Cara Instal Ulang Laptop

18+ Cara Instal Ulang Laptop Paling Mudah Tanpa Tukang Service Komputer 2020

Cara Instal Ulang Laptop – Laptop adalah sebuah perangkat elektronik yang seringkali digunakan oleh kebanyakan orang saat ini. Adapun peran laptop dalam kehidupan sehari-hari memang sangat banyak, selain mudah dibawa kemana saja, laptop juga menghemat tempat dan waktu. Anda pun perlu mengetahui cara instal ulang laptop jika sewaktu-waktu terjadi permasalahan. Berikut ini beberapa langkah menginstal ulang laptop, diantaranya:

A. Cara Instal Ulang Laptop/ PC

Cara Instal Ulang Laptop
Sumber Image: pixabay.com

1. Back-Up Data OS yang Lama

  • Sebelum melakukan proses install ulang, ada baiknya bagi Anda untuk back-up data terlebih dahulu, khususnya untuk file-file yang disimpan pada partisi C.
  • Anda bisa memakai CD-RW, CD-R, DVD-R, DVD-RW, flash disk, atau pun harddisk sebagai tempat untuk menyimpan data backup-an Anda.
  • Agar dengan mudah menemukan file-file backup, Anda dapat membuat sebuah folder terpisah pada media penyimpanan Anda pakai.

2. Hubungkan Charger Laptop ke Sumber Listrik

  • Cara instal ulang laptop memang gampang-gampang susah dan terkadang membutuhkan waktu yang cukup lama. Oleh sebab itu, ketika proses instal ulang sedang berlangsung, Anda perlu menghubungkan charger laptop ke sumber listrik.

Baca juga : Cara Download Film Di Laptop

3. Menyiapkan Instalan Sistem Operasi yang Baru

Cara instal ulang laptop lainnya adalah Anda perlu menyiapkan perangkat instalan untuk sistem operasi yang baru. Jika Anda sudah membeli CD instalan sistem operasi sesuai laptop Anda, baik yang original maupun versi bajakan.

Akan tetapi, apabila Anda hanya memiliki soft copy dari sistem operasi laptop Anda, maka Anda perlu memakai flash disk sebagai media instalan sistem operasi Anda tersebut. Adapun untuk membuat media instalan OS dari flash disk, Anda perlu mempersiapkan barang-barang berikut:

  • Sebuah flash disk berukuran minimal 8 GB atau lebih
  • Software “burning” file image disk ke flash disk
  • Sebagai informasi, umumnya soft copy dari instalan OS berupa image disk dalam format ISO (berekstensi .iso).

4. Restart Laptop Anda

Selanjutnya, cara instal ulang laptop Anda perlu log out atau keluar dari segala kegiatan di OS lama Anda. Adapun Anda juga perlu menutup semua aplikasi yang masih terbuka pada laptop, setelah itu jangan lupa untuk menyimpan semua data yang masih dikerjakan pada sistem operasi yang lama. Jika semuanya sudah dikeluarkan dan disimpan, barulah Anda bisa me-restart laptop Anda.

5. Masuk ke BIOS Laptop Anda

  • Cara instal ulang laptop lainnya adalah usai di restart dan memunculkan logo produsen laptop, maka Anda bisa menekan tombol tertentu untuk masuk ke pengaturan BIOS. Tombol untuk masuk ke pengaturan BIOS ini sendiri bermacam-macam, tergantung produsen laptop.
  • Apabila Anda masih kebingungan, Anda dapat memilih bagian bawah layar ketika laptop Anda menampilkan logo produsen laptop.
  • Pastikan laptop Anda tidak mempunyai kendala komputer tidak bisa masuk BIOS.

6. Masukkan Media Instalan Sistem Operasi ke Laptop

  • Sebelum melakukan setting BIOS, Anda memasukkan terlebih dahulu media instalan sistem operasi laptop Anda. Apabila media instalan berupa CD atau DVD, maka Anda perlu memasukkannya ke dalam CD atau pun DVD Drive pada laptop Anda.
  • Jika media instalannya adalah flash disk, maka Anda hanya perlu menghubungkannya ke port USB yang ada di laptop Anda. Adapun pada poin ini, Anda perlu memperhatikannya secara seksama agar Anda bisa mengatur urutan boot di BIOS dan flash disk pun dapat terbaca.

