Cara Cleaning Printer

Cara Cleaning Printer Untuk Beberapa Merek Printer Terkenal Terbaru 2020

Cara Cleaning Printer – Ketika pertama kali Anda menggunakan sebuah printer baru, tentunya hasil cetakan yang keluar terlihat rapi, bersih, dan sempurna.

Akan tetapi, penggunaan printer secara terus menerus ini akan mempengaruhi hasil cetakan tersebut. Hal yang sering terjadi berupa cetakan bergaris dan juga tidak rata. Untuk itu, Anda dapat menanganinya dengan cara cleaning printer sebagai berikut ini.

Cara Cleaning Printer

1. Cleaning Printer Merek Canon

Cara Cleaning Printer Canon
Cara Cleaning Printer Canon / Sumber Image: isplbwiki.net

Dapat dikatakan bahwa Canon merupakan salah satu produsen printer yang paling banyak diminati. Tentunya hal ini dikarenakan oleh ketangguhan serta kualitas cetakan yang dihasilkan.

Walaupun begitu, printer merek Canon ini juga dapat mengalami masalah sewaktu-waktu. Jika printer Canon Anda mengalami masalah tersebut, berikut ini cara cleaning printer Canon yang perlu diketahui.

  • Langkah pertama, hidupkan terlebih dahulu printer Canon Anda. Jangan lupa untuk memastikan bahwa printer telah tersambung dengan baik pada komputer Anda.
  • Jika printer sudah tersambung, maka Anda dapat masuk ke dalam menu “Device and Printer”.
  • Setelah itu, Anda perlu memilih printer mana yang akan dibersihkan atau cleaning. Lalu klik kanan di opsi “Printer Properties”. Nantinya akan muncul beberapa opsi yang dapat Anda gunakan selanjutnya.
  • Kemudian klik pada opsi bernama “Maintenance”, lalu “Cleaning” atau “Deep Cleaning”.
  • Pemilihan tersebut perlu untuk Anda sesuaikan dengan kondisi dari printer yang Anda gunakan. Apabila hasil cetakan yang keluar cukup buruk, maka Anda dapat memilih opsi “Deep Cleaning”. Namun jika hasilnya tidak terlalu parah, maka cukup dengan memilih opsi “Cleaning”.
  • Dalam tahapan ini, Anda dapat warna hitam saja maupun semu warna yang akan di cleaning.
  • Ketika proses cleaning tersebut sudah selesai, maka Anda dapat mengklik opsi “Print check pattern”. Opsi ini berfungsi untuk mengetahui warna apa saja yang masih bermasalah ataupun sudah baik.
  • Apabila Anda melihat warna pada hasil cetakan sudah sempurna, maka klik saja pada opsi cancel atau Close.

Baca juga: Cara Scan Di Printer

2. Cleaning Printer Merek Epson

Cara Cleaning Printer Epson
Cara Cleaning Printer Epson / Sumber Image: seputarprinter.com

Selain Canon, Epson juga tidak kalah pamor dalam hal produksi printer. Namun sama halnya dengan Canon, printer merek Epson juga terkadang memiliki permasalahan yang serupa.

Dapat diaktakan bahwa cara cleaning printer Epson ini hampir sama dengan Canon. Akan tetapi, Anda tetap harus memperhatikan penjelasan berikut ini karena ada beberapa poin yang berbeda.

  • Pertama hidupkan printer Epson terlebih dahulu, dan hubungkan printer tersebut dengan komputer yang Anda gunakan. Pastikan printer dapat terhubung pada komputer dengan baik.
  • Apabila printer Epson sudah terhubung dengan baik, maka Anda dapat mengklik menu Windows yang berada di bagian kiri bawah layar.
  • Setelah itu, klik pada menu bertulisan “devices and printer”. Lalu klik kanan di merek atau seri printer yang hendak di cleaning. Klik lagi pada opsi “Printing preferences”. Selanjutnya pilih pada tab “Maintenance”, dan terakhir klik pada opsi “Head Cleaning”.
  • Tahapan yang selanjutnya, Anda dapat mengklik Start dan menunggu sampai proses pembersihan atau cleaning printer tersebut selesai.
  • Perlu untuk Anda ingat bahwa, jangan tekan tombol power pada printer ketika proses cleaning ini berjalan. Hal ini dapat mengakibatkan kerusakan secara permanen pada printer Epson yang Anda gunakan.
  • Ketika proses cleaning pada printer Anda telah selesai, maka akan muncul menu bertulisan “Print Nozzle”, “Check Pattern”, serta “Finish”. Disarankan bagi Anda untuk memilih opsi “Print Nozzle” untuk melakukan pengecekan apakah semua tinta mampu keluar dengan baik atau tidak.
  • Jika Anda merasa cetakan yang dihasilkan sudah sempurna, maka Anda dapat mengklik opsi “Finish”. Namun jika masih terjadi masalah berupa garis ataupun masalah yang lain pada hasil cetakan, maka Anda dapat mengulangi proses cleaning printer yang telah dilakukan sebelumnya.

