Belajar bahasa bali

Ketahui Fakta dan Usaha Pelestarian Bahasa Bali Beserta Sejarahnya Terbaru 2020

Belajar Bahasa Bali – Adanya beberapa pertimbangan kultural yang menjadi latar belakang fenomena kembalinya bahasa Bali jadi pusat perhatian. Karena kekhawatiran akan terhapusnya bahasa daerah Bali di kalangan pengusung maupun penuturnya, yaitu masyarakat Bali. Bukan hal yang tak mungkin bahasa pulau dewata ini akan punah.

Belajar Bahasa Bali

Kepunahan bahasa dalam sejarah bukanlah suatu hal yang baru. Dengan punahnya suatu budaya maka bahasanya pun ikut punah. Sebut saja lenyapnya kebudayaan suku Inca, Maya, dan Aztek yang telah punah. Hanya ada jejak-jejak peninggalan benda purbakala. Sehingga tidak ada tau seperti apa bahasanya atau lainnya, peninggalannya hanya memberi info sedikit.

Bahasa yang Terancam Punah

Belajar Bahasa Indonesia
Belajar Bahasa Indonesia / Sumber Image: befreetour.com

Indonesia secara perlahan mengalami kepunahan terhadap bahasa lokal. Berdasarkan catatan Badan Bahasa sampai Oktober 2017, bahasa daerah di Indonesia yang telah diidentifikasi dan disahkan ada 652 bahasa dari 2.452 pengamatan. Dengan jumlah tersebut, Indonesia adalah negara kedua dengan bahasa daerah terbanyak di dunia.

Dari tahun 2011-2017, dari 652 bahasa daerah yang sudah dipetakan dan didokumentasikan baru 71 bahasa daerah yang telah dipetakan. Dari data tersebut, terdapat 19 bahasa daerah terancam punah, 2 bahasa daerah tengah kritis dan ada 11 bahasa daerah sudah punah. Bahkan UNESCO memastikan bahwa bahasa daerah di Indonesia akan punah setiap 15 hari sekali.

Beruntung bahasa daerah Bali tergolong sebagai bahasa yang telah terdokumentasi dan tervalidasi. Karena itu, Anda pasti mengerti kenapa bahasa daerah Bali perlu mendapatkan perhatian besar oleh sejumlah pihak.

Baca juga: Kosakata Bahasa Sunda

Menguatkan Bahasa Bali Melalui Musik

Salah satu gerakan ini menguatkan Bahasa daerah Bali dengan sangat fenomenal yang dilakukan oleh para musisi serta penyanyi pop Bali. Dengan demikian Bahasa daerah Bali kemudian jadi dikenal dari lagu-lagu pop Bali yang dilantunkan di televisi lokal, radio dan panggung-panggung hiburan di Bali.

Sastra Bali

Dalam upaya pelestarian bahasa Bali kegiatan ini sangat bermanfaat, terlebih munculnya para pemuda dan remaja dengan kesadarannya sendiri membuat karya-karya sastra berbahasa Bali. Misalnya seperti puisi, cerita pendek, dan novel. Tak sedikit dari mereka memperoleh Penghargaan Rancage, penghargaan tertinggi karya sastra berbahasa Sunda, Bali dan Jawa.

Adapun bagi pesastra yang mendapatkan Penghargaan Rancage tersebut. Mereka dapat menyebarkan karyanya di media yang ada di Bali. Sebab hingga saat ini para pesastra bahasa Bali masih produktif. Terlebih dua media Bali semisal Pos Bali dan Bali Post menyediakan halaman khusus untuk karya-karya berbahasa Bali.

Peraturan Gubernur

Demi menjaga kebuyaan dan bahasa daerah Bali Gubernur Bali I Wayan Koster mengeluarkan Peraturan Gubernur, No. 79 Tahun 2018 mengenai Hari Penggunaan Busana Adat Bali serta Peraturan Gubernur Bali No. 80 Tahun 2018 perihal Perlindungan dan Penggunaan Bahasa, Aksara dan Sastra Bali beserta Penyelenggaraan Bulan Berbahasa Bali.

Dengan penetapan acara tahunan Bulan Berbahasa Bali merupakan awal momentum penting bagi Bali. Penerapan dari program itu telah dijalankan pada bulan Februari 2019. Semua acara mendukung dan mengarah untuk melestarikan bahasa daerah Bali. Kegiatan iti seperti seminar, lomba, pameran, pertunjukan, dan banyak hal lainnya yang dituangkan di sini.

Semua lapisan masyarakat beserta institusi adat. Contohnya desa, banjar, dan sekda dilibatkan di seluruhnya. Pada Bulan Berbahasa Bali ini, bukan sekadar perayaan berbahasa Bali. Akan tetapi sebagai upaya pemeriksaan dan juga pengembangan Bahasa daerah Bali patut jadi lebih baik ke depannya dan lestari.