7. Mengatur Urutan Boot dengan CD atau Flash Disk Menjadi Urutan Pertama

  • Di bagian setting BIOS, silakan masuk ke tab Boot atau Boot Device.
  • Lalu, pilih Boot Device Choices dan Anda perlu memilih urutan boot device. Adapun pada urutan pertama yaitu hard drive, maka Anda perlu mengubah CD atau DVD dan Flash Disk menjadi urutan pertama.
  • Apabila sudah selesai, Anda bisa menyimpan pengaturan BIOS tersebut. Kemudian, keluar dari tampilan BIOS.

8. Menekan Sembarang Tombol

  • Apabila Anda sudah log out dari tampilan BIOS dan juga logo produsen laptop sudah muncul, maka akan muncul pula tulisan “Press any key to boot from CD or DVD”. Selanjutna, Anda harus menekan sembarang tombol pada keyboard guna bisa masuk ke menu instalasi sistem operasi.

Baca juga : Cara screenshot di laptop

9. Mulai Proses Instal Ulang

  • Silakan pilih English pada pilihan Language, Indonesian (Indonesia) pada pilihan Time and currency format, serta US untuk pilihan Keyboard or input method.
  • Lalu, Anda bisa pilih Next.
  • Berikutnya, pilih Instal Now.
  • Ketika muncul tampilan ketentuan lisensi, Anda bisa mencentang “I accept the license terms” lalu silakan klik Next.

10. Klik Pilih Instal Ulang

Cara instal ulang laptop selanjutnya adalah Anda perlu mencentang Custom.

11. Klik Pilih Menu Partisi

  • Pada bagian cara instal ulang laptop ini, Anda juga akan disuruh untuk memilih di partisi mana sistem operasi baru Anda akan diinstal. Jika Anda ingin menghapus seluruh data pada sistem operasi lama, Anda bisa memilih partisi sistem operasi lama Anda.
  • Selanjutnya, pilih Drive Options, lalu pilih Format.
  • Kemudian, klik ok untuk melanjutkan, lalu tunggu format partisi sistem operasi lama Anda.

12. Mengatur Nama Pengguna dan Nama Laptop/ Komputer

Pada bagian ini Anda bisa mengetik nama sesuai keinginan Anda. Lalu, silakan klik Next.

13. Atur Password OS Laptop

Anda perlu memastikan password tersebut mudah diingat. Selain itu, Anda juga perlu mengisi Password Hint agar dapat membantu Anda sewaktu-waktu lupa password sistem operasi laptop Anda.

14. Masukkan Product Key

  • Selanjutnya, Anda bisa mengetikkan product key OS laptop Anda.
  • Jangan lupa untuk memastikan bahwa tak ada salah satu karakter yang salah. Kemudian, Anda bisa menghapus centang pada “Automatically activate Windows when I’m online”. Lanjut, klik Next.

15. Windows Update

Pada bagian cara instal ulang laptop ini, apabila OS Anda adalah original, maka Anda bisa memilih  “Use recommended settings”. Jika tidak, maka Anda bisa pilih “Ask me later”. Lalu, klik Next.

16. Mengatur Waktu dan Tanggal Pada Laptop

Pada bagian cara instal ulang laptop ini, Anda juga perlu untuk memastikan bahwa jam dan tanggal pada laptop sama dengan waktu ketika Anda sedang menginstal ulang. Lalu, klik Next.

Baca juga : Cara Download Aplikasi Di Laptop

17. Cara Instal Ulang Laptop – Pilihan Jaringan

Apabila Anda sudah terkoneksi pada jaringan internet atau jaringan lokal, nantinya Anda akan dihadapkan pada pilihan jaringan yang digunakan. Setelah itu, pilih Public Network.

18. Cara Instal Ulang Laptop – Masuk ke Sistem Operasi Laptop

  • Selanjutnya, Anda juga perlu mengatur password untuk masuk ke sistem operasi, lalu silakan masukkan password tersebut.
  • Jika sudah dimasukkan, silakan untuk menekan Enter pada keyboard atau klik tombol panah pada bagian layar.
  • Jika sistem operasi sudah selesai diinstal ulang, berikutnya Anda juga perlu menginstal driver untuk komponen-komponen laptop Anda.

Beberapa cara instal ulang laptop diatas diharapkan dapat menjadi referensi bagi Anda yang memiliki masalah pada laptopnya. Selain menghemat biaya, Anda juga bisa sekaligus belajar cara menginstal ulang laptop sendiri tanpa bantuan teknisi komputer.

B. Tutorial Instal Ulang Laptop/ Komputer

 

Leave a Comment