Cara Mengetahui Bit Laptop Dengan Mudah

9 Cara Mengetahui Bit Laptop (32-bit atau 64-bit) di Windows 7/8/10

Cara Mengetahui Bit Laptop – Dalam sebuah perangkat komputer atau laptop, terdapat dua jenis sistem bit yang digunakan, yakni sistem dengan tipe 32-bit serta bersistem 64-bit. Dua angka tersebut menunjukkan banyak data maksimal yang mampu diproses oleh sistem tersebut.

Karena hal ini, banyak program 64-bit yang tidak dapat dioperasikan di sistem 32-bit. Berikut ini beberapa cara mengetahui bit laptop.

Cara Mengetahui Bit Laptop

1. Cara Mengetahui Bit Laptop Dengan Menggunakan Aplikasi SecurAble

Cara mengetahui bit laptop pertama yang dapat Anda coba, adalah dengan menggunakan sebuah aplikasi yang bernama SecurAble. SecureAble merupakan salah satu aplikasi yang diciptakan secara khusus untuk mengetahui jenis sistem yang digunakan pada laptop atau komputer Anda. Berikut ini cara menggunakan aplikasi SecurAble.

  • Pertama, tentunya Anda perlu untuk mendownload aplikasi SecurAble terlebih dahulu.
  • Setelah SecureAble didownload, maka instal aplikasi tersebut seperti menginstal aplikasi pada umumnya.
  • Buka SecureAble ketika proses instalasi selesai. Maka rincian data dari sistem yang digunakan oleh komputer Anda akan tampil, termasuk dengan jenis bit yang digunakan.

Baca juga: Cara Download Video Di Youtube

2. Cara Mengetahui Bit Laptop Dengan Menggunakan System Properties

Cara berikutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan fitur bawaan dari Windows, yakni System Properties. Dengan cara yang satu ini, Anda tidak perlu menggunakan bantuan dari aplikasi lain. Untuk melakukan pengecekan bit pada laptop Anda, maka berikut ini beberapa tahapan yang perlu untuk Anda lakukan.

  • Tahapan pertama, Anda perlu membuka Start Menu atau mengklik pada ikon berlogo Windows.
  • Kemudian klik kanan di ikon komputer yang bernama “My Computer”.
  • Nantinya akan muncul beberapa menu lanjutan, klik pada opsi “Properties”.
  • Pada jendela baru yang akan muncul, ada sebuah tab bernama “System” yang berisi “System Type”. Dalam tab tersebut, Anda dapat melihat jenis bit yang digunakan baik itu 32-bit ataupun 64-bit.

Baca juga: Cara Sharing Printer

3. Dengan Menggunakan System Information

Tidak hanya menggunakan fitur System Properties, Anda juga dapat memanfaatkan fitur bawaan dari Windows yang lain yakni System Information. Fitur yang satu dapat menunjukkan hampir semua hal mengenai sistem yang digunakan pada laptop Anda. Langsung saja, berikut cara mengetahui bit laptop dengan menggunakan fitur System Information.

  • Langkah pertama, Anda dapat mengklik ikon Windows atau Start Menu.
  • Lalu pilihlah opsi “All Programs”.
  • Pada tahap selanjutnya, pilih lagi pada menu “Accessories” lalu “System Tools”.
  • Nantinya akan muncul beberapa opsi atau pilihan, maka Anda tinggal klik pada menu “System Information”.
  • Pada jendela yang muncul, terdapat berbagai informasi mengenai sistem pada laptop Anda. Untuk bit laptop, jika muncul tulisan x86 berarti sistem komputer Anda adalah 32-bit. Namun jika muncul x86, maka sistem komputer Anda adalah 32-bit.

Baca juga: Cara Memperbaiki Keyboard

4. Dengan Menggunakan System di Komputer

Untuk Windows XP maupun versi Windows yang lain, ada sebuah jendela informasi yang isinya  lengkap tentang sistem. Tentunya jendela informasi ini juga dapat Anda manfaatkan untuk mengetahui jenis bit yang digunakan pada laptop Anda. Cara untuk mengaksesnya juga cukup mudah. Berikut ini langkah-langkahnya.

  • Klik pada menu Start atau yang berlogo Windows di bagian kiri bawah.
  • Kemudian klik pada Search box atau kotak pencarian. Tulislah kata “System”, maka Windows Anda akan menampilkan aplikasi bernama System. Bukalah aplikasi tersebut.
  • Ketika aplikasi System ini sudah terbuka, maka Anda dapat melihat semua informasi tentang sistem yang digunakan pada laptop Anda.
  • Untuk urusan jenis bit, jika muncul tulisan x64 maka laptop yang Anda gunakan memiliki jenis sistem 64-bit. Namun jika muncul tulisan x86, berarti laptop Anda menggunakan sistem berjenis 32-bit.

