10 dengan flashdisk
Cara Instal Windows 10 dengan flashdisk / Sumber Image : asdar.id
  • Tekan Tombol Sembarang

Ketika proses restart berjalan, akan muncul jendela hitam bertuliskan Press any key to boot from CD or DVD. Jika sudah, tekan tombol apapun pada keyboard untuk memulai langkah selanjutnya yakni masuk proses instalasi.

  • Pengaturan Waktu dan Tempat

Tahap selanjutnya akan memunculkan jendela Windos Setup, pengaturan bahasa dan juga waktu.

Pilih English pada bagian Language to install, pada bagian Time and currency format dirubah menjadi Indonesian atau Indonesia.

Di bagian Keyboard or input method tidak ada yang perlu diganti atau dirubah, biarkan saja secara default setelah itu klik Next dan klik Instal Now.

  • Setuju dengan Lisensi

Tahap selanjutnya akan muncul jendela persetujuan, klik I Accept the license terms sampai nantinya muncul tanda centang pada kotak jendela tersebut. Setelah itu, klik Next guna melanjutkan proses instalasi selanjutnya.

Selanjutnya pilih Custom Advance, dalam tahan ini terdapat dua tipe instalasi yang akan muncul. Anda dapat memilih pilihan Custom: Instal Windows Only (advanced). Jika sudah akan muncul partisi hardisk di komputer Anda.

  • Partisi Hardisk

Jika partisi sudah muncul, hapus partisi sistem C caranya adalah dengan klik partisi tersebut selebihnya pilih delete. Anda harus berhati-hati ketika melakukan penghapusan partisi, jangan sampai salah dalam menghapus.

Selanjutnya, buat partisi baru caranya dengan klik Unallocated Space lalu klik New. Secara otomatis akan terbentuk sebuah partisi baru, di dalam partisi tersebu akan diinstal Windows 10.

Lalu, partisi kedua dan ketiga merupakan partisi pada penyimpanan lain.

Guna memulai proses instalasi lakukan klik pada partisi baru, kemudian pilih Next. Untuk membuat system reserved partition klik OK, kemudian buat satu partisi lain dengan cara yang sama. Langkah terahir klik Apply.

  • Proses Instalasi Windows 10 Berjalan

Proses Instalasi akan berjalan jika beberapa langkah di atas sudah dilakukan dengan benar tanpa ada kesalahan satu pun. Instalasi Windows 10 memakan waktu selama 30 menit, Anda harus menunggu proses ini sampai selesai.

Apabila proses sudah selesai akan ditandai dengan secara otomatis komputer akan melakukan restart. Jika Anda menggunakan flashdisk untuk melakukan instalasi, segera cabut flashdisk tersebut dari komputer.

  • Masukkan Product Key

Ketika proses instalasi selesai akan muncuk jendela pop up product key, masukkan product key dari installer yang Anda gunakan.

Kemudian klik Next, namun jika belum memiliki product key Anda bisa mengisikan dengan cara memiliki Do this later.

Langkah selanjutnya adalah melakukan setting setelah jendela Get going fast dengan dua pilihan Customize dan Use Express setting. Pilih Use Express setting, kemudian klik I own it, jika sudah klik Next.

Setelah itu akan muncul jendela pop up berisi log in menggunakan akun Microsoft Anda, jika sudah memiliki langsung saja untuk melakukan log in. Pastikan komputer atau laptop Anda sudah terhubung dengan koneksi internet.

Langkah terakhir dari cara instal Windows 10 ini adalah jika Anda tidak memiliki akun Microsoft untuk log in, hal ini bisa dilakukan nanti dengan cara klik opsi Skip this step.

Opsi ini berada di bagian kiri bawah layar komputer atau laptop Anda.

Proses instalasi Windows 10 ditandai dengan munculnya jendela pop up dengan tulisan Windows stays up to date to help protect you in an online world.

Tunggu beberapa detik, jendela ini akan menghilang secara otomatis dan muncul tampilan home Windows 10.

Baca juga: Cara Membatasi Pengguna WiFi

Tutorial Cara Instal Windows 10 Dengan Flashdisk 100% Work

Leave a Comment