Baca Juga: Cara Menghapus Cache Di Laptop 

3. Cleaning Printer Merek Brother

Cara Cleaning Printer Brother
Cara Cleaning Printer Brother / Sumber Image: dutasarana.com

Dapat dikatakan bahwa cara cleaning printer untuk merek Canon dan Epson memang hampir sama. Akan tetapi printer merek Brother memiliki caranya tersendiri untuk melakukan cleaning.

Maka dari itu, berikut ini beberapa tahapan yang perlu dilakukan untuk cleaning printer merek Brother bagi Anda yang menggunakan merek printer tersebut.

  • Tahapan pertama, Anda perlu menghidupkan printer dulu dan menghubungkannya dengan komputer yang Anda gunakan.
  • Lalu Anda dapat menekan pada tombol “Menu” lalu pilihlah opsi “Mono”. Kemudian Anda dapat menekan sebanyak 4 kali pada tombol atas.
  • Setelah itu, tekan kode 768 jika Anda hendak melakukan cleaning sebagian atau yang hanya dipilih saja. Anda juga dapat menekan kode 76 untuk melakukan cleaning all atau semuanya.
  • Kemudian, tekan pada tombol 09 setelah proses cleaning pada printer sudah selesai untuk melihat cetakan yang dihasilkan.
  • Apabila Anda rasa bahwa cetakan yang dihasilkan sudah baik dan sempurna, maka Anda dapat memasukkan kode 99 untuk keluar dari proses cleaning printer.
  • Akan tetapi jika hasil cetakan masih saja kurang bagus, maka Anda dapat mengulangi langkah-langkah di atas sebanyak maksimal 5 kali. Namun jika sudah diulang 5 kali tetap tidak bisa, maka sebaiknya Anda membawa printer Anda ke tempat service printer.

Baca Juga: Cara Mengetahui Bit Laptop

4. Cleaning Printer Merek HP

Cara Cleaning Printer HP
Cara Cleaning Printer HP / Sumber Image: seputarprinter.com

Dapat dikatakan bahwa semua merek printer akan mengalami masalah jika terus digunakan, tak terkecuali dengan merek HP.

Untuk mengatasi permasalahan berupa garis-garis dan tinta yang tidak rata tersebut, Anda juga perlu melakukan tindakan berupa cleaning printer.

Oleh sebab itu, berikut ini cara untuk cleaning printer HP yang perlu untuk Anda ketahui.

  • Hal pertama yang perlu untuk Anda lakukan adalah menghidupkan printer HP dan menyambungkannya dengan komputer yang Anda gunakan.
  • Setelah itu, instal dan jalankan aplikasi yang bernama “HP Deskjet” melalui komputer Anda. Anda tidak perlu kerepotan mencari aplikasi tersebut karena HP Deskjet sudah terinstal secara otomatis ketika Anda menginstal driver dari printer yang satu ini.
  • Ketika HP Deskjet dibuka, maka Anda akan menemukan menu yang bernama “HP Connected”, “Shop”, “Print”, Untilities”, dan juga “Help”.
  • Anda hanya perlu untuk menunggu sampai pop up windows muncul. Lalu klik pada tab menu bertulisan “device service” dan klik pada opsi “Clean Ink Catridges”.
  • Nantinya komputer Anda akan menampilkan proses cleaning printer yang sedang berjalan. Anda hanya tinggal menunggu sampai proses cleaning tersebut selesai, tanpa perlu melakukan aktivitas apapun di komputer maupun printer.
  • Jika proses cleaning printer ini sudah selesai, maka pop up window yang berisikan pesan “Cleaning has completed” akan muncul.
  • Anda dapat mengklik opsi “print” untuk menguji apakah proses cleaning printer yang tadi dilakukan berhasil ataupun tidak.
  • Anda dapat menekan opsi “second-level clean” apabila cetakan yang dihasilkan belum maksimal. Anda juga dapat mengulangi langkah-langkah di atas maksimal 3 kali jika hasil cetakan tidak baik juga.

Baca Juga: Cara Sharing Printer

Jika Anda sudah mengerti dan juga memahami cara cleaning printer pada beberapa merek printer terkenal di atas, tentunya Anda sudah tidak khawatir lagi jika printer Anda mengalami masalah.

Namun jika Anda sudah mencobanya sampai batas maksimal dan tetap saja belum berhasil, maka disarankan untuk membawanya ke tempat servis agar tidak terjadi kerusakan yang permanen.

Tutorial Cleaning Printer Yang Baik dan Benar

 

Leave a Comment