Baca Juga: Kosa Kata Bahasa Palembang

Memanfaatkan Internet dan Tokoh Komik

Gerakan menjaga kelangsungan Bahasa Bali makin kuat lagi dengan pemanfaatan ranah internet. Sebuah momentum teranyar menandai peluncuran sebuah situs web Bahasa daerah Bali sebut saja BASAbali Wiki dan peluncuran tokoh komik Bali yakni prawireng putri Bali yang bernama Luh Ayu Manik Mas.

Situs web ini merupakan kombinasi dalam banyak hal seperti ensiklopedia, kamus referensi, dan perpustakaan virtual dalam tiga bahasa yaitu Indonesia, Bali, Inggris, perpustakaan ini dapat diakses serta disunting oleh masyarakat.

Kehadiran tokoh komik Bali yskni superhero Luh Ayu Manik Mas diperuntukan para remaja Bali. Hal ini tepat dilakukan sebab para remaja Bali akan menjadi pengusung, penerus, dan penutur Bahasa ini, karenanya harus diberikan representasi pada sebuah tokoh dalam dunianya.

Dengan begitu, pewarisan Bahasa daerah Bali dapat berlangsung lebih baik dan melekat sehingga sesuai dengan sasaran yang diinginkan. Bagaimana pun, generasi muda akan menjadi sandaran bagi masa depan untuk membawa serta mengajarkan bahasa ibunya.

Bahasa Sumber Pengetahuan

Bagaimana mungkin penduduk suatu daerah dapat memperlihatkan kebudayaannya saat bahasa ibunya yang memiliki kearifan budaya telah lenyap? Karenanya penting bagi daerah manapun di Indonesia melestarikan bahasanya termasuk Bali. Sebab bahasa merupakan sumber pengetahuan.

Dengan bahasa Anda juga bisa menggali kekayaan yang lain, yaitu bahasa yang menyimpan berbagai pengetahuan, nilai, filsafat dan yang lainnya. Bahasa yang tidak aktif digunakan lagi ini menyimpan pengetahuan. Banyaknya ilmu pengetahuan yang belum tergali dari bahasa Sumeria, Sanskerta, Latin, dan bahasa lain.

Betapa banyak nilai pengetahuan moral, kearifan, dan pengetahuan praktis yang terdapat dalam prasasti, lontar, ataupun pada ungkapan Bahasa daerah Bali yang belum dipahami. Bali merupakan sebuah sejarah yang berkesinambungan, runtun, dan pergerakan budayanya begitu dinamis secara antropologis.

Bila secara kreatif, orang Bali merupakan seorang pembuat hal-hal yang baru.  Kekayaan intelektual yang dimiliki orang Bali dalam bahasa, seni, filsafat, dan perilaku sudah terbukti dalam sejarah dan bahkan hingga saat ini. Dan mengekpresikan itu sebagiannya terhimpun atas bahasa ibunya.

Dengan adanya sumber daya manusia orang Bali bisa berbangga akan hal itu. Tetapi, kembali lagi pada nilai budaya mereka yakni kerendahan hati sebagai pegangan utama moral bagi orang Bali. Kini gerakan revitalisasi Bahasa ini merupakan momentum yang signifikan di tengah kepunahan dan keberadaan turisme Bali yang melenakan penduduk Bali.

Gerakan Kultural/ Belajar Bahasa Bali

Belajar Bahasa Bali
Belajar Bahasa Bali / Sumber Image: dwimistyriver.wordpress.com

Sebagai langkah penyelamatan Bahasa daerah Bali dengan gerakan kultural adalah tindakan yang tepat, bijak serta berguna. Sebab Bahasa ialah lambang kehadiran wujud suatu suku bangsa. Misalkan pada bangsa besar seperti Inggris, Jepang, Prancis, dan lainnya sangat membanggakan bahasa dari bangsa mereka.

Negara tersebut terutama Prancis, ingin sekali mengukuhkan bahasa negaranya menjadi salah satu bahasa dunia. Ada beberapa bahasa di luar bahasa Inggris, sekarang ini banyak yang mempelajarinya misal Jerman, Jepang, dan Mandarin.

Apabila kebudayaan yang menjadi seluruh ekspresi terhadap akal budi manusia, maka guna bahasa sebagai pengantar dan pembawanya dalam hubungan pergaulan umat manusia. Karena itu, kenapa Bahasa daerah Bali harus tetap dilanjutkan dalam peradaban Bali.

Kesadaran akan kebudayaan Bali begitu kompleks dan kaya, begitu agung dan dinamis, makanya tak ada alasan untuk tidak melanjutkan serta mewarisi bahasa daerah atau ibunya dari generasi ke generasi. Sebab dalam bahasa Bali tak hanya menjadi ekspresi jati diri sebagai manusia, namun juga sarana penyimpan dan pencatat kebudayaannya.

Belajar Bahasa Bali

Leave a Comment