Baca juga: Cara Membuka WA Di Laptop

5. Dengan Memanfaatkan “System Summary”

Cara untuk mengetahui jenis bit laptop yang Anda gunakan selanjutnya, adalah dengan memanfaatkan fitur yang bernama “System Summary”. Akan tetapi, fitur ini hanya terdapat pada versi Windows 2000, Windows Server, dan juga beberapa seri Windows yang sebelumnya. Cara untuk menggunakan fitur ini juga cukup mudah. Berikut ini cara yang perlu Anda lakukan.

  • Pertama, Anda perlu untuk menekan kombinasi antara tombol Win (tombol dengan logo Windows) dan tombol huruf “R” secara bersamaan.
  • Ketika jendela Run sudah muncul, ketikkan “sysdm.cpl” lalu tekan enter atau OK.
  • Nantinya akan muncul sebuah jendela yang serupa dengan System Information.
  • Dalam jendela tersebut Anda dapat semua informasi mengenai sistem yang digunakan pada laptop Anda, termasuk dengan jenis bit yang digunakan pada laptop tersebut.

Baca juga: Mengembalikan File Yang Terhapus

7. Cara Mengetahui Bit Laptop Dengan Menggunakan Terminal

Dalam sistem operasi MacOS dan juga Linux, Anda dapat menggunakan terminal untuk mengetahui semua informasi yang digunakan pada laptop tersebut. Meskipun cara yang satu ini cukup sederhana, namun Anda tetap harus melakukannya dengan benar. Oleh karena itu, berikut ini beberapa langkah yang perlu untuk Anda ikuti.

  • Anda perlu mengetik kode “uname-a” pada jendela terminal yang sudah muncul. Lalu klik enter.
  • Di dalam jendela yang muncul, terdapat beberapa informasi mengenai sistem informasi yang dijalankan, kernel dan lain-lain termasuk juga dengan sistem komputer atau prosesor yang digunakan pada laptop tersebut.
  • Dengan ini, maka Anda juga dapat melihat jenis bit yang digunakan. Baik itu jenis 32-bit ataupun 64-bit.

Baca juga: Cara Kalibrasi Baterai Laptop

8. Dengan Menggunakan Aplikasi CPU-Z

Selain SecureAble, salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk mengetahui segala sesuatu informasi mengenai sistem komputer yang Anda gunakan adalah CPU-Z. Aplikasi ini memang sudah terkenal dengan kemampuannya dalam memberikan informasi mengenai sistem komputer secara konkret dan jelas. Untuk itu, berikut ini cara untuk mengetahui bit laptop dengan aplikasi CPU-Z.

  • Langkah pertama, pastinya Anda perlu mendownload aplikasi yang bernama CPU-Z terlebih dahulu.
  • Ketika CPU-Z telah didowload, maka instal aplikasi tersebut.
  • Buka aplikasi CPU-Z. Dalam aplikasi tersebut, akan muncul berbagai macam informasi secara lengkap mengenai sistem yang digunakan pada laptop Anda.
  • Tentunya dengan aplikasi yang satu ini, Anda juga dapat mengetahui jenis bit yang digunakan dalam sistem komputer tersebut.

Baca juga: Cara Mengunci Folder Di Laptop

9. Dengan Menggunakan About Windows 10

Seperti yang telah diketahui, bahwa Windows 10 selalu melakukan update setiap beberapa waktu sekali. Dengan ini, maka muncul berbagai fitur yang sangat membantu para penggunanya. Salah satu fitur yang cukup membantu yakni About Windows 10. Fitur ini juga dapat Anda manfaatkan untuk mengetahui jenis bit yang digunakan laptop Anda. Berikut cara menggunakan About Windows 10.

  • Sebelumnya, perlu Anda ketahui bahwa cara yang satu ini hanya dapat digunakan pada versi Windows 10 saja.
  • Klik kanan pada Desktop.
  • Lalu pilih opsi yang bernama “Display Settings”.
  • Setelah itu, geser ke arah bawah dan klik menu yang bernama “About”.
  • Nantinya, akan muncul sebuah jendela yang berisikan informasi secara lengkap mengenai sistem yang digunakan pada laptop tersebut. Termasuk dengan jenis bit yang digunakan.

Jika Anda sudah mengetahui dan memahami beberapa cara mengetahui bit laptop di atas, tentunya Anda tidak perlu kebingungan lagi jika membutuhkan informasi tersebut. Jadi, Anda tidak akan salah ketika hendak menginstal sebuah aplikasi. Meskipun aplikasi 32-bit dapat dijalankan pada sistem 64-bit, namun aplikasi versi 64-bit tidak dapat dijalankan dalam sistem 32-bit.

Baca juga: Cara Membuat Hotspot Di Laptop

 

 

Leave a